Waspada, Debu dalam Rumah Mengandung Racun Berbahaya

Oleh : Dirk/kompas | Rabu, 14 Agustus 2019 | 18:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Tahukah anda? bahwa ternyata debu didalam rumah mengandung sejumlah bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Bahan kimia berbahaya ditemukan di perabot rumah tangga, menurut sebuah studi baru.

Para peneliti menganalisa informasi dari 26 studi sebelumnya yang mencakup data sampel debu yang dikumpulkan dari banyak rumah di 14 negara bagian AS.

Hasil penelitian menunjukkan, 45 bahan kimia yang berasal dari produk rumah tangga, seperti vinil lantai, furniture, produk pembersih, parfum, dan bahkan kotak pizza, ditemukan dalam debu.

Hal tersebut karena debu-debu dapat dengan mudah menyerap bahan kimia. Terlebih lagi, 10 bahan kimia berbahaya hadir di 90 persen sampel debu rumah tangga, yang menunjukkan bahwa banyak orang yang terkena zat ini, kata para peneliti.

Banyak bahan kimia tersebut yang telah dikaitkan dengan bahaya kesehatan, seperti gangguan hormon, masalah kesuburan dan kanker, kata para peneliti.

Anak-anak cenderung berisiko lebih tinggi untuk terpapar bahan kimia dari debu, karena anak-anak sering merangkak atau bermain di lantai dan meletakkan tangan mereka di mulut mereka, kata para peneliti.

"Temuan menunjukkan bahwa orang-orang, dan terutama anak-anak, setiap hari terpapar bahan kimia dalam debu yang terkait dengan masalah kesehatan yang serius," kata rekan penulis studi Ami Zota, asisten profesor kesehatan lingkungan di George Washington University Milken Institute School of Public Health di Washington DC.

Bahan kimia tingkat tertinggi yang ditemukan dalam debu adalah phthalates, diikuti oleh fenol, flame retardants, wewangian dan bahan kimia fluorinated.

"Kondisi ini tentu menjadi perhatian," kata Dr Kenneth Spaeth, kepala Occupational and Environmental Medicine di Northwell Health Great Neck, New York, yang tidak terlibat dalam penelitian.

Namun, studi lebih lanjut diperlukan untuk menguji sejauh mana bahan kimia dalam debu dapat masuk dalam tubuh dan berkontribusi merugikan pada kesehatan, kata Spaeth.

Sangat sulit bagi konsumen untuk menghindari bahan kimia ini, karena banyak ditemukan di barang-barang umum, dan produsen seringkali tidak memasukkan zat tersebut pada label.

Tapi, masih ada cara mudah bagi orang untuk mengurangi eksposur terhadap bahan kimia dalam debu, yaitu sering mencuci tangan mereka, menggunakan vakum dengan HEPA (high-efficiency particulate arrestance) filter, bila mungkin, sering membuka jendela agar udara segar masuk ke rumah, kata Spaeth dalam studi yang diterbitkan di jurnal Environmental Science & Technology.




Fokus : Debu


#Rumah
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Seks - 9 jam yang lalu

Ini Dia 7 Tanda Mr P Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Tak sedikit wanita yang mengeluh kejantanan pria berkurang karena Mister P milik pria kesayangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kesehatan bisa Memburuk jika Kurang Tidur

Wartakesehatan.com - Dengan tidur di malam hari bisa membuat tubuh kembali bugar dan segar ketika bangun dipagi hari..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Wow, 5 Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri menangis tentu saja pernah dialami setiap orang bahkan sejak keluar dari rahim ibu..
Obat & Penyakit - 12 jam yang lalu

Waspada, Merokok picu Penyakit Demensia

Wartakesehatan - Selama ini banyak ahli yang mengaitkan bahaya merokok dapat berujung pada beberapa penyakit seperti..
Herbal - 13 jam yang lalu

Redakan Batuk Berat dengan Lemon

Wartakesehatan.com - Sebagaimana dikutip Solopos.com dari Sportonlinegroup, batuk berat bisa diredakan..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Waspada, Dampak Buruk Kerokan bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pernahkah Anda kerokan ketika sakit ? Tentunya pernah kan. Kerokan adalah pengobatan alternatif yang..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

8 Manfaat Minum Teh Kunyit

Wartakesehatan.com - Kunyit diklaim sebagai salah satu obat alami atau obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Hal..
Mamin - 16 jam yang lalu

5 Bahaya Keseringan Konsumsi Mie Instan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang gemar makan mie instan ,mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua. Mie instan..
Obat & Penyakit - 17 jam yang lalu

Menjadi Pilot Lebih Berisiko Alami Depresi

Wartakesehatan - Mungkin banyak anak kecil yang bercita-cita menjadi pilot karena kerennya membawa pesawat dan..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

4 Bahaya Tato bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tato bisa mengungkapkan memori yang ada di balik ukiran tubuh tersebut. Tato memang bisa menjadi..

+Indeks