Ini Cara Agar di Usia Lanjut bebas Stroke

Oleh : Dirk/Metro | Jumat, 12 Agustus 2016 | 22:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Ketika usia semakin senja dan fisik melemah biasanya seorang lansia lebih memilih untuk istirahat dan duduk-duduk, padahal hal ini justru membuat berbagai penyakit gampang menyerang terutama stroke. Sebuah penelitian di India mengungkapkan, bahwa kegiatan fisik dapat membuat tubuh tetap sehat hingga lanjut usia.

Temuan tersebut menunjukkan bahwa mereka yang memiliki tingkat kebugaran tinggi memiliki risiko 37 persen lebih rendah terkena stroke setelah menginjak usia 65 tahun, dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang memiliki tingkat kebugaran rendah.

Hubungan antara risiko stroke dan kebugaran memiliki kaitan yang erat dengan beberapa jenis penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan atrial fibrilasi atrium.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa kebugaran yang rendah di usia pertengahan adalah risiko tambahan untuk terkena stroke di kemudian hari," kata pemimpin penelitian Ambarish Pandey dari University of Texas Southwestern Medical Centre di Amerika Serikat.

Studi observasional melibatkan 19.815 orang dewasa berusia 45-50 tahun, dengan presentase 79 persen adalah partisipan pria.  Penelitian mengukur kapasitas olahraga jantung dan paru-paru para peserta, kebugaran kardiorespirasi, dan mengkategorikannya dalam tingkat kebugaran yang tinggi, sedang, atau rendah.

"Penemuan ini mendukung peran unik dan independen dari olahraga dalam pencegahan stroke," tambah Jarett Berry, Associate Professor di makalah yang diterbitkan dalam jurnal Stroke.

Hasilnya, American Heart Association menyarankan untuk berolahraga tiga puluh menit sehari atau lima kali seminggu agar dapat  meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.




Fokus : Stroke


#Stroke
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 17 jam yang lalu

Kentang Ampuh Cegah Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Kentang sudah menjadi makanan yang populer di berbagai negara bahkan mereka menggunakannya untuk..
Obat & Penyakit - 18 jam yang lalu

Waspada, Flu Rentan Menyerang karena Kurang Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur adalah hal yang selalu dilakukan manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran.  Salah..
Mamin - 19 jam yang lalu

Tingkatkan Sistem Pencernaan Rutin Konsumsi Buah Sirsak

Wartaksehatan - Buah sirsak mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat hal ini karena buah sirsak sangat mudah..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Hilangkan Stres dengan Bermain Trampolin

Wartakesehatan - Trampolin adalah salah satu olahraga yang sangat menyenangkan, bagaimana tidak olahraga ini diibaratkan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Menambah Tidur di Akhir Pekan Memberi Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Kurang tidur, sudah bukan rahasia lagi, bisa memicu ragam efek negatif pada kesehatan tubuh, terutama..
1 hari yang lalu

Gangguan Makan Berpotensi Memberikan Efek Samping

Wartakesehatan.com - Gangguan makan didefinisikan sebagai upaya mengurangi asupan makan demi mengurangi berat badan. Beberapa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ini Dia Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Mata

Wartakesehatan.com - Banyak manfaat yang didapatkan tubuh dari menjalankan ibadah Puasa Ramadan. Salah satunya adalah..
2 hari yang lalu

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatab.com -Tidur dengan terlentang memang membuat nyaman karena perut berada di atas, jadi mom tidak perlu merasa..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Kebiasaan Ini Dapat Mengakibatkan Depresi

Wartakeswhatan.com - Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan depresi, antara lain gangguan fisik dan gangguan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Gangguan Kesehatan yang Sering Ditemui Saat Bulan Puasa

Wartakesehatan.com - Berdasarkan studi yang dilaporkan oleh Gulf News, puasa dapat membantu pembakaran lemak jahat di dalam..

+Indeks