Atasi Sembelit dengan Elektroakupunktur

Oleh : Dirk/Metro | Kamis, 28 Juni 2018 | 12:42 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Akupunktur merupakan pengobatan tradisional Tiongkok yang memiliki manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya sembelit kronis.

Hal tersebut juga diungkapkan dalam penelitian yang dilakukan belum lama ini. Namun, jenis yang diaplikasikan adalah akupunktur modern, dikenal dengan elektroakupunktur.

Akupunktur ini melibatkan stimulasi listrik. Partisipan yang diteliti tercatat mengalami peningkatan kualitas kesehatan setelah delapan minggu menjalani terapi ini.

"Elektroakupunktur menggunakan jarum tipis yang ditancapkan ke bawah kulit di lapisan otot dinding perut. Benda tersebut kemudian akan mengirimkan energi listrik ke dalam tubuh." jelas peneliti seperti dikutip Web MD.

Penelitian melibatkan pasien sembelit kronis, yang kesulitan buang air besar (BAB). Salah satu cirinya, tidak BAB lebih dari dua kali dalam seminggu.

BAB dikategorikan normal jika terjadi 3 kali dalam sehari, atau 3 kali dalam seminggu.

Setelah menjalani terapi ini, 31 persen pasien berhasil meningkatkan frekuensi BAB menjadi lebih dari tiga kali dalam seminggu. Hanya 12 persen pasien yang menerima terapi ini, yang berhasil BAB setiap hari.

"Kami cukup terkejut dengan hasil penelitiaan ini," kata Dr Jia (Marie) Liu dari China Academy of Chinese Medical Science di Beijing, penulis studi tersebut.

Perlu dicatat, terapi ini tidak langsung bekerja. Pada partisipan, butuh waktu delapan minggu untuk melihat efek positif dari terapi tersebut.

Dr Daniel Hsu, pakar akupunktur di New York City menjelaskan, akupunktur--baik tradisional maupun dengan simulasi listrik--bekerja dengan dua cara.


"Akupunktur membuat tubuh melepaskan penghilang rasa sakit secara alami. dan membantu tubuh menenangkan sistem saraf," jelasnya.

Stres tertentu dapat memengaruhi pencernaan, dan mengakibatkan sembelit. Akupunktur membantu menormalkan kembali kerja organ tubuh.

Kelemahan akupunktur adalah hasilnya yang lama, sehingga pasien harus menjalani terapi selama berminggu-minggu. Ada kalanya, hal ini membuat pasien bosan dan tidak mau melanjutkan terapi.




Fokus : Elektroakupunktur


#Elektroakupunktur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 20 menit yang lalu

Konsumsi Probiotik bisa Redakan Stres

Wartakesehatan - Mungkin jika berbicara tentang probiotik masih banyak orang awam yang belum mengetahui akan hal ini. Padahal..
17 jam yang lalu

Tersenyum bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa penelitian dan analisis yang dilakukan oleh para dokter dan peneliti, sering..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Pentingnya Hindari Gaya Hidup Tak Sehat

Wartakesehatan.com - Ada jutaan orang di seluruh dunia yang memiliki gaya hidup buruk dan hanya sedikit yang menyadari..
Mamin - 19 jam yang lalu

Inilah Tujuh Efek Samping Konsumsi Junk Food

Wartakesehatan.com - Menurut Jim White, RD, pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios di Virginia Beach, makanan..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

3 Waktu yang Kurang Tepat untuk Mandi

Wartakesehatan.com - Menurut rumus kesehatan, ada tiga waktu yang nggak disarankan buat mandi. Pada waktu-waktu tersebut,..
Mamin - 21 jam yang lalu

Rutin Minum Teh Hijau Setiap Hari, Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - satu dari sekian banyak alasan semakin banyak orang memasukkan teh hijau ke dalam menu konsumsi..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Inilah Manfaat Lari Bagi Tubuh Anda

Wartakesehaan.com - Olahraga lari tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Lari memiliki banyak..
Mamin - 23 jam yang lalu

Konsumsi Pare bisa Meredakan Jerawat

Wartakesehatan.com - Pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kualitas Tidur Perlu Dijaga, Ini Alasannya

Wartakesehatan.com - Menjaga kualitas tidur memang perlu diperhatikan. Karena jika kita tidak tidur dalam waktu sehari..
1 hari yang lalu

Jus Ceri Mampu Mengatasi Masalah Susah Tidur

Wartakesehatan.com - Peneliti dari Louisiana State University, AS, menemukan bahwa setelah mengonsumsi jus Ceri selama dua..

+Indeks