Manfaat Sehat Berhenti Minum Alkohol

Oleh : Dirk/jpnn | Rabu, 10 Juli 2019 | 10:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Bagi pecandu minuman beralkohol yang ingin berhenti minum alkohol cara ampuhnya adalah dengan mengurangi jumlah porsi minum. Cara ini merupakan langkah yang tepat jika Anda ingin meningkatkan kesehatan tubuh. Memang, berhenti minum alkohol bagi seorang pecandu mungkin sulit dilakukan. Namun, jika berusaha dan memiliki keinginan, hal itu bukan mustahil dicapai.

Apalagi, jika Anda mengetahui manfaat jika berhenti minum alkohol. Ini dia yang bisa Anda dapatkan dalam jangka pendek dan panjang jika berhenti minum alkohol, seperti dilansir laman Prevention:

1. Anda akan tidur lebih nyenyak

Salah satu penelitian terbaru di jurnal Alcoholism: Clinical & Experimental Research menemukan minum alkohol sebelum tidur akan meningkatkan pola gelombang alpha di otak, semacam aktivitas otak yang biasanya terjadi ketika Anda terjaga tetapi beristirahat.

Hasilnya? Tidur yang terganggu.  Anda mungkin merasa kesulitan pada awalnya, tetapi menyerah minum alkohol mungkin akan membuat Anda merasa lebih segar dan tajam pada hari berikutnya. Sedangkan hasil dari tidur yang lebih baik: perbaikan suasana hati, konsentrasi dan kinerja mental.

2. Anda akan mengonsumsi lebih sedikit makan malam

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Nutrition, alkohol adalah salah satu pendorong terbesar asupan makanan berlebih. Itu mungkin karena alkohol mempertinggi indera kita, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Obesity.

Para peneliti menemukan beberapa wanita yang telah minum alkohol sebelumnya, akan makan 30 persen lebih banyak makanan. Bahkan keracunan ringan peningkatan aktivitas otak perempuan di hipotalamus, membuat mereka lebih sensitif terhadap bau makanan dan mendorong mereka untuk makan lebih banyak.

3. Anda mungkin merasa ingin makan makanan manis

Gula meningkatkan kadar dari reward dopamin kimia yang merupakan bahan bakar perasaan senang. Alkohol melakukan hal yang sama

4. Berat badan

Alkohol memiliki cara licik untuk meningkatkan asupan kalori harian Anda tanpa Anda menyadarinya. Satu margarita mungkin berisi 300 kalori. Satu studi menemukan pria mengonsumsi tambahan 433 kalori pada saat mereka minum sejumlah alkohol moderat. Bagi wanita, itu 300 kalori. Hilangkan mereka dari diet Anda dan tidak menggantinya dengan makanan penutup dan Anda akan mulai menurunkan berat badan tanpa banyak usaha.

5. Kulit yang cerah

Dalam beberapa hari, Anda akan melihat kulit Anda cerah dan merasa lebih terhidrasi. Itu karena alkohol adalah diuretik yang menyebabkan Anda buang air kecil lebih banyak.




Fokus : Alkohol


#Alkohol
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Seks - 8 jam yang lalu

Ini Dia 7 Tanda Mr P Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Tak sedikit wanita yang mengeluh kejantanan pria berkurang karena Mister P milik pria kesayangan..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Kesehatan bisa Memburuk jika Kurang Tidur

Wartakesehatan.com - Dengan tidur di malam hari bisa membuat tubuh kembali bugar dan segar ketika bangun dipagi hari..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Wow, 5 Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri menangis tentu saja pernah dialami setiap orang bahkan sejak keluar dari rahim ibu..
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

Waspada, Merokok picu Penyakit Demensia

Wartakesehatan - Selama ini banyak ahli yang mengaitkan bahaya merokok dapat berujung pada beberapa penyakit seperti..
Herbal - 12 jam yang lalu

Redakan Batuk Berat dengan Lemon

Wartakesehatan.com - Sebagaimana dikutip Solopos.com dari Sportonlinegroup, batuk berat bisa diredakan..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Waspada, Dampak Buruk Kerokan bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pernahkah Anda kerokan ketika sakit ? Tentunya pernah kan. Kerokan adalah pengobatan alternatif yang..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

8 Manfaat Minum Teh Kunyit

Wartakesehatan.com - Kunyit diklaim sebagai salah satu obat alami atau obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Hal..
Mamin - 15 jam yang lalu

5 Bahaya Keseringan Konsumsi Mie Instan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang gemar makan mie instan ,mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua. Mie instan..
Obat & Penyakit - 17 jam yang lalu

Menjadi Pilot Lebih Berisiko Alami Depresi

Wartakesehatan - Mungkin banyak anak kecil yang bercita-cita menjadi pilot karena kerennya membawa pesawat dan..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

4 Bahaya Tato bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tato bisa mengungkapkan memori yang ada di balik ukiran tubuh tersebut. Tato memang bisa menjadi..

+Indeks