Rupanya Bermain Pasir Punya Banyak Manfaat Bagi Anak

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Minggu, 28 Agustus 2016 | 09:32 WIB


IST

Wartakesehatan - Pantai memang merupakan salah satu tempat liburan yang kerap disebut banyak disenangi anak-anak. Saat sedang di pantai, aktivitas yang paling sering dilakukan anak selain berenang adalah bermain pasir. Tidak salah bila Anda mendukung aktivitas tersebut dengan memberikan beberapa peralatan bermain. Ternyata, bermain pasir, dapat memberikan banyak manfaat bagi anak.

Manfaat-manfaat tersebut di antaranya adalah:

1. Sensori

Pasir merupakan media yang tepat untuk memberikan pengalaman sensori pada anak. Anak akan mempelajari tekstur pasir yang basah atau kering. Anda dapat mengenalkan anak pada beberapa jenis pasir agar kemampuan sensori anak semakin terasah.

2. Kreativitas

Pasir juga dapat melatih kreativitas anak. Lengkapi aktivitas bermain pasir dengan memberikan beberapa peralatan pendukung yang aman untuk anak. Biarkan anak membuat pasir menjadi berbagai macam bentuk sesuai kreativitas dan imajinasinya.

3. Sosialisasi

Saat bermain pasir bersama temannya, anak akan belajar bagaimana cara bersosialisasi dan bekerjasama. Biarkan anak bekerjasama bersama temannya. Kemampuan sosialisasi akan sangat bermanfaat bagi kehidupan anak, terutama bagi anak yang sudah bersekolah.

4. Melatih fisik

Saat bermain pasir, kemampuan fisik anak akan terasah. Anak akan menggunakan kedua tangannya untuk mengangkat pasir dan membuatnya menjadi berbagai bentuk. Bermain pasir juga dapat menjadi sebuah aktivitas fisik yang akan membuat anak selalu sehat dan bugar.

5. Meredakan emosi

Bermain pasir dapat menenangkan hati dan perasaan anak yang sedang sedih. Suasana bermain yang menyenangkan dan berada di alam bebas akan membuat anak lebih ceria. Anak yang ceria terbukti memiliki kecerdasan yang lebih tinggi.




Fokus : Anak


#Anak
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 7 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
8 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Hebat, Cokelat Hitam bisa Cegah Kanker

Wartakesehatan - Banyak sumber mengatakan bahwa cokelat baik bagi kesehatan dan mempunyai khasiat tersendiri melawan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kekurangan Vitamin B12 Mempengaruhi Mata

Wartakesehatan.com- Seseoran yang kekurangan asupan vitamin B12 akan menunjukkan sejumlah gejala dan salah satunya terlihat..
Mamin - 10 jam yang lalu

Berlebihan Minum Kopi, Bahaya!

Wartakesehatan,com - Kopi merupakan salah satu minuman terfavorit hampir di seluruh dunia. Minuman ini memiliki daya tarik..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Asap Rokok Timbulkan Penyakit Meningitis

Wartakesehatan.com - Rokok atau sigaret adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Daun Pepaya Dapat Memperlancar ASI

Wartakesehatan.com - Daun pepaya memang terkenal dengan rasa yang pahit. Rasa pahit pada berbagai jenis makanan memang membuat..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Turunkan Kolesterol Dengan Biji Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat kaya akan serat, potasium, antioksidan dan lemak sehat. Hampir semua sahabat Merahputih.com pasti..

+Indeks