Benda-benda di Rumah yang Bisa Mengancam Paru-paru

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Selasa, 23 Agustus 2016 | 12:33 WIB


IST

Wartakesehatan - Masalah gangguan paru-paru pada umumnya memang kerap disebabkan oleh polusi udara dialam terbuka. Namun, tidak sepenuhnya hal tersebut menjadi satu-satunya faktor penyebab. Karena selain polusi udara, terdapat beberapa hal lain yang juga dapat menyebabkan masalah pada kesehatan paru-paru, salah satunya benda-benda di dalam rumah.

Tanpa disadari beberapa benda yang Anda miliki di rumah, juga berpotensi untuk menganggu kesehatan organ paru-paru. Untuk itu, Anda perlu mewaspadai beberapa benda-benda rumah berikut ini.

Cairan pemutih

Cairan pemutih memiliki kandungan klorin atau amonia yang biasanya digunakan unuk membersihkan porselen. Akan tetapi bahan tersebut ternyata mampu mempengaruhi sel-sel paru-paru ketika diirup dan juga dapat menyebabkan asma atau sesak napas.

Furnitur kayu

Meskipun terkesan elegan, tapi keberadaan furnitur kayu di dalam rumah ternyata berbahaya bagi kesehatan paru-paru. Furnitur kayu tua dengan banyak sekali ukiran serta detail ternyata dapat mengikat debu. Bahkan debu yang tebal. Tentu saja hal itu dapat menyebabkan alergi, penyakit pernapasan, dan dalam kasus yang ekstrem dapat mengarah pada kerusakan pada paru-paru.

Karpet

Karpet yang tebal juga bisa memengaruhi kesehatan paru-paru. Karena benda tersebut dapat menjebak banyak sekali mikroba dan partikel debu yang berbahaya jika diirup. Jika Anda tidak membersihkanya secara teratur maka bisa meningkatkan gangguan pernapasan dan kerusakan paru-paru.

Cat

Cat juga mengandung bahan kimia beracun tingkat tinggi dan karsinogen. Jadi, usahakan untuk meminimalisir penggunaan cata di dalam rumah, karena dapat merusak paru-paru akibat mengirup bahan berbahaya dari cat tersebut.




Fokus : Paru-paru


#Kesehatan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 2 hari yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 2 hari yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks