Atasi Cegukan pada Bayi dengan Cara ini!

Oleh : Dirk/nakita | Rabu, 17 Juli 2019 | 11:00 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Cegukan pada bayi dan orang dewasa sebenarnya hanya berbeda dari penangannya saja. Jika orang dewasa cukup dengan menahan nafas sebentar .Nah , lalu bagaimana caranya saat bayi mengalami cegukan ?

Biasanya cegukan akan hilang dengan sendirinya saat bayi tidur. Namun, ada cara lebih cepat untuk menghentikan cegukan pada bayi, berikut ulasannya :

Sandarkan bayi
Jika si kecil terus mengalami cegukan selama menyusui, sebaiknya hentikan terlebih dahulu kegiatan menyusunya. Lalu, Ibu dapat mensadarkan bayi sembari menepuk-nepuk punggungnya dengan pelan. Hal tersebut dapat membantu mendorong udara ke atas sehingga cegukan berhenti.

Sendawa
Membantu bayi bersendawa adalah salah satu cara untuk menghentikan cegukannya. Caranya dengan mengangkat tubuh bayi dan posisikan berdiri di bahu Ibu. Setelah itu tepuk punggunggnya dengan ringan dan membantu sendawa dilakukan setelah ia menyusu.

Makan secara teratur
Ibu diharuskan untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan tanpa memberikan makanan pendamping apapun. Nah, setelah 6 bulan saat ia sudah diperbolehkan mengonsumsi makanan pendampin ASI. Berikanlah ia makanan sedikit demi sedikit secara teratur dan perlahan untuk mencegah terjadinya cegukan. 

Memberikan air hangat
Memberikan air hangat pada bayi saat ia cegukan adalah salah satu cara utama yang dapat Ibu lakukan untuk membantu menghentikan cegukannya.

Merubah posisi menyusui
Cegukan pada bayi umumnya terjadi saat ia sedang menyusu. Hal tersebut terjadi karena bayi tanpa sengaja menelan terlalu banyak udara saat ia sedang diberikan ASI. Oleh karena itu, sebaiknya Ibu merubah posisi menyusui Ibu untuk membatasi jumlah udara yang masuk ke mulut bayi.

Walaupun cegukan bukanlah yang membahayakan. Namun, jika bayi mengalami cegukan lebih dari satu jam. Ibu dan Ayah perlu mewaspadainya dan segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.




Fokus : Cegukan


#Bayi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Manfaat Sehat Tidur tanpa Pakaian

Wartakesehatan - Banyak ahli dan dokter yang sudah mengatakan bahwa memiliki tidur yang berkualitas dapat membuat tubuh..
Seks - 2 hari yang lalu

Ketahui 5 Fakta tentang Ejakulasi Dini

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri masalah umum yang sering menghantui pria dewasa saat melakukan hubungan seksual..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Jangan sepelekan Jeruk Lemon

Wartakesehatan - Selama ini kita mengenal lemon sebagai minuman yang konsumsi setelah makan makanan...
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Keringat Berlebihan ini 7 Penyebabnya!

Wartakesehatan - Beberapa orang sering mengalami berkeringat secara berlebihan, bahkan tanpa beraktivitas. Sejujurnya..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

10 Manfaat Sehat Jagung

Wartakesehatan.com - Di Indonesia sendiri masih jarang menggunakan jagung sebagai makanan pokok sehari-hari. Padahal..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Turunkan Resiko Diabetes dengan Kopi

Wartakesehatan.com - Sebuah hasil studi membawa kabar baik bagi pecinta kopi. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi kopi..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Diet Sehat dengan Pepaya

Wartakesehatan.com - Banyak wanita pasti ingin memperoleh tubuh yang lansing dan ideal, biasanya untuk memeperoleh tubuh..
Mamin - 3 hari yang lalu

Kebisaan Buruk Pekerja Saat Makan Siang

Wartakesehatan.com - Ada banyak juga orang yang makan siang sambil bekerja. Akibatnya, mereka tidak memakan menu makan..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

4 Manfaat yang Tak Terduga dari Cabe

Wartakesehatan.com - Apakah Anda termasuk orang yang suka makan cabai? Selain memiliki sensasi yang pedas di lidah, cabai..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Buah Plum Berkhasiat bagi Jantung

Wartakesehatan.com - Plum adalah salah satu buah segar dan lezat yang mengandung antioksidan tinggi. Buah plum memiliki..

+Indeks