Alasan Datangnya Nyeri pada Payudara Menjelang Haid

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Jumat, 19 Agustus 2016 | 15:32 WIB


IST

Wartakesehatan - Sebelum datangnya kembali periode haid, para wanita kerap mengalami nyeri pada payudara. Tanda-tanda ini seringkali meninggalkan rasa pegal pada payudara dan puting, bahkan terasa menyiksa ketika disentuh.

Seperti melansir dari Ehow, yang ditulis pada Jumat (19/8/2016), sebenarnya kondisi ini bisa dikatakan normal karena ada berbagai faktor yang menyebabkannya, mulai dari hormon sampai pilihan makanan yang dikonsumsi.

Perubahan hormonal misalnya, dapat menyebabkan pegal, payudara bengkak, kembung, kelelahan, atau penurunan libido. Peningkatan hormon yang diperburuk oleh asupan natrium, sering menyebabkan perasaan kembung, peningkatan berat badan, dan pembengkakan payudara yang menyakitkan.

Selain itu, makanan juga mempengaruhi nyeri payudara. Zat kimia yang disebut methylxanthine misalnya, yang merupakan senyawa yang ditemukan dalam kafein, dapat memperburuk nyeri payudara karena menyebabkan pelebaran pembuluh darah, termasuk di payudara. Pelebaran ini dapat menyebabkan cairan haid menumpuk di payudara dan membuat payudara bengkak dan sakit sebelum haid.

Beberapa penelitian juga menunjukkan, konsumsi tinggi lemak hewani dan produk susu dapat menyebabkan nyeri payudara yang berlebihan dan nyeri sebelum siklus menstruasi Anda.

Faktor lainnya adalah stres. Beberapa studi menunjukkan, stres dapat menyebabkan payudara sakit karena pelepasan hormon tertentu dapat mempengaruhi penyerapan atau sekresi hormon lain yang menyebabkan ketidakseimbangan hingga muncul nyeri payudara.

Beberapa penghilang rasa sakit seperti Midol, Pamprin, Tylenol, dan Advil berguna untuk mengurangi nyeri payudara. Tapi hati-hati, nyeri tiba-tiba atau nyeri hanya satu sisi payudara saja bisa jadi indikasi penyakit.




Fokus : Payudara


#Payudara #Haid
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 44 menit yang lalu

Cermati 5 Gejala Awal Stroke

Wartakesehatan.com - Stroke kini tak hanya menghinggapi orang yang berusia lanjut. Bahkan, menurut American Heart..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Cek Kesehatan Melalui Bibir Anda

Wartakesehatan.com - Bibir kita berfungsi bukan hanya untuk makan ataupun menambah keintiman dengan pasangan, tetapi..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

8 Manfaat Minum Teh Kunyit

Wartakesehatan.com - Kunyit diklaim sebagai salah satu obat alami atau obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Hal..
Obat & Penyakit - 18 jam yang lalu

5 Gejala jika Tubuh Kekurangan Kalium

Wartakesehatan - Kalium merupakan salah satu elektrolit yang paling penting dalam tubuh. Kalium bermanfaat untuk..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Minyak Kelapa yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Wartakesheatan - Siapa sih yang tak kenal minyak kelapa? Minyak kelapa dipercaya memiliki segudang manfaat bagi kecantikan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

5 Efek Samping jika Kelebihan Vitamin C

Wartakesehatan.com - Vitamin C memang sangat berperan meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah tubuh anda terpapar..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Minum Cokelat Panas Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak hanya membuat Anda hangat sepanjang musim dingin, cokelat panas ini juga dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Rahasia Sehat Umur Panjang Ala Orang Jepang

Wartakesehatan.com - Beberapa sumber mengatakan bahwa masyarakat jepang memiliki usia terpanjang di dunia. Rata-rata..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Awas, Kanker Menyebar Lewat Ciuman

Wartakesehatan.com - Ciuman umumnya dilakukan sebagai ungkapan rasa sayang bagi dua orang yang saling mencintai, baik itu..
Kecantikan - 1 hari yang lalu

Manfaat Sehat Lidah Buaya bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang sering kita jumpai sebagai tanaman hias khususnya di..

+Indeks