Hati-hati, Indera Pendengaran Bisa Rusak Akibat Aktivitas Ini

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Kamis, 29 September 2016 | 23:59 WIB


IST

Wartakesehatan - Sebagian orang mungkin ada saja yang kerap tidak memperhatikan kesehatan telinga sebagai alat pendengaran. Padahal kesehatan organ pendengaran ini mudah mengalami masalah dan dapat berakibat serius. Beberapa masalah telinga bisa disebabkan oleh beberpa faktor kebiasaan, berikut beberapa kebiasaan yang tanpa disadari dapat merusak telinga.

Kebiasaan mengorek telinga
Mengorek telinga terlalu dalam dapat melukai gendang telinga dan berujung pada kerusakan pendengaran. Selain itu gendang telinga yang luka juga rentan terhadap infeksi dan cedera pendengaran lainnya. Untuk itu ada baiknya jika Anda berhati-hati dan lakukan secara benar saat membersihkan telinga.

Bekerja di lingkungan yang bising
Polusi suara dari lingkungan juga dapat merusak pendengaran. Oleh karena itu, bagi Anda yang bekerja di lingkungan yang bising sebaik lebih berhati-hati. Dan sangat dianjurkan untuk menggunakan peredam intensitas suara saat bekerja.

Berenang tanpa ear plug
Air yang kemungkinan masuk ke telinga saat berenang juga berpotensi merusak pendengaran. Karena, jika air terlalu dibiarkan berlama-lama di dalam, telinga akan menjadi tempat favorit jamur dan bakteri jahat untuk tumbuh. Jadi saat air masuk ke dalam telinga, segera keluarkan dengan cara menggerakan kepala dari satu sisi ke sisi lain.

Penggunaan headphone dan earphone
Semakin besar volume dan lamanya waktu menggunakan headphone atau earphone, membuat Anda berisiko mengalami gangguan pendengaran, baik bersifat sementara atau permanen. Sebagai solusinya, cukup setel volume suara yang tidak keras, sekitar 60 persen dari keseluruhan total volume, dan batasilah waktu penggunaanya.




Fokus : Pendengaran


#Pendengaran
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 2 hari yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 2 hari yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks