Apel Wajib di Cuci sebelum Dimakan

Oleh : Dirk/kompas | Rabu, 24 Agustus 2016 | 19:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Para ahli telah memberi saran bahwa sebelum mengonsumsi buah seperti apel harus dibilas atau dicuci dengan air, sayangnya masih banyak orang yang tidak menghiraukan saran ini padahal di balik kulitnya yang terlihat bersih, tidak tertutup kemungkinan ada kontaminasi bakteri patogen dan residu pestisida. Bakteri berukuran mikro sehingga tidak terlihat dengan kasatmata.

Sandria Godwin, PhD, RD, LDN, seorang profesor dari Department of Family and Consumer Sciences di Tennessee State University mengatakan, konsumen perlu mencuci buah apel karena umumnya apel dimakan beserta kulitnya.

Sandria mengingatkan, kita tak pernah tahu bagaimana distribusi apel mulai dari perkebunan hingga ke tangan konsumen. Menurut dia, ada beberapa potensi kontaminasi patogen atau mikroorganisme yang berbahaya bagi kesehatan selama perjalanan buah-buahan untuk dijual.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, lebih dari 9 juta orang sakit setiap tahunnya karena konsumsi makanan terkontaminasi, termasuk sayur dan buah-buahan. Bagi orang dengan sistem kekebalan tubuh yang buruk, makan buah yang terkontaminasi bisa mengundang penyakit.

Bakteri patogen yang harus diwaspadai antara lain E. coli, salmonella, listeria dan norovirus. Manusia yang terinfeksi patogen tersebut mengalami diare, demam, gagal ginjal, dan infeksi saluran kemih.

Sementara itu, Davida Margolin, seorang dosen di Department of Molecular, Cellular, and Biomedical Sciences, University of New Hampshire menambahkan, kontaminasi juga bisa terjadi saat buah jatuh ke tanah dan kontak dengan kotoran hewan di tanah tersebut.

Berdasarkan studi dari Tennessee State University, kontaminasi bakteri juga bisa berasal dari laci sayuran di dalam lemari es. Sering kali tempat sayuran dan buah-buahan tidak pernah dibersihkan.

"Cucilah dengan benar dengan menggosok apel menggunakan telapak kedua tangan di bawah air mengalir," imbau Sandria.




Fokus : Apel


#Apel
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






1 hari yang lalu

Kebiasaan Mandi yang dapat Merugikan Anda

Wartakesehatan.com - Ada kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang saat mandi ternyata merugikan untuk..
1 hari yang lalu

Kulit Semangka Beri Manfaat Kesehatan untuk Anda

Wartakesehatan.com - Manfaat buah semangka terletak pada kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh, seperti..
2 hari yang lalu

Jangan Jadikan Puasa untuk Bermalas-Malasan

Wartakesehatan.com - Saat puasa tubuh memang jadi lebih lemas, namun kamu tak boleh malas Ladies. Kamu wajib menjaga gaya hidup..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Tidur Siang Bikin Otak Jenius

Wartakesehatan.com - Mungkin sebagian orang belum mengetahui manfaat tidur siang, bahkan mereka lebih memilih melakukan..
2 hari yang lalu

7 Menu Buka Puasa Terbaik Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Puasa sendiri merupakan kegiatan menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari terbit..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Penyebab Tubuh Lemas Saat Puasa

Wartakesehatan - Guna menghindari lemah dan lesu ketika menjalankan puasa, dr Mohammad Ali Toha selaku Direktur Utama..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Efek Samping Menggunakan Tabir Surya Jangka Panjang

Wartakesehatan.com - Apakah tabir suryamu aman? Meski memiliki manfaat positif untuk kulit, nyatanya tabir..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Siwak Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Wartakesehatan.com - Ahli gigi drg. Nada Ismah, Sp.Ort mengungkapkan bahwa tanaman siwak memang memiliki kandungan yang..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

3 Pemicu Diare saat Bulan Puasa

Wartakesehatan - Diare memanag tidak menyenangkan, terlebih terjadi saat bulan puasa. Selain dilanda sakit perut yang..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Selama Ramadhan, umat muslim berpuasa dari dini hari hingga senja.Segera setelah matahari terbenam,..

+Indeks