Hati-Hati, "Cupang" Bisa Akibatkan Stroke

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Selasa, 30 Agustus 2016 | 12:35 WIB


IST

Wartakesehatan - Anda perlu berhati-hati jika sedang dimabuk asmara bersama pasangan dan saling berciuman. Pasalnya, melakukan ciuman di leher rupanya bisa mengakibatkan masalah serius!

Julio Macias Gonzalez (17) seorang remaja laki-laki asal Meksiko, meninggal setelah mendapatkan "gigitan cinta" atau cupang dari kekasihnya. Menurut tim medis, bekas gigitan tersebut meninggalkan bekuan darah hingga mengakibatkan stroke.

Seperti melansir Mirror, yang ditulis pada Selasa (30/8/2016), Gonzales mengalami stroke iskemik yang disebabkan oleh sumbatan pada pembuluh darah otak tertentu sehingga daerah otak yang diperdarahi oleh pembuluh darah tersebut tidak mendapat pasokan energi dan oksigen, sehingga pada akhirnya jaringan sel-sel otak di daerah tersebut mati dan tidak berfungsi lagi.

Sayangnya, meski paramedis berupaya menyelamatkannya, namun Gonzales tak bisa tertolong.

Orangtua Gonzales dilaporkan menyalahkan pacarnya yang berusia 24 tahun atas kematian anaknya. Namun dia ternyata telah melarikan diri dan belum bisa ditemui. Orangtua Gonzalez tidak menyetujui hubungan mereka karena perbedaan usia, menurut media setempat, Hoy Estado De Mexico.

Dalam insiden serupa, seorang wanita Selandia Baru (44) kehilangan fungsi lengan kirinya setelah mengalami stroke. Dokter juga melihat adanya bekas cupang di sisi lehernya. Mereka menemukan, ada gumpalan darah yang menyebabkan kerusakan arteri.

Paramedis percaya, kerusakan arteri di lehernya kemungkinan penyebab kelumpuhan. Paramedis kemudian memberi warfarin, antikoagulan dan obat bekuan darah.

Dokter yang merawat wanita di Rumah Sakit Middlemore Auckland, Dr Teddy Wu mengatakan, "setahu saya, itu adalah pertama kalinya seseorang dirawat di rumah sakit karena cupang."

"Trauma fisik itu telah membuat sedikit memar di dalam pembuluh (arteri)," tulis Wu dalam laporan di Selandia Baru Medical Journal.

"Kami memandang literatur medis dan contoh memiliki gigitan cinta menyebabkan sesuatu seperti itu belum dijelaskan sebelumnya."




Fokus : Stroke


#Stroke #Cupang
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 17 jam yang lalu

Kentang Ampuh Cegah Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Kentang sudah menjadi makanan yang populer di berbagai negara bahkan mereka menggunakannya untuk..
Obat & Penyakit - 18 jam yang lalu

Waspada, Flu Rentan Menyerang karena Kurang Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur adalah hal yang selalu dilakukan manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran.  Salah..
Mamin - 19 jam yang lalu

Tingkatkan Sistem Pencernaan Rutin Konsumsi Buah Sirsak

Wartaksehatan - Buah sirsak mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat hal ini karena buah sirsak sangat mudah..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Hilangkan Stres dengan Bermain Trampolin

Wartakesehatan - Trampolin adalah salah satu olahraga yang sangat menyenangkan, bagaimana tidak olahraga ini diibaratkan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Menambah Tidur di Akhir Pekan Memberi Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Kurang tidur, sudah bukan rahasia lagi, bisa memicu ragam efek negatif pada kesehatan tubuh, terutama..
1 hari yang lalu

Gangguan Makan Berpotensi Memberikan Efek Samping

Wartakesehatan.com - Gangguan makan didefinisikan sebagai upaya mengurangi asupan makan demi mengurangi berat badan. Beberapa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ini Dia Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Mata

Wartakesehatan.com - Banyak manfaat yang didapatkan tubuh dari menjalankan ibadah Puasa Ramadan. Salah satunya adalah..
2 hari yang lalu

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatab.com -Tidur dengan terlentang memang membuat nyaman karena perut berada di atas, jadi mom tidak perlu merasa..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Kebiasaan Ini Dapat Mengakibatkan Depresi

Wartakeswhatan.com - Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan depresi, antara lain gangguan fisik dan gangguan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Gangguan Kesehatan yang Sering Ditemui Saat Bulan Puasa

Wartakesehatan.com - Berdasarkan studi yang dilaporkan oleh Gulf News, puasa dapat membantu pembakaran lemak jahat di dalam..

+Indeks