9 Buah yang bisa Atasi Anemia

Oleh : Dirk/Merdeka | Jumat, 06 Juli 2018 | 08:45 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Anemia adalah berkurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan (HB) Hemoglobin di dalam darah. Ini bisa disebabkan karena kekurangan zat besi, kehilangan darah, hingga gizi buruk. Gejala yang paling umum dari anemia sendiri adalah sesak napas, mudah lesu, mudah lelah, palpitasi, keringat berlebihan, hingga sensitif terhadap dingin.

Nah, agar tubuh kamu tetap sehat meski kamu terserang anemia, maka kamu harus menjaga asupan makananmu. Konsumsilah makanan yang mengandung banyak zat besi, vitamin C, atau vitamin B12 seperti buah-buahan di bawah ini.

Plum
Plum adalah buah yang akan zat besi dan menjadi buah terbaik untuk mengobati anemia. Mengonsumsi plum sebagai menu sarapan harian sangat baik untuk mengobati penyakit ini.

Apel
Apel merupakan buah yang membantu untuk meningkatkan jumlah darah. Sebab apel mengandung vitamin C yang membantu tubuh untuk menyerap zat besi.

Aprikot
Aprikot sangat tinggi akan kandungan zat besi. Dan zat besi ini diperlukan untuk meningkatkan sel darah merah dalam tubuh.

Grapefruit
Grapefruit merupakan contoh buah lainnya yang penuh dengan vitamin C dan merupakan buah terbaik untuk mengobati anemia.

Pisang
Asam folat sangatlah penting untuk memproduksi dan memelihara sel baru dalam tubuh, termasuk sel darah. Dan pisang sendiri mengandung asam folat yang baik untuk meningkatkan jumlah darah Anda.

Jeruk
Vitamin C sangatlah penting karena membantu dalam menyerap zat besi yang kamu konsumsi. Semenara jeruk adalah sumber terbaik dari vitamin C tersebut.

Mangga
Mangga juga termasuk dalam jajaran buah yang kaya vitamin C. Sehingga mangga sangatlah baik dikonsumsi oleh penderita anemia.

Kiwi
Jika kamu menderita anemia, jangan sungkan untuk makan kiwi. Hal ini disebabkan karena kiwi tinggi zat besi.

Delima
Terakhir, buah delima sarat akan vitamin C dan zat besi. Kedua nutrisi ini sangatlah penting dan efektif untuk mengobati segala macam gejala anemia seperti pusing, mudah lelah, dan lemah. Pastikan kamu mengonsumsi satu buah delima setiap hari untuk melawan anemia.




Fokus : Anemia


#Buah
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 47 menit yang lalu

Efek Samping Konsumsi Vitamin Berlebihan

Wartakesehatan.com - Jika mengonsumsinya secara berlebihan, maka bisa muncul keluhan. Misal, konsumsi vitamin C dosis tinggi..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Jangan Terlalu Sering Mengkonsumsi Suplemen

Wartakesehatan.com - Terutama saat menjalani ibadah puasa seperti sekarang, kita perlu mengkonsumsi suplemen. Jika..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Tips Sehat Jaga dan Turunkan Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Tingginya kadar kolesterol dalam aliran darah dapat memblokir pembuluh darah dan meningkatkan..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Cara Sehat Agar Tidur Nyenyak

Wartakesehatan.com - Bagi sebagian orang tidur tak semudah yang dibayangkan. Ada kalanya, sudah 10 menit, 20 menit, bahkan..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Menangis Memiliki 5 Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Sering menangis tidaklah selalu identik dengan cengeng, memiliki mental lemah dan..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Air Dingin dan Air Hangat

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa ahli gizi, air hangat bermanfaat dalam memudahkan proses pencernaan, sementara air dingin..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Makan Kulit Ayam Goreng untuk Buka Puasa? Sehat atau Ngga

Wartakesehatan.com - Meski rasanya sangat enak, sebetulnya sehat atau tidak makan kulit ayam goreng untuk buka puasa? Dikutip..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Konsumsi Yoghurt Dapat Meredakan nyeri PMS

Wartakesehatan.com - Kandungan probiotiknya memberi keuntungan bagi kesehatan pencernaan, begitu juga dengan kalsium dan..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Inilah Manfaat Angkat Beban Bagi Otak

Wartakesehatan.com - Studi terbaru menunjukkan bahwa salah satu latihan yang paling bermanfaat yang dapat dilakukan untuk..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Cara Mudik Sehat Bagi Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mudik membutuhkan waktu yang tidak sebentar, maka itu membutuhkan kondisi fisik dan mental ibu hamil yang..

+Indeks