Find us on:

Hati-hati, Jerawat Bisa Makin Parah Akibat 6 Kesalahan Ini

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Sabtu, 24 September 2016 | 20:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Kahadiran jerawat memang kerap kali menjadi musuh yang selalu membuat jengkel dan merusak penampilan. Apalagi saat jerawat muncul di titik-titik wajah yang menonjol, seperti hidung, pipi, dan dahi.

Terdapat banyak cara untuk menyingkirkan jerawat di wajah, namun masih banyak individu yang ternyata masih kurang memahami teknik dalam menyingkirkan jerawat. Salah langkah jerawat justru semakin parah.

Lalu apa saja kesalahannya?

Seperti dikutip laman Buslte, ditulis Sabtu (24/9/2016) berikut ini enam kesalahan saat mengusir jerawat yang penting untuk diketahui.

1. Terlalu sering cuci muka

Mencuci wajah lebih dari sekali dalam satu hari akan membuat kulit wajah semakin kering. Saat kulit mendadak kering, produksi minyak yang masuk ke pori-pori wajah akan semakin meningkat, bahkan menyumbat pori-pori dan menghasilkan jerawat.

2. Pengelupasan sel kulit mati berlebihan

Teknik ini memang dapat mengangkat seluruh sel kulit mati dan menyehatkan kulit, namun jika dilakukan lebih dari satu kali dalam seminggu akan berimbas buruk.

Terlalu sering melakukan perawatan ini akan menyebabkan bakteri menyebar ke seluruh wajah dan dapat menyebabkan iritasi kulit yang membuat semakin sensitif terhadap jerawat.

3. Memencet jerawat

Mungkin Anda tidak sabar dan gemas saat melihat jerawat menempel di wajah, namun jangan sekali-kali untuk memencetnya. Hal ini menyebabkan bakteri cepat tersebar dan memperparah jerawat.

Jika Anda ingin melakukannya, gunakanlah jarum steril dan tusuk jerawat dari arah samping menuju ke atas. Cara ini lebih efektif untuk menghindari bakteri pada jerawat masuk ke pori-pori kulit di sekitar jerawat, yang dapat menyebabkan jerawat tumbuh di area baru.

4. Mencampur beragam produk

Cobalah untuk konsisten menggunakan produk perawatan atau pengobatan jerawat yang tidak beragam. Terlalu banyak produk justru menyebabkan kulit semakin kering dan menumpuknya zat yang membuat kulit semakin bermasalah.

5. Gunakan tabir surya

Saat kulit wajah sedang berjerawat, usahakan untuk menggunakan tabir surya di seluruh permukaan kulit wajah agar kulit tetap terhidrasi dan bebas minyak. Sebab SPF pada tabir surya mengandung bahan yang membuat kulit kuat terhadap paparan sinar matahari, yang menjadi salah satu penyebab jerawat, khususnya pada kulit sensitif.

6. Produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit

Tidak semua kulit memiliki tipe yang sama dan hal ini menjadi salah satu penyebab jerawat semakin parah. Perhatikan kandungan dalam produk pengusir jerawat sebelum Anda menggunakannya.




Fokus : Jerawat


#Jerawat
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
Liputan Khusus - 2 minggu yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
3 minggu yang lalu

Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

+Indeks