Cegah Stroke dengan Cara yang Efektif

Oleh : Dirk/kompas | Selasa, 06 September 2016 | 10:06 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Stroke adalah penyakit yang sudah lama dikenal yang sering dianggap sebagai penyakit orang tua, walau tak jarang beberapa kasus menunjukan anak muda juga bisa mengalami stroke. Setiap tahunnya ada sekitar 152.000 kasus stroke baru terjadi di Inggris, namun sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa 138.000 kasus sebenarnya dapat dihindari.

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari McMaster University di Kanada menunjukkan 9 dari 10 kasus stroke dapat dihindari, yang akan menciptakan penghematan besar bagi pasien serta meningkatkan kesehatan masyarakat global.

Pada tahun 2010, di Amerika sendiri ada 700.000 kasus stroke baru terjadi setiap tahun dan menjadi pembunuh nomor 3 di dunia.

Penderita stroke memerlukan pengobatan jangka panjang dengan biaya yang cukup besar. Belum lagi, penderita stroke memiliki keterbatasan dalam beraktivitas.

Langkah-langkah pencegahan ini juga bisa menyelamatkan nyawa sekitar 48.000 orang setiap tahunnya, papar peneliti. Angka itu berlaku di Inggris, bila diterapkan di seluruh dunia, maka akan ada ratusan ribu orang yang terhindar dari stroke setiap tahun.

Penelitian yang diterbitkan di The Lancet tersebut telah menganalisa 27.000 korban stroke global dan membandingkan gaya hidup mereka dengan orang-orang yang sehat.

Peneliti mengungkapkan, bahwa 91 persen dari semua stroke dapat dihindari jika orang-orang menghentikan kebiasaan yang dapat memicu tekanan darah tinggi atau hipertensi, jarang bergerak, serta pola makan buruk.

hipertensi sendiri menjadi penyebab terbesar terjadinya stroke, yang meningkatkan risiko stroke sebesar 47,9 persen. Lalu diikuti dengan kurangnya aktivitas fisik yang meningkatkan risiko stroke sebesar 23,3 persen. Dan peringkat ketiga ialah pola makan buruk yang meningkatkan risiko sebesar 18,6 persen.

Selain itu, mengurangi kebiasaan merokok dan minum alkohol pun turut andil. Merokok meningkatkan kemungkinan stroke sebesar 12,4 persen dan alkohol sebesar 5,8 persen.

Merokok dan minum alkohol sendiri dinilai menjadi 2 penyumbang terbesar seseorang mengalami hipertensi setelah faktor genetik dan makanan tak sehat.




Fokus : Stroke


#Stroke
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 17 jam yang lalu

Kentang Ampuh Cegah Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Kentang sudah menjadi makanan yang populer di berbagai negara bahkan mereka menggunakannya untuk..
Obat & Penyakit - 18 jam yang lalu

Waspada, Flu Rentan Menyerang karena Kurang Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur adalah hal yang selalu dilakukan manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran.  Salah..
Mamin - 19 jam yang lalu

Tingkatkan Sistem Pencernaan Rutin Konsumsi Buah Sirsak

Wartaksehatan - Buah sirsak mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat hal ini karena buah sirsak sangat mudah..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Hilangkan Stres dengan Bermain Trampolin

Wartakesehatan - Trampolin adalah salah satu olahraga yang sangat menyenangkan, bagaimana tidak olahraga ini diibaratkan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Menambah Tidur di Akhir Pekan Memberi Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Kurang tidur, sudah bukan rahasia lagi, bisa memicu ragam efek negatif pada kesehatan tubuh, terutama..
1 hari yang lalu

Gangguan Makan Berpotensi Memberikan Efek Samping

Wartakesehatan.com - Gangguan makan didefinisikan sebagai upaya mengurangi asupan makan demi mengurangi berat badan. Beberapa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ini Dia Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Mata

Wartakesehatan.com - Banyak manfaat yang didapatkan tubuh dari menjalankan ibadah Puasa Ramadan. Salah satunya adalah..
2 hari yang lalu

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatab.com -Tidur dengan terlentang memang membuat nyaman karena perut berada di atas, jadi mom tidak perlu merasa..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Kebiasaan Ini Dapat Mengakibatkan Depresi

Wartakeswhatan.com - Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan depresi, antara lain gangguan fisik dan gangguan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Gangguan Kesehatan yang Sering Ditemui Saat Bulan Puasa

Wartakesehatan.com - Berdasarkan studi yang dilaporkan oleh Gulf News, puasa dapat membantu pembakaran lemak jahat di dalam..

+Indeks