Hindari Diabetes Tipe 2 dengan Cara ini!

Oleh : Dirk/jpnn | Senin, 09 Juli 2018 | 13:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Diabetes atau juga disebut kencing manis merupakan penyakit yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah (hiperglisemia) secara terus-menerus dan bervariasi, terutama setelah makan.

Lantas, apa yang dimaksud dengan diabetes tipe 2? Diabetes tipe 2 adalah jenis diabetes yang hanya terjadi pada orang dewasa. Penyebab utama dari jenis diabetes ini adalah obesitas atau kegemukan.

Berikut adalah cara mencegah agar diri Anda tidak terkena diabetes tipe 2, seperti dilansir laman Care2.

1. Makan lebih banyak buah dan sayuran

Diterbitkan dalam jurnal medis online, peneliti PLoS Medicine menilai diet dari 200.727 orang untuk menentukan kemungkinan hubungan diet untuk diabetes. Para peneliti menemukan bahwa diet vegetarian yang sehat secara substansial mengurangi risiko diabetes.

Mereka juga menilai tingkat kesehatan dari diet, peringkat biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan teh serta kopi sebagai pilihan sehat daripada makanan lainnya.

Para peneliti menyimpulkan bahwa pola makan nabati, terutama makan nabati kaya berkualitas tinggi, berkaitan dengan risiko substansial lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

2. Makan sedikit daging

Sebuah studi skala besar sebelumnya membandingkan kebiasaan makan penderita diabetes dan non-penderita diabetes yang diterbitkan dalam jurnal medis Diabetologia dan menemukan bahwa diet tinggi buah-buahan dan sayuran dan rendah daging olahan, minuman manis dan biji-bijian olahan bisa menurunkan risiko diabetes.

3. Lewati soda

Makan lebih banyak buah dan sayuran dan sedikit daging dan olahan biji-bijian adalah cara penting untuk mengurangi risiko diabetes. Penelitian lain menemukan bahwa minum hanya satu kaleng soda bergula sehari bisa meningkatkan risiko diabetes sebesar 22 persen.

Sebaliknya, memotong soda bisa memiliki dampak besar pada risiko diabetes juga. Memilih soda manis dengan pemanis buatan bukanlah alternatif sehat, seperti artifisial soda yang telah dikaitkan dengan banyak kondisi kesehatan yang serius.




Fokus : Diabetes tipe 2


#Diabetes
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 10 jam yang lalu

4 Jenis Insomnia yang Perlu Diketahui

Wartakesehatan - Dokter dari Klinik Gangguan Tidur Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito, Yogyakarta, Astuti,..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Menguap Teryata Miliki Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Menguap adalah indikasi dari perasaan bosan, lelah dan juga mengantuk. Sadar atau tidak, saat kita..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

4 Hal Ini Bantu Menghilangkan Stres

Wartakesehatan.com - Stres seringkali sulit untuk dihindari ya ladies. Tapi masak iya mau menghabiskan hidup hanya untuk..
Seks - 14 jam yang lalu

Pentingnya Mengetahui Kesehatan Vagina

Wartakesehatan.com - Vagina yang terletak di bawah area pinggul ini tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Minum Cokelat Panas Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak hanya membuat Anda hangat sepanjang musim dingin, cokelat panas ini juga dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Sebatang Rokok Sehari Tingkatkan Kematian

Wartakesehatan.com -  Studi belum lama ini menemukan, satu batang rokok sehari dapat meningkatkan risiko kematian..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Nanas bisa bikin Gigi Putih Alami

Wartakesehatan.com - Gigi putih bisa menjadi satu tanda kesehatan gigi dan mulut yang terjaga. Dengan gigi yang putih,..
Mamin - 18 jam yang lalu

Makan Ikan Lele Beri Manfaat Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Ikan lele sekarang merupakan jenis ikan air tawar yang sering banyak Anda jumpai di pasar. Sebab Ikan..
Ibu & Anak - 19 jam yang lalu

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mitos hamil mengatakan bahwa ibu hamil ketika makan adalah untuk dua orang, jadi kapasitas dan..
Mamin - 20 jam yang lalu

Makanan Ini Bantu Cegah Serangan Jantung

Wartakesehatan.com - Salah satu penyebab umum serangan jantung adalah pembuluh arteri yang tersumbat. Seperti yang dikutip..

+Indeks