Negara Maju Banyak Penderita Asma

Oleh : Dirk/sindo | Selasa, 11 Juni 2019 | 15:19 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Asma merupakan jenis penyakit jangka panjang atau kronik pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. 

Spesialis Paru dan Saluran Pernafasan dari Rumah Sakit Evasari Awalbros, Dr Ni Nyoman Priantini SpP menjelaskan, asma paling banyak terdapat di negara maju. "Asma banyak terdapat di negara maju, terutama negara dengan tingkat polusi udaranya yang tinggi," papar Dr Nyoman dikutip dari Sindonews.

Sementara, penyebab kambuhnya penyakit ini pun bisa disebabkan oleh dua hal. Dr Nyoman menambahkan, faktor instrisik dan ekstrisik bisa menyebabkan kambuhnya asma.

"Secara umum ada dua yaitu faktor instriksik, dari dalam diri seseorang. Hal ini bisa karena penyakit flu, aktivitas yang berat atau karena faktor emosi. Yang ke dua adalah faktor ekstriksik atau faktor dari luar. Biasanya disebabkan karena debu, serbuk sari, bulu, udara dingin atau yang lain yang memicu terjadinya asma," jelasnya.

Parahnya, penyakit ini tidak bisa disembuhkan secara sempurna. Oleh karena itu, Dr Nyoman pun menyarankan untuk pentingnya melakukan diagnosis sedini mungkin. Salah satunya dengan cara melihat riwayat keluarga dan riwayat alergi sebelumnya.

"Riwayat penyakit sangat berguna untuk mendapatkan diagnosis penyakit asma. Informasi tentang gejala asma juga berguna untuk dapat mendapatkan diagonosis penyakit asma. Gejala umum dan tanda-tanda penyakit asma diantaranya, mengi (kondisi dimana seseorang mengeluarkan bunyi pada saat bernapas), batuk berdahak, sesak nafas dan dada terasa berat. Gejala juga bisa dilihat saat terpapar alergi, saat terkena infeksi atau selesai olah raga atau beraktivitas," pungkasnya.




Fokus : Asma


#Asma
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 8 menit yang lalu

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Wartakesehatan.com - Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa kenyang walaupun belum makan, dan biasanya juga..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Banyak Hutang awas Dampaknya bagi Kesehatan!

Wartakesehatan.com - Mungkin besarnya utang sudah selalu dihubungkan dengan efek buruk bagi kesehatan. Beberapa ancaman..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ketahui, 10 Kategori Mimpi Basah

Wartakesehatan.com - Mimpi basah atau dalam bahasa medis disebut emisi nokturnal adalah peristiwa alami yang dialami pria...
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

5 Manfaat Belimbing bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Belimbing merupakan..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

5 Tips Mencegah Ganasnya Diabetes

Wartakesehatan.com - Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi...
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Alasan Mengapa Kita Gampang Kehilangan Energi

Wartakesehatan.com - Banyak diantara kita yang sering kehilangan energi meski masih pagi hari. Biasanya tiba-tiba merasa..
Mamin - 6 jam yang lalu

Waspada, Daging Merah pengaruhi Raut Wajah

Wartakesehatan - Hampir setiap makanan seperti hamburger, steak atau jenis-jenis kuliner berbahan dasar daging sapi atau..
Mamin - 7 jam yang lalu

Ingin Anak Bertumbuh dengan Sehat berikan Makanan Bernutrisi

Wartakesehatan - Anak adalah salah satu pemberian Tuhan yang paling mulia oleh sebab itu kita harus menjaga dan mendidik dengan..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Kenali Gangguan Jantung dan Tanda-tandanya!

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri beberapa orang percaya bahwa serangan jantung adalah penyakit yang menghantui orang tua,..
Tekhnologi - 20 jam yang lalu

Rokok Elektrik Membahayakan Kesehatan Gigi

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rokok elektrik dapat membahayakan kesehatan gigi dan gusi..

+Indeks