Tips Sederhana Untuk Mengatasi Mata Lelah

Oleh : Venza/tribunnews | Kamis, 01 September 2016 | 13:32 WIB


IST

Wartakesehatan - Bukan hanya badan saja yang bisa merasa lelah namun mata juga bisa mengalaminya. Saat mata memperhatikan sesuatu dalam jangka waktu yang lama seperti berada depan monitor cukup menguras energi yang menyebabkan mata terasa lelah. Mata yang lelah tentu akan mengganggu banyak aktifitas Anda.

Berikut beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan kesegaran mata :

1. Mengompres Mata

Dengan mengompres mata Anda maka anda akan merasa nyaman. Kompreslah dengan air dingin serta diamkan selama beberapa menit. Selain membuat nyaman hal ini akan membuat mata Anda bersih.

2. Membersihkan Mata

Mencuci mata dengan air dingin beberapa kali sehari bisa membantu merilekskan mata dan mengurangi ketegangan yang memicu kelelahan.

3. Sendok Dingin

Letakkanlah sendok di dalam kulkas agar bisa dingin. Setelah itu sendok yang dingin bisa anda letakkan pada mata sebagai refleksi dari mata yang lelah.

4. Menggunakan Irisan Mentimun, Kentang atau Strawberry

Menempatkan irisan mentimun, kentang atau strawberry di mata, caranya potong mentimun atau kentang menjadi irisan lalu tempatkan di mata selama 15-20 menit. Bisa juga dengan meletakkan strawberry yang sebelumnya sudah disimpan di lemari es beberapa saat di kelopak mata sambil terpejam.

5. Kantong Teh

Kantong teh juga bisa dipercaya untuk mengatasi mata yang lelah. Menggunakan kantong teh dingin, caranya Seduh 2 kantong teh ke dalam rebusan air di panci kecil, setelah mendidih matikan lalu dinginkan untuk mengeluarkan panasnya. Setelah kantong teh benar-benar dingin, tempatkan di mata dan buatlah kondisi rileks.

6. Berkedip

Berkedip adalah cara sederhana untuk membuat mata Anda kembali segar apabila Anda merasa lelah pada bagian mata.

7. Buatlah Jarak dengan Komputer Anda

Mata yang lelah biasanya disebabkan oleh terlalu dekatnya mata pada layar komputer. Pastikan bahwa tempat duduk Anda dengan komputer berada pada jarak yang baik. Selain itu bekerja di dalam ruangan berpendingin akan membuat mata cepat lelah karena udara dingin dapat membuat mata menjadi kering.

8. Susu Dingin atau Air Mawar

Air mawar serta susu juga sangatlah berguna. Merendam kapas bola dengan susu dingin atau air mawar, caranya Ambil semangkuk susu dingin atau air mawar, lalu celupkan kapas bola ke dalamnya. Setelah itu letakkan di kelopak dengan posisi mata tertutup.

9. Memijat

Memijat-mijat kelopak mata juga adalah cara yang baik. Sebelum tidur, cobalah untuk memijat kelopak mata Anda dengan lembut dengan gerakan melingkar selama 2 menit. Pijatan adalah salah satu cara untuk mengendurkan otot mata Anda.

10. Gunakan Kacamata Anti Silau

Cara lain untuk melindungi dari sinar komputer adalah dengan memakai kacamata anti silau. Selain itu Anda bisa mendapatkan kaca mata refleksi di apotik untuk terapi mata yang lelah.




Fokus : Mata


#Mata #Mata lelah #Tips mata lelah
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 44 menit yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

5 Cara Pintar Atasi Nyeri saat Haid

Wartakesehatan.com - Pada umumnya wanita merasakan nyeri atau kram perut saat haid (Dismenore) yang dapat berlangsung..
Ibu & Anak - 12 jam yang lalu

Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum..
Mamin - 13 jam yang lalu

Basmi Jerawat Dengan Makanan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Wajah penuh jerawat dan terlihat kusam adalah tanda telah terjadi penumpukan racun dalam jumlah yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

ASUS VivoBook A409, Laptop Klasik dengan NanoEdge Display

Jakarta, Warkes.com - ASUS kembali menghadirkan laptop klasik mainstream ke pasaran Indonesia. Laptop sehari-hari yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

Sophia the Robot Gambaran Kecerdasan Manusia di Atas Manusia Buatan

Jakarta, Warkes.com – Bagaimanapun pintarnya robot, tentu merupakan sebuah program yang dalam hal ini dibuat oleh..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kembangkan Sayap Bisnis di Yogyakarta Toys Kingdom Buku Toko ke Tiga-nya

Yogyakarta, Warkes.com - Toys Kingdom, pusat mainan dan hobi untuk segala usia kembali membuka toko terbaru tepatnya di Jogja..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Waspada, Ruang AC bisa bikin Gemuk

Wartakesehatan.com - Di jaman yang sudah modern ini, AC tampaknya telah jadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Di kantor,..

+Indeks