Ini Tanda wanita Hadapi Menopause

Oleh : ibrahim romending | Rabu, 31 Agustus 2016 | 05:30 WIB



Wartakesehatan.com - Masa menopause akan dialami setiap wanita setelah masa produktif. Menopause pada setiap wanita ini berbeda-beda. Tidak ada yang bisa menentukan usia seseorang untuk berhenti menstruasi ataumenopause. Selain itu, ada juga banyak hal yang bisa mempercepat atau bahkan memperlambat menopause. Biasanya penyakit tertentu seperti infeksi, malaria dan lainnya berpotensi untuk mempercepat terjadinya menopause. Tanda menopause pada setiap wanita ini tidak selalu sama. Proses berakhirnya menstruasi ini berbeda-beda pada setiap wanita. Ada yang mengalami proses menstruasi berakhir secara bertahap namun ada juga yang mengalami proses menstruasi yang berakhir secara tiba-tiba. Siklus atau proses menopause ini bisa berbeda-beda pada setiap wanitanya. Jika anda ingin mengetahui tanda-tanda menopause maka anda bisa memperhatikan tandanya berikut ini:

1.Tanda utama dari menopause adalah perubahan pada siklus menstruasi. Jika biasanya anda mengalami siklus menstruasi yang teratur maka mendekati menopause maka anda akan mengalami perubahan pada siklus ini. Menstruasi yang dialami bisa saja tidak teratur dan tidak sama lagi dengan siklus sebelumnya. Frekuensi menstruasi juga akan berubah. Ini merupakan hal yang wajar jika anda sudah mendekati masa menopause. Terjadinya perubahan siklus menstruasi juga menjadi salah satu tanda utama darimenopause. Volume menstruasi juga akan berubah, seperti pendarahan yang terlalu banyak atau terlalu sedikit. Ini berbeda-beda pada setiap wanita. Untuk itu, tanda perubahan menstruasi ini tidak bisa dijadikan acuan mengenai menopause.

2.Tanda lain dari menopause yaitu sensasi rasa panas yang ada di dalam diri anda. Anda akan lebih sering merasa kepanasan daripada biasanya. Selain itu, jantung anda juga akan berdebar. Tanda ini mungkin tidak dialami oleh semua wanita yang mendekati masa menopause. Namun beberapa wanita telah mengalami tanda ini. Hal ini tidak bisa anda hindari. Jika anda mengalami tanda ini maka anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Anda bisa diberikan obat penenang sementara untuk menghilangkan rasa jantung berdebar yang anda alami. Anda juga bisa menggunakan cara yang alami untuk mengatasi hal ini. Anda bisa menenangkan diri anda dengan menarik nafas yang dalam lalu mengeluarkannya kembali.

3.Tanda yang lain dari menopause yaitu emosi yang tidak stabil. Semakin mendekatnya masa menopause maka anda akan mengalami perubahan emosi yang tidak stabil. Anda bisa saja sedih namun beberapa saat kemudian anda akan berubah emosi menjadi senang. Tidak ada yang bisa memprediksi perubahan emosi ini. Hal ini juga cukup sering terjadi pada wanita yang mendekati masa menopause. Selain itu, sakit kepala yang berlebihan juga sering di derita oleh wanita yang mendekati masamenopause. Tidak ada pengobatan khusus yang bisa dilakukan selain menenangkan diri anda. Anda juga bisa membuat diri anda terhindar dari stress sehingga tidak mengalami perubahan emosi.

 

Sumber  : SehatSekali.com

 

 




Fokus : Menopause


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 1 minggu yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

Menkes: Masyarakat Jangan Ragu untuk Konsumsi OMAI

Jakarta - Tak pernah bosan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengimbau agar masyarakat tak perlu ragu untuk..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..

+Indeks