Atasi Sembelit dengan Elektroakupunktur

Oleh : Dirk/Metro | Kamis, 28 Juni 2018 | 12:42 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Akupunktur merupakan pengobatan tradisional Tiongkok yang memiliki manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya sembelit kronis.

Hal tersebut juga diungkapkan dalam penelitian yang dilakukan belum lama ini. Namun, jenis yang diaplikasikan adalah akupunktur modern, dikenal dengan elektroakupunktur.

Akupunktur ini melibatkan stimulasi listrik. Partisipan yang diteliti tercatat mengalami peningkatan kualitas kesehatan setelah delapan minggu menjalani terapi ini.

"Elektroakupunktur menggunakan jarum tipis yang ditancapkan ke bawah kulit di lapisan otot dinding perut. Benda tersebut kemudian akan mengirimkan energi listrik ke dalam tubuh." jelas peneliti seperti dikutip Web MD.

Penelitian melibatkan pasien sembelit kronis, yang kesulitan buang air besar (BAB). Salah satu cirinya, tidak BAB lebih dari dua kali dalam seminggu.

BAB dikategorikan normal jika terjadi 3 kali dalam sehari, atau 3 kali dalam seminggu.

Setelah menjalani terapi ini, 31 persen pasien berhasil meningkatkan frekuensi BAB menjadi lebih dari tiga kali dalam seminggu. Hanya 12 persen pasien yang menerima terapi ini, yang berhasil BAB setiap hari.

"Kami cukup terkejut dengan hasil penelitiaan ini," kata Dr Jia (Marie) Liu dari China Academy of Chinese Medical Science di Beijing, penulis studi tersebut.

Perlu dicatat, terapi ini tidak langsung bekerja. Pada partisipan, butuh waktu delapan minggu untuk melihat efek positif dari terapi tersebut.

Dr Daniel Hsu, pakar akupunktur di New York City menjelaskan, akupunktur--baik tradisional maupun dengan simulasi listrik--bekerja dengan dua cara.


"Akupunktur membuat tubuh melepaskan penghilang rasa sakit secara alami. dan membantu tubuh menenangkan sistem saraf," jelasnya.

Stres tertentu dapat memengaruhi pencernaan, dan mengakibatkan sembelit. Akupunktur membantu menormalkan kembali kerja organ tubuh.

Kelemahan akupunktur adalah hasilnya yang lama, sehingga pasien harus menjalani terapi selama berminggu-minggu. Ada kalanya, hal ini membuat pasien bosan dan tidak mau melanjutkan terapi.




Fokus : Elektroakupunktur


#Elektroakupunktur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 20 menit yang lalu

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Wartakesehatan.com - Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa kenyang walaupun belum makan, dan biasanya juga..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Banyak Hutang awas Dampaknya bagi Kesehatan!

Wartakesehatan.com - Mungkin besarnya utang sudah selalu dihubungkan dengan efek buruk bagi kesehatan. Beberapa ancaman..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ketahui, 10 Kategori Mimpi Basah

Wartakesehatan.com - Mimpi basah atau dalam bahasa medis disebut emisi nokturnal adalah peristiwa alami yang dialami pria...
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

5 Manfaat Belimbing bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Belimbing merupakan..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

5 Tips Mencegah Ganasnya Diabetes

Wartakesehatan.com - Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi...
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Alasan Mengapa Kita Gampang Kehilangan Energi

Wartakesehatan.com - Banyak diantara kita yang sering kehilangan energi meski masih pagi hari. Biasanya tiba-tiba merasa..
Mamin - 6 jam yang lalu

Waspada, Daging Merah pengaruhi Raut Wajah

Wartakesehatan - Hampir setiap makanan seperti hamburger, steak atau jenis-jenis kuliner berbahan dasar daging sapi atau..
Mamin - 7 jam yang lalu

Ingin Anak Bertumbuh dengan Sehat berikan Makanan Bernutrisi

Wartakesehatan - Anak adalah salah satu pemberian Tuhan yang paling mulia oleh sebab itu kita harus menjaga dan mendidik dengan..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Kenali Gangguan Jantung dan Tanda-tandanya!

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri beberapa orang percaya bahwa serangan jantung adalah penyakit yang menghantui orang tua,..
Tekhnologi - 20 jam yang lalu

Rokok Elektrik Membahayakan Kesehatan Gigi

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rokok elektrik dapat membahayakan kesehatan gigi dan gusi..

+Indeks