RS Premier Jatinegara dan Bintaro Selenggarakan Edukasi Soal Tulang

Oleh : Irawan Mohamad | Jumat, 26 Agustus 2016 | 08:56 WIB



Wartakesehatan.com – Permasalahan tulang belakang selama ini menurut banyak orang hanya diderita oleh mereka yang telah berusia senja. Namun, anggapan tersebut ternyata salah, karena permasalahan tulang bukan hanya milik mereka yang telah memasuki usia senja saja, anak-anakpun pada usia pertumbuhan perlu perhatian dengan pertumbuhan tulangnya.

Rumah Sakit Premier Jatinegara dan Rumah Sakit Premier Bintaro untuk kesekian kalinya kembali menggelar acara media gathering yang merupakan acara rutin yang diselenggarakan setiap 3 bulan sekali. Selain untuk mempererat tali silaturahmi ajang ini juga untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan seputar masalah kesehatan dan perkembangan terkini dalam bidang kedokteran.

Sebagai rumah sakit yang memberikan layanan untuk kasus pada tulang, baik pada anak-anak maupun tulang belakang, RS Premier Jatinegara dan Bintaro mengedukasi tentang Orthopedic update in surgery sebagai pembicara dokter spesialis ortopedi anak Dr. dr. Aryadi Kurniawan SwOT dari Rumah Sakit Premier Jatinegara dan dr. Harmantya Mahadhipta dari Rumah Sakit Premier Bintaro.

Dr. dr. Aryadi Kurniawan, mengatakan kelainan bawaan kaki anak yang paling sering ditemukan adalah Congenital Talipes equino-varus (CTEV) atau luput, dimana telapak kaki anak menghadap ke dalam dan ke bawah menyerupai stick golf Club, yang apabila tidak ditangani secara tepat maka pasien dengan kelainan itu akan mengalami kesulitan dalam berjalan dan pada akhirnya akan mengakibatkan penurunan produktivitas dan kualitas hidup yang signifikan.

“Saat ini yang diterima di hampir seluruh dunia untuk mengatasi CTEV adalah dengan memakai metode ponseti yang diakui oleh WHO dengan angka keberhasilan hingga 98%. Apabila dikerjakan oleh tenaga ahli yang terampil dan sedini mungkin metode tersebut dapat dilakukan di Rumah Sakit Premier Jatinegara dengan dukungan fasilitas yang sangat memadai. Untuk tindakan tersebut pelayanan ortopedi anak merupakan salah satu layanan unggulan yang ditawarkan oleh rumah sakit Premier Jatinegara yang telah berdiri sejak tahun 1989,” ungkap Dr. Aryadi.

Sementara itu, terkait dengan permasalahan tulang belakang, dr. Harmantya Mahadhipta, mengatakan seiring kemajuan teknologi untuk menangani permasalahan tulang belakang seperti yang telah disebutkan sebelumnya telah dikenal teknik pembedahan Minimal Invasif Spine Surgery. Dengan cara ini pembedahan dapat dilakukan tanpa harus membuka jaringan otot di Rumah Sakit Premier Bintaro, dimana teknik pembedahan ini sudah dilakukan sejak tahun 2001.

“Teknik Miss digunakan untuk operasi tulang belakang yang patah operasi ini menggunakan jarum khusus yang dimasukkan ke dalam tulang. Setelah itu tulang yang patah di Semen seiring dengan perkembangan zaman digunakanlah alat endoskopi yang bernama 100 kopi spine surgery seiring dengan perkembangan zaman digunakanlah alat endoskopi. Cara ini memiliki tingkat keberhasilan mencapai angka 90 sampai 98%. Demikian pula jika dilihat dari segi keamanan operasi yang terbilang cukup aman karena tidak dilakukan pembukaan otot-otot tulang belakang,” pungkas dr. Harmantya.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Buah dan Sayuran Mentah Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

Wartakesehatan.com - Bukan hanya menunjang kesehatan tubuh, buah dan sayurpun dapat memberi manfaat kesehatan untuk mental..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ubi Ungu Cocok untuk Diet dan Penderita Diabetes

Wartakesehatan.com - Ubi jalar adalah sesuatu yang sudah familiar ditelinga masyarakat khususnya Indonesia. Hal ini karena ada..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Nutrisi Dalam Terong Membuatnya Banyak Manfaat

Wartakesehatan.com - Secara teknis terong sebenarnya adalah buah-buahan karena tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Makanan Kaya Serat untuk Menjaga Berat Badan

Wartakesehatan.com - Dengan bertambahnya umur, maka tak mustahil kalau lemak mulai memenuhi perut dan membuat tubuh terlihat..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Hindari Hal Kecil Ini Agar Jantung Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Secara garis besar, faktor resiko penyakit jantung dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu faktor..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Kopi dan Teh Mana yang Baik?

Wartakesehatan.com - Kopi dan Teh adalah minuman yang di gemari masyarakat.  Nutrisionis dari Pritikin Longevity..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Tips yang Mampu Mencerahkan Puting Payudara

Wartakesehatan.com - Banyak cara yang perempuan lakukan agar penampilan mereka menjadi “sempurna”. Sekalipun bukan..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Hidup Lebih Sehat dan Berat Badan Bisa Turun

Wartakesehatan.com - Konsisten adalah hal tersulit, baik untuk memperbaiki pola makan, atau berolahraga teratur. Akan lebih..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Ini Tanda Saat Tubuh Anda Alami Penurunan Zat Besi

Wartakesehatan.com - Wanita ternyata lebih rentan terhadap kekurangan zat besi. Apalagi disaat wanita mengalami menstruasi dan..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Minuman Ini Memiliki Manfaat yang Sama Dengan Kopi

Wartakesehatan.com - Tak sekadar minuman biasa, menurut penelitian, kopi dapat membantu mencegah kemunculan penyakit saraf..

+Indeks