Serangan Jantung Berpengaruh pada Kehidupan Seks

Oleh : Dirk/kompas | Sabtu, 03 September 2016 | 21:35 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Ternyata percaya atau tidak serangan jantung memiliki dampak buruk bagi kehidupan seks pasangan. Walaupun sebagian orang menganggap seks setelah serangan jantung itu aman, tapi sekitar separuh pria dan wanita mengatakan mereka bermasalah dengan fungsi seks setahun setelah serangan jantung. Demikian hasil sebuah studi baru yang diterbitkan di JAMA Cardiology.

Peneliti menganalisa data 2.802 orang di AS dan Spanyol yang mengalami serangan jantung dan dilacak sampai setahun kemudian. Mereka yang terlibat dalam penelitian itu berusia 18-55 tahun, usia di mana 20 persen serangan jantung terjadi.

Dari orang yang aktif secara seksual dalam studi tersebut, lebih dari separuh wanita dan hampir separuh pria bermasalah dengan fungsi seks setahun setelah serangan jantung.

Masalah paling lazim adalah kurangnya minat seks dan bermasalah dengan pelumasan, sementara pria mengalami masalah ereksi dan kurangnya minat.

Beberapa dari keluhan itu mungkin berakar dari campuran masalah biologis dan psikologis. Ini kata peneliti Dr Stacy Lindau, associate professor obestetri/ginekologi dan kedokteran geriatri serta direktur University of Chicago's Program in Integrative Sexual Medicine.

"Seksualitas adalah fenomena tubuh dan pikiran," katanya. Lindau mengatakan pernah memeriksa pasien yang serangan jantungnya menciptakan kekhawatiran perihal seks. "Sejumlah orang khawatir hubungan seks akan memicu serangan jantung lagi," imbuhnya.

Sedangkan sejumlah pasien mengatakan serangan jantung membuat mereka lebih dekat dengan pasangan. "Mereka menyadari betapa berharganya pasangan tercinta serta berkomitmen untuk lebih memperhatikan kehidupan seks mereka," tambahnya.

"Empat puluh persen wanita dan 55 persen pria yang tak punya masalah sebelum serangan jantung melaporkan tak berhubungan seks setahun setelah serangan," katanya.

Penemuan lainnya, pasien serangan jantung yang tak konsultasi ke dokter soal seks cenderung tak bermasalah dengan seks.

"Sebagian besar masyarakat setelah serangan jantung ingin kembali dengan kehidupan seksnya. Seks merupakan elemen penting untuk membantu mereka sembuh. Kita sekarang tahu apa masalahnya sehingga kita dapat memberikan konseling pasien apa yang harus dilakukan dan apa yang dapat diharapkan," katanya.




Fokus : Serangan Jantung


#Kehidupan Seks
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 47 menit yang lalu

5 Buah Sehat Penambah Darah

Wartakesehatan.com - Siapa sih yang tidak kenal buah ? semua pasti mengenalnya. Buah merupakan salah satu asupan makanan..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Beberapa Manfaat Daun Salam Untuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Daun salam manfaatnya mampu untuk mengobati penyakit. Kandunganya pun sangat melimpah. Mulai dari..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Gaya Hidup Sehat Bantu Kurangi Resiko Kista

Wartakesehatan.com - Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr Kathleen Juanita Gunawan menjelaskan, gaya hidup sehat membawa..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Resiko Dibalik Kesegaran Mandi Air Hangat

Wartakesehatan.com - Kebiasaan mandi air hangat mungkin sulit diubah, pasalnya memulai mandi air dingin maka tubuh akan..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Terbiasa Bangun Jam 4 Pagi, Ini Dia Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Ternyata bangun pagi itu banyak manfaatnya, apalagi kalau bangun rutin jam 4 pagi setiap..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari? Lakukan ini!

Wartakesehatan - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat bertenaga. Sayangnya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Makanan Ampuh Usir Stres

Wartakesehatan - Banyak orang yang percaya ada beberapa makanan ampuh menghilangkan rasa stres oleh karena itu mereka..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 5 Fakta tentang BAB

Wartakesehatan - Tahukah Anda berapa kali sehari BAB yang disebut normal itu? Atau, mengapa saat Anda menstruasi Anda jadi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 4 Fakta tentang Keringat

Wartakesehatan.com -Semua orang pasti mengeluarkan keringat. Keringat bisa juga menjadi tanda dari beragam gangguan..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Gejala jika Tubuh Kekurangan Kalium

Wartakesehatan - Kalium merupakan salah satu elektrolit yang paling penting dalam tubuh. Kalium bermanfaat untuk..

+Indeks