Find us on:

Stem Cell Cara Pengobatan Baru di RS Mandara Bali

Oleh : antara | Senin, 12 September 2016 | 11:43 WIB



BACA JUGA :

    Wartakesehatan.com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengharapkan teknologi "stem cell" atau pengobatan melalui pengambilan dan pengembangbiakan sel-sel bagian tubuh yang sehat dapat menjadi salah satu metode terapi di Rumah Sakit Bali Mandara.

    "Saya kira stem cell ini tren baru dalam dunia pengobatan yang sangat bagus walaupun belum diakui secara resmi, dan apabila sudah diakui kemungkinan bisa mengancam pabrik obat, itu yang menjadi masalah," kata Pastika saat berorasi pada Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja (PB3AS), di Denpasar, Minggu.

    Menurut dia, jumlah obat-obatan saat ini sekitar 30 ribu, jika stem cell diakui maka akan hanya ada sekitar 40 macam obat saja, dan tentu saja banyak pabrik obat yang akan tutup. Hal itu yang didengarnya masih menjadi perdebatan. Namun, kalau ini bisa bermanfaat bagi kesehatan, tentu sangat luar biasa.

    Pastika menambahkan, sel yang baik untuk dimanfaatkan dalam terapi ini adalah yang berasal dari ari-ari atau plasenta, dan ini jika dilihat dari keyakinan di Bali memiliki korelasi dengan konsep kepercayaan Kanda Pat, karena setiap manusia yang lahir dipercaya dijaga oleh empat saudaranya yang terdapat dalam ari-ari.

    "Kepercayaan di Bali yang masih dipelajari dan diterapkan sampai saat ini yakni kepercayaan Kanda Pat yang melindungi kita yang berada dalam ari-ari, ternyata ini bukan kepercayaan spiritual semata, ternyata ada penjelasan ilmiahnya juga dalam terapi tersebut, dan mungkin ada daya magis juga," ujarnya.

    Dalam terapi "stem cell" bagian sel-sel tubuh yang sehat yang digunakan seperti sumsum tulang belakang maupun plasenta. Terapi ini pada saat sekarang jadi alternatif pengobatan penyakit kronis seperti jantung, kanker dan diabetes, bahkan bagi kecantikan.

    Pastika berharap hal tersebut agar didiskusikan lebih lanjut oleh para ahli kesehatan di Pulau Dewata, kemudian dapat diterapkan di RS Bali Mandara yang merupakan rumah sakit daerah berstandar internasional yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan.

    Mantan Kapolda Bali ini pun menanggapi informasi tentang penghasilan profesi perawat swasta yang di bawah standar upah minimum regional (UMR).

    Baginya hal tersebut merupakan permasalahan serius, melihat begitu besarnya peran pekerja kesehatan seperti dokter, perawat dan bidan, yang sewajarnya mendapatkan penghasilan yang setara.

    Apalagi ketika melihat begitu besarnya biaya yang harus dikeluarkan saat para penyandang profesi tersebut menempuh pendidikannya




    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

      Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
      Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

      Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

      Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
      Liputan Khusus - 2 minggu yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
      3 minggu yang lalu

      Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

      Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
      Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

      UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

      Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
      Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
      Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

      Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

      Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
      Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

      Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

      Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

      +Indeks