Cek Mata secara Rutin sangat Penting

Oleh : Dirk/Metro | Rabu, 13 Juni 2018 | 15:30 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Optometry and Vision Science mengungkapkan bahwa banyak orang tak menyadari mereka mengalami masalah penglihatan.

Para peneliti menemukan bahwa 58 persen orang dengan gejala penglihatan tak diketahui, setidaknya menemukan satu perubahan signifikan saat berkunjung secara rutin ke dokter mata.

BACA JUGAMelihat Ponsel dalam Gelap Bisa Sebabkan Kebutaan SementaraWaspadai Glaukoma, Si 'Pencuri' PenglihatanKetahui Katarak Secara Menyeluruh
Brandconnect
Mengenal Lebih Dekat Perpustakaan Nasional RI Dalam sebagian besar kasus, diagnosa yang diberikan relatif kecil seperti kebutuhan untuk penggunaan kacamata atau lensa kontak dan resep baru.

Namun, menggunakan resep lama adalah sesuatu yang berbahaya bagi mata karena bisa menyebabkan kelelahan mata, sakit kepala, dan pusing.

Menurut pemimpin peneliti Elizabeth Irving, Ph.D., profesor optometri dan ilmu visi di Universitas Waterloo, bisa terjadi diorientasi yang membahayakan saat gejala tersebut muncul.

Selain itu, para peneliti menambahkan, 14 persen dari perubahan tersebut diklasifikasikan sebagai diagnosa kritis baru yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan, baik sebagian maupun seluruhnya.

Dan kebanyakan diagnosa tersebut adalah glaukoma.

Glaukoma adalah penyakit yang merusak saraf optik otak yang biasanya tak memiliki gejala. Ketika penglihatan terdistorsi atau penglihatan parsial mulai terpotong, hal itu akan muncul secara perlahan.

Ini artinya, Anda membutuhkan waktu untuk menyadarinya. Jika menunggu hal itu muncul untuk diperiksakan, kemungkinan pengobatan akan terlambat. Deteksi dini penyakit tersebut dapat memberikan pengobatan yang lebih baik.

Glaukoma biasanya diderita oleh mereka yang berusia di atas 60 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan segala usia untuk terkena, terutama bagi mereka yang memiliki gangguan kesehatan lain seperti diabetes, tekanan darah tinggi, atau menurun secara genetik.

Oleh karena itu, bicarakan dengan dokter kapan waktu kontrol mata yang tepat karena kondisi kesehatan tertentu dapat meningkatkan risiko masalah penglihatan.

"Namun, jika Anda merasa sehat, lakukan pemeriksaan matya rutin setiap 2 atau 3 tahun sekali untuk melindungi mata Anda," ujar Irving.

Segera kunjungi dokter mata bila Anda sudah merasa ada yang tak beres dengan penglihatan, seperti sakit mata, iritasi, penglihatan gandang, ada bintik hitam, terlalu silau, kesulitan membaca, dan mata lelah.




Fokus : Cek Mata


#Mata
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
3 hari yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks