Normalkah Jika Miliki Labia Menggantung?

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Senin, 15 Agustus 2016 | 10:32 WIB


IST

Wartakesehatan - Kondisi labia wanita yang tampak tidak normal atau tidak khas, mungkin akan membuat sebagian dari mereka merasa khawatir. Padahal sebenarnya tidak seharusnya mereka mengkhawatirkan ini, seperti melansir dari Ehow, yang ditulis pada Senin (15/8/2016).

Menurut pendidik seksualitas perempuan, Betty Dodson, itu karena kedua labia, baik yang di luar (labia mayora) dan di dalam (labia minora), memiliki bentuk, ukuran, dan warna yang berbeda-beda pada setiap wanita. Selain itu, seringkali labia wanita sedikit lebih besar atau lebih panjang daripada sisi yang lainnya, dan ini merupakan hal yang normal karena banyak wanita yang memilikinya.

Panjang rata-rata labia bagian dalam bervariasi, mulai dari tiga perempat sampai dua inci yang diukur dari klitoris ke lubang vagina. Labia yang lebih panjang atau lebih pendek, bukan sesuatu yang abnormal, hanya tidak biasa.

Untuk warna, labia bagian dalam dapat memiliki berbagai warna, mulai dari merah muda, merah, ungu, sampai coklat. Semua variasi warna ini adalah normal dan warna tersebut dapat berubah selama hidup seorang wanita. Seperti ukuran dan bentuk labia bagian dalam yang bisa berubah dari waktu ke waktu.

Pada kejadian yang langka, seorang wanita mungkin memiliki labia dalam yang begitu panjang, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan terus-menerus saat duduk, mengendarai sepeda, atau melakukan aktivitas sehari-hari lainnya.

Ketidaknyamanan tersebut sebenarnya normal, sama seperti para pria yang terkadang harus menyesuaikan buah zakarnya untuk kenyamanan saat beraktivitas.

"Setelah 30 tahun melihat organ intim wanita di lokakarya dan tempat praktik swasta punya sendiri, saya mengatakan pada pasien bahwa Lebih banyak wanita memiliki labia dalam yang panjang dibandingkan dengan wanita yang memiliki labianya kecil dan tersembunyi," ujarnya.




Fokus : Vagina


#Vagina #Labia
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Agar Imunitas Kuat dengan Lytacur

Wartakesehatan.com - Semua orang bisa terinfeksi virus corona Covid-19. Karena virus menyerang dan menginfeksi siapa saja tanpa..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Demam dan Batuk Kering Belum Tentu Corona, Ini Strategi Terapi Alaminya!

Wartakesehatan.com - Kasus positif COVID-19 terus berkembang, berdasarkan data Kementerian Kesehatan kasus positif Covid-19..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 2 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..

+Indeks