Lari di Bawah Terik Matahari, Bahaya!

Oleh : Dirk/kompas | Selasa, 11 Juni 2019 | 14:05 WIB



Wartakesehatan - Matahari tentu saja baik bagi kesehatan oleh sebab itu beberapa orang senang melakukan olahraga di bawah sinar matahari. Hanya saja yang jadi masalah bila suhu udara sedang tinggi hal ini berakibat fatal.

Dr Larry Goldfarb, DC, CCSP memberi saran bila Anda memutuskan untuk berlari di wilayah dengan udara yang panas sekaligus lembab: selalu periksa suhu udara!

"Hindari untuk berlari di luar ruangan jika suhu udara mencapai 31 derajat celsius atau lebih, apalagi jika kelembaban udara tinggi. Mengapa? Karena berjalan atau berlari di udara yang panas dan lembab dapat memengaruhi detak jantung Anda. Detak jantung dapat meningkat 10 denyut per menit dalam suhu 28 sampai 32 derajat celcius," kata Goldfarb.

Bila digambarkan, seorang wanita usia 30-an yang berjalan atau berlari di suhu 32 derajat celsius dengan kelembaban 70 persen, maka denyut jantung akan meningkat dan menjadi 165 denyut per menit.

"Masalahnya adalah bahwa tingkat denyut jantung 165 kali per menit dapat meningkatkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan jantung,” lanjutnya.

Itulah mengapa, berjalan dalam cuaca dingin atau sejuk jauh lebih mudah dan lebih nyaman. Sebab, saat cuaca panas, jantung seakan bekerja “lembur” akibat perpaduan antara aktivitas fisik, tingginya suhu dan kelembaban.

Agar berlari di ruang terbuka tetap sehat, selain melihat suhu udara terlebih dahulu, Anda dapat memonitor denyut jantung dengan fitness tracker dan semacamnya.

Namun, selama suhu udara di bawah 31 derajat celcius dan tingkat kelembaban tidak melebihi 70 persen maka sangat aman untuk berjalan atau berlari di luar ruangan.

Bila tidak, berlari di treadmill dalam ruangan bisa menjadi pilihan yang lebih sehat.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 34 menit yang lalu

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Wartakesehatan.com - Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa kenyang walaupun belum makan, dan biasanya juga..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Banyak Hutang awas Dampaknya bagi Kesehatan!

Wartakesehatan.com - Mungkin besarnya utang sudah selalu dihubungkan dengan efek buruk bagi kesehatan. Beberapa ancaman..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ketahui, 10 Kategori Mimpi Basah

Wartakesehatan.com - Mimpi basah atau dalam bahasa medis disebut emisi nokturnal adalah peristiwa alami yang dialami pria...
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

5 Manfaat Belimbing bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Belimbing merupakan..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

5 Tips Mencegah Ganasnya Diabetes

Wartakesehatan.com - Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi...
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Alasan Mengapa Kita Gampang Kehilangan Energi

Wartakesehatan.com - Banyak diantara kita yang sering kehilangan energi meski masih pagi hari. Biasanya tiba-tiba merasa..
Mamin - 6 jam yang lalu

Waspada, Daging Merah pengaruhi Raut Wajah

Wartakesehatan - Hampir setiap makanan seperti hamburger, steak atau jenis-jenis kuliner berbahan dasar daging sapi atau..
Mamin - 8 jam yang lalu

Ingin Anak Bertumbuh dengan Sehat berikan Makanan Bernutrisi

Wartakesehatan - Anak adalah salah satu pemberian Tuhan yang paling mulia oleh sebab itu kita harus menjaga dan mendidik dengan..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Kenali Gangguan Jantung dan Tanda-tandanya!

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri beberapa orang percaya bahwa serangan jantung adalah penyakit yang menghantui orang tua,..
Tekhnologi - 20 jam yang lalu

Rokok Elektrik Membahayakan Kesehatan Gigi

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rokok elektrik dapat membahayakan kesehatan gigi dan gusi..

+Indeks