Kesuburan Pria Bisa Terganggu Akibat Varises pada Testis

Oleh : Ilham Moestavi | health.kompas.com | Minggu, 14 Agustus 2016 | 10:01 WIB


IST

Wartakesehatan - Organ dalam tubuh manusia yang berfungsi memproduksi sel sperma adalah testis. Oleh karenanya, gangguan pada bagian tubuh ini tentu berpengaruh besar pada kesuburan. Salah satu gangguan yang banyak terjadi pada testis adalah varikokel.

Varikokel atau pelebaran pembuluh darah vena di testis merupakan salah satu penyebab ketidaksuburan pada pria. Sayangnya, kondisi ini tidak menimbulkan gejala sehingga sering tidak disadari.

Varikokel pada dasarnya mirip dengan varises pada kaki, tetapi terjadi pada pembuluh darah vena di kantung pembungkus testis. Pelebaran pembuluh darah itu akan menyebabkan sisa-sisa metabolisme berkumpul di dekat testis sehingga meracuni produksi sperma atau spermatogenesis.

"Sehingga menyebabkan kualitas sperma yang diproduksi tidak sempurna, baik bentuk, gerakan, atau jumlahnya," kata dr.Sigit Solichin, spesialis urologi dari RS Bunda Jakarta.

Sigit mengatakan, hampir 90 persen pria dengan kondisi varikokel tidak mengalami keluhan apa pun. "Mereka baru sadar bermasalah karena tidak punya-punya anak. Setelah dilakukan analisa sperma ternyata kualitas sperma buruk dan diperjelas dengan USG skrotum baru terlihat adanya varikokel," katanya.

Meski pun penyebab pasti varikokel belum jelas, tetapi kondisi tersebut bisa diatasi dengan melakukan pembedahan.
Menurut Sigit, hampir 70 persen pria yang menjalani pembedahan mengalami perbaikan kualitas sperma. Selain itu, framentasi DNA pada sel sperma juga membaik sehingga peluang untuk keberhasilan pembuahan lebih besar.

Sigit menyarankan agar pasangan yang sudah setahun tidak juga hamil setelah berhubungan seks secara teratur tanpa kontrasepsi, untuk memeriksakan diri. Selain pemeriksaan pada istri, pihak suami juga perlu diperiksa karena 50 persen penyebab ketidaksuburan berasal dari pihak laki-laki.




Fokus : Kesuburan Pria


#Kesuburan Pria
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 2 hari yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 2 hari yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks