Pasien Jantung Dianjurkan Melakukan Olahraga ini!

Oleh : Dirk/kompas | Sabtu, 24 September 2016 | 17:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Berolahraga yang teratur adalah salah satu cara menyembuhkan sejumlah penyakit. Sayangnya banyak orang yang mempunyai penyakit jantung takut melakukan olahraga. Sebenarnya bagi pasien jantung bisa berolahraga hanya saja tidak disarankan memilih olahraga yang terlalu berat.

Nah, agar tetap bisa berolahraga tanpa membahayakan kesehatan jantung, yang terpenting adalah selalu memantau denyut jantung.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Ismoyo Sunu mengungkapkan, untuk mengetahui denyut jantung yang aman saat berolahraga, rumusnya adalah 220 dikurangi usia pasien.

"Jadi 80 persen dari hasil yang dihitung itu adalah tanda nadinya sudah maksimal," papar Ismoyo.

Misalnya, usia Anda 40 tahun. Maka 220 dikurangi 40 hasilnya adalah 180. Kemudian 80 persen dari 180 adalah 144 atau artinya denyut nadi maksimal 144 kali per menit.

Jadi saat olahraga sebaiknya menggunakan alat monitor denyut jantung. Bisa juga dengan mengecek nadi di pergelangan tangan sebelum dan setelah olahraga.

Jika denyut nadi sudah mendekati 144 kali per menit, seharusnya mulai mengurangi intensitas olahraga dan beristirahat.

Ismoyo menjelaskan, olahraga memicu peningkatan tekanan darah. Pada pasien jantung, hal ini harus diwaspadai. "Olahraga punya batas toleransi. Pada pasien jantung olahraga sebaiknya yang terarah, terukur, dan teratur," kata Ismoyo.

Selain itu, disarankan untuk olahraga yang bersifat aerobik, seperti jalan kaki, lari, yoga, dan bersepeda santai yang dapat memicu pelepasan hormon endorfin. Bukan olahraga yang kompetitif seperti sepakbola, bulu tangkis, dan basket yang memicu hormon adrenalin dan justru bisa memperberat kerja jantung.

Olahraga bisa dilakukan rutin selama 30 menit dalam 3-5 kali seminggu. Tentunya, semua disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.




Fokus : Pasien Jantung


#Olahraga
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Buah dan Sayuran Mentah Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

Wartakesehatan.com - Bukan hanya menunjang kesehatan tubuh, buah dan sayurpun dapat memberi manfaat kesehatan untuk mental..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Ubi Ungu Cocok untuk Diet dan Penderita Diabetes

Wartakesehatan.com - Ubi jalar adalah sesuatu yang sudah familiar ditelinga masyarakat khususnya Indonesia. Hal ini karena ada..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Nutrisi Dalam Terong Membuatnya Banyak Manfaat

Wartakesehatan.com - Secara teknis terong sebenarnya adalah buah-buahan karena tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Makanan Kaya Serat untuk Menjaga Berat Badan

Wartakesehatan.com - Dengan bertambahnya umur, maka tak mustahil kalau lemak mulai memenuhi perut dan membuat tubuh terlihat..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Hindari Hal Kecil Ini Agar Jantung Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Secara garis besar, faktor resiko penyakit jantung dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu faktor..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Kopi dan Teh Mana yang Baik?

Wartakesehatan.com - Kopi dan Teh adalah minuman yang di gemari masyarakat.  Nutrisionis dari Pritikin Longevity..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Tips yang Mampu Mencerahkan Puting Payudara

Wartakesehatan.com - Banyak cara yang perempuan lakukan agar penampilan mereka menjadi “sempurna”. Sekalipun bukan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Hidup Lebih Sehat dan Berat Badan Bisa Turun

Wartakesehatan.com - Konsisten adalah hal tersulit, baik untuk memperbaiki pola makan, atau berolahraga teratur. Akan lebih..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Ini Tanda Saat Tubuh Anda Alami Penurunan Zat Besi

Wartakesehatan.com - Wanita ternyata lebih rentan terhadap kekurangan zat besi. Apalagi disaat wanita mengalami menstruasi dan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Minuman Ini Memiliki Manfaat yang Sama Dengan Kopi

Wartakesehatan.com - Tak sekadar minuman biasa, menurut penelitian, kopi dapat membantu mencegah kemunculan penyakit saraf..

+Indeks