RS Premier Jatinegara dan Bintaro Selenggarakan Edukasi Soal Tulang

Oleh : Irawan Mohamad | Jumat, 26 Agustus 2016 | 08:56 WIB



BACA JUGA :

    Wartakesehatan.com – Permasalahan tulang belakang selama ini menurut banyak orang hanya diderita oleh mereka yang telah berusia senja. Namun, anggapan tersebut ternyata salah, karena permasalahan tulang bukan hanya milik mereka yang telah memasuki usia senja saja, anak-anakpun pada usia pertumbuhan perlu perhatian dengan pertumbuhan tulangnya.

    Rumah Sakit Premier Jatinegara dan Rumah Sakit Premier Bintaro untuk kesekian kalinya kembali menggelar acara media gathering yang merupakan acara rutin yang diselenggarakan setiap 3 bulan sekali. Selain untuk mempererat tali silaturahmi ajang ini juga untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan seputar masalah kesehatan dan perkembangan terkini dalam bidang kedokteran.

    Sebagai rumah sakit yang memberikan layanan untuk kasus pada tulang, baik pada anak-anak maupun tulang belakang, RS Premier Jatinegara dan Bintaro mengedukasi tentang Orthopedic update in surgery sebagai pembicara dokter spesialis ortopedi anak Dr. dr. Aryadi Kurniawan SwOT dari Rumah Sakit Premier Jatinegara dan dr. Harmantya Mahadhipta dari Rumah Sakit Premier Bintaro.

    Dr. dr. Aryadi Kurniawan, mengatakan kelainan bawaan kaki anak yang paling sering ditemukan adalah Congenital Talipes equino-varus (CTEV) atau luput, dimana telapak kaki anak menghadap ke dalam dan ke bawah menyerupai stick golf Club, yang apabila tidak ditangani secara tepat maka pasien dengan kelainan itu akan mengalami kesulitan dalam berjalan dan pada akhirnya akan mengakibatkan penurunan produktivitas dan kualitas hidup yang signifikan.

    “Saat ini yang diterima di hampir seluruh dunia untuk mengatasi CTEV adalah dengan memakai metode ponseti yang diakui oleh WHO dengan angka keberhasilan hingga 98%. Apabila dikerjakan oleh tenaga ahli yang terampil dan sedini mungkin metode tersebut dapat dilakukan di Rumah Sakit Premier Jatinegara dengan dukungan fasilitas yang sangat memadai. Untuk tindakan tersebut pelayanan ortopedi anak merupakan salah satu layanan unggulan yang ditawarkan oleh rumah sakit Premier Jatinegara yang telah berdiri sejak tahun 1989,” ungkap Dr. Aryadi.

    Sementara itu, terkait dengan permasalahan tulang belakang, dr. Harmantya Mahadhipta, mengatakan seiring kemajuan teknologi untuk menangani permasalahan tulang belakang seperti yang telah disebutkan sebelumnya telah dikenal teknik pembedahan Minimal Invasif Spine Surgery. Dengan cara ini pembedahan dapat dilakukan tanpa harus membuka jaringan otot di Rumah Sakit Premier Bintaro, dimana teknik pembedahan ini sudah dilakukan sejak tahun 2001.

    “Teknik Miss digunakan untuk operasi tulang belakang yang patah operasi ini menggunakan jarum khusus yang dimasukkan ke dalam tulang. Setelah itu tulang yang patah di Semen seiring dengan perkembangan zaman digunakanlah alat endoskopi yang bernama 100 kopi spine surgery seiring dengan perkembangan zaman digunakanlah alat endoskopi. Cara ini memiliki tingkat keberhasilan mencapai angka 90 sampai 98%. Demikian pula jika dilihat dari segi keamanan operasi yang terbilang cukup aman karena tidak dilakukan pembukaan otot-otot tulang belakang,” pungkas dr. Harmantya.




    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

       Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
      Alkes & Lab - 1 minggu yang lalu

      Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

      Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

      Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

        Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
      Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

      Menkes: Masyarakat Jangan Ragu untuk Konsumsi OMAI

      Jakarta - Tak pernah bosan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengimbau agar masyarakat tak perlu ragu untuk..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

      Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

      Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

      Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
      Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

      New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

      JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
      Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

      Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

      JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..

      +Indeks