Makanan Yang Dapat Menyehatkan Ginjal

Oleh : nurul kinanti/food.detik | Rabu, 14 September 2016 | 10:30 WIB


(ilustrasi)

Wartakesehatan.com - Menurut Center for Disease Control, 1 dari 10 orang Amerika mengidap penyakit ginjal kronis. Sedang penelitian menunjukkan bahwa pola makan berperan penting dalam perkembangan penyakit ginjal.

Alex Chang, MD dari Johns Hopkins University menemukan bahwa orang dengan ginjal normal tetapi menu makannya penuh makanan olahan, daging merah tidak sehat, sodium, dan makanan manis maka dapat berpotensi mengembangkan penyakit ginjal.

Dilansir dari naturalhealth365.com (9/9/16), berikut adalah makanan yang dapat menyehatkan ginjal dan baik dikonsumsi rutin.

1. Kol
Kol termasuk keluarga sayuran yang dapat membatu mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan kaya akan fitonutrien untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Kubis juga kaya akan serat dan vitamin C.

2. Bawang putih

Makanan ramah ginjal ini berfungsi sebagai pengganti yang baik untuk garam. Kurangi garam dan perkaya rasa hidangan dengan bawang putih. Tambahkan bawang putih dalam menu makan sebagai cara alami bantu kurangi peradangan dan risiko hipertensi .

3. Asparagus

Sayuran hijau menakjubkan ini telah dikenal dapat membantu mendukung fungsi ginjal yang sehat. Asparagus dapat bertindak sebagai pembersih ginjal alami dan dapat memecah asam urat penyebab batu ginjal. Asparagus tidak hanya baik untuk kesehatan ginjal, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh secara total.

4. Mentimun

Hampir 90% mentimun merupakan air, tapi itu bukan berarti mentimun tidak punya nutrisi. Mentimun kaya vitamin A , C , mineral , dan serat. Juga baik untuk makan penderita ginjal karena meningkatkan hidrasi.

Mentimun juga telah dikenal dapat membantu membersihkan tubuh dari kelebihan asam urat, penyebab batu ginjal, dan dapat membantu membersihkan ginjal. 

Perlu diingat, jika Anda menderita penyakit ginjal, cari solusi dari dokter sebelum mencoba makanan baru. Contoh, asupan kalium harus diawasi secara ketat untuk penderita ginjal berat.




#Ginjal
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 12 menit yang lalu

Mie Instan Sehat Dikonsumsi , Mungkinkah ?

Wartakesehatan.com - Hampir seluruh kalangan menggemari makanan yang satu ini karena dianggap praktis dan tidak memakan banyak..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Efek Samping Konsumsi Vitamin Berlebihan

Wartakesehatan.com - Jika mengonsumsinya secara berlebihan, maka bisa muncul keluhan. Misal, konsumsi vitamin C dosis tinggi..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Jangan Terlalu Sering Mengkonsumsi Suplemen

Wartakesehatan.com - Terutama saat menjalani ibadah puasa seperti sekarang, kita perlu mengkonsumsi suplemen. Jika..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Tips Sehat Jaga dan Turunkan Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Tingginya kadar kolesterol dalam aliran darah dapat memblokir pembuluh darah dan meningkatkan..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Cara Sehat Agar Tidur Nyenyak

Wartakesehatan.com - Bagi sebagian orang tidur tak semudah yang dibayangkan. Ada kalanya, sudah 10 menit, 20 menit, bahkan..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Menangis Memiliki 5 Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Sering menangis tidaklah selalu identik dengan cengeng, memiliki mental lemah dan..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Air Dingin dan Air Hangat

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa ahli gizi, air hangat bermanfaat dalam memudahkan proses pencernaan, sementara air dingin..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Makan Kulit Ayam Goreng untuk Buka Puasa? Sehat atau Ngga

Wartakesehatan.com - Meski rasanya sangat enak, sebetulnya sehat atau tidak makan kulit ayam goreng untuk buka puasa? Dikutip..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Konsumsi Yoghurt Dapat Meredakan nyeri PMS

Wartakesehatan.com - Kandungan probiotiknya memberi keuntungan bagi kesehatan pencernaan, begitu juga dengan kalsium dan..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Inilah Manfaat Angkat Beban Bagi Otak

Wartakesehatan.com - Studi terbaru menunjukkan bahwa salah satu latihan yang paling bermanfaat yang dapat dilakukan untuk..

+Indeks