Tip Sederhana Biar Daging Sapi Atau Kambing Tidak Alot

Oleh : ibrahim romending | Selasa, 13 September 2016 | 06:00 WIB



Wartakesehatan.com - Masuk musim Qurban, daging olahan semakin banyak dijumpai masyarakat. Sate yang enak dan nikmat pastinya tidak alot saat dikunyah, serta bumbunya meresap di daging yang empuk. Ada beberapa bagian daging sapi dan kambing yang memang pas untuk diolah menjadi sate, namun bila mendapat pembagian saat Hari Raya Idul Qurban pastinya Anda tak bisa memilih bagian yang empuk saja.

Nah, untuk mensiasati daging sapi atau kambing yang hendak diolah menjadi sate tersebut, Anda bisa menerapkan beberapa cara mudah berikut ini untuk membuatnya empuk, walau berasal dari bagian daging yang agak keras. Berikut ini beberapa trik dan caranya:

Iris tipis dan kecil

Bagian daging sapi dan kambing yang berotot akan agak alot bila dimasak. Namun kealotan itu dapat dikurangi dengan cara memotongnya dengan irisan tipis dan kecil. Setelah itu, Anda bisa memukul-mukul dengan memakai pemukul daging hingga serat ototnya lemas.

Potong berlawanan arah

Teknik memotong daging yang benar juga perlu untuk semua olahan daging, tidak hanya untuk sate saja. Sebaiknya Anda lihat arah serat daging, lalu memotongnya berlawanan arah. Itu akan membuat daging lebih mudah empuk, dan mudah digigit.

Rendam parutan nanas

Nah, ini pun cara yang pas untuk membuat daging menjadi empuk, sebab ada enzim bromelain pada nanas yang membuat serat daging lemas.

Daun pepaya

Jika Anda tidak suka dengan parutan nanas, gunakan remasan daun pepaya untuk membungkus daging yang sudah dipotong-potong. Biarkan terbungkus selama 10 menit, buang daunnya, lalu olah seperti biasa menjadi sate.

 

Sumber : Sidomi.com

 

 

 




Fokus : Daging Olahan


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Membantu Menurunkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Praktik puasa telah dijalankan umat Islam sejak zaman dulu hingga saat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Jangan Abaikan ! Ini Awal Tanda Munculnya Gejala Stroke

Wartakesehatan.com - Stroke sendiri merupakan kondisi akibat aliran darah yang tidak lancar ke otak, akibatnya pembuluh di otak..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ini Dia Tips Jaga Kesehatan Bulu Mata Anda

Wartakesehatan.com - Apakah kamu sendiri sudah menyempatkan diri untuk berfokus pada kesehatan bulu mata? Berbagai cara untuk..
1 hari yang lalu

Benarkah Suhu Dingin Sebabkan Flu ?

Wartakesehatan.com - Hasil studi dari pertengahan abad ke-20 yang ditemukan oleh metode ilmiah modern, menunjukkan beberapa hal..
3 hari yang lalu

Kebiasaan Mandi yang dapat Merugikan Anda

Wartakesehatan.com - Ada kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang saat mandi ternyata merugikan untuk..
3 hari yang lalu

Kulit Semangka Beri Manfaat Kesehatan untuk Anda

Wartakesehatan.com - Manfaat buah semangka terletak pada kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh, seperti..
3 hari yang lalu

Jangan Jadikan Puasa untuk Bermalas-Malasan

Wartakesehatan.com - Saat puasa tubuh memang jadi lebih lemas, namun kamu tak boleh malas Ladies. Kamu wajib menjaga gaya hidup..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tidur Siang Bikin Otak Jenius

Wartakesehatan.com - Mungkin sebagian orang belum mengetahui manfaat tidur siang, bahkan mereka lebih memilih melakukan..
3 hari yang lalu

7 Menu Buka Puasa Terbaik Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Puasa sendiri merupakan kegiatan menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari terbit..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Penyebab Tubuh Lemas Saat Puasa

Wartakesehatan - Guna menghindari lemah dan lesu ketika menjalankan puasa, dr Mohammad Ali Toha selaku Direktur Utama..

+Indeks