Penyakit Maag Sebaiknya Jangan Disepelekan!

Oleh : Venza/1health | Jumat, 07 Oktober 2016 | 21:33 WIB


IST

Wartakesehatan - Penyakit asam lambung atau yang sering disebut penyakit maag merupakan penyakit yang banyak diderita, terutama oleh orang yang memiliki kesibukan cukup padat. Namun, penyakit ini masih sering dianggap sebagai penyakit biasa dan sering disepelekan. Padahal, kadar asam lambung yang meningkat dapat mengakibatkan penyakit berbahaya yang dapat berakhir pada kematian.

Penyakit asam lambung, yang dalam istilah medis disebut Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) ini, disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju kerongkongan atau esofagus. Hal ini bisa terjadi lantaran fungsi lower esophageal sphincter (LES) tidak bekerja dengan baik. Umumnya akan menimbulkan rasa nyeri pada ulu hati dan bahkan sensasi terbakar di bagian dada.

LES merupakan lingkaran otot pada bagian bawah esofagus yang berfungsi sebagai 'pintu' otomatis, yang akan terbuka ketika makanan masuk dan menutup kembali saat makanan sudah masuk ke dalam lambung untuk mencegahnya naik ke atas kembali. Bila makanan sampai naik kembali, Anda akan merasakan ketidaknyamanan setelah mengonsumsi makanan. Selain itu mulut juga akan menjadi pahit dan Anda akan merasa mual.

Penyakit asam lambung dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lainnya seperti sinusitis, asma, erosi gigi, penyakit tenggorokan kronis, luka pada dinding esofagus hingga kanker esofagus.

Hal yang harus dihindari para penderita penyakit maag

Penyakit yang satu ini sering disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Seperti mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan dalam waktu singkat. Makanan berlemak memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga asam lambung akan diproduksi lebih banyak. Selain itu, tentu saja konsumsi makanan asam dan pedas juga menjadi penyebab yang harus dihindari.

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit asam lambung, sebaiknya menghindari konsumsi kopi, alkohol dan minuman bersoda karena dapat memperparah penyakit ini. Selain itu hindari juga makan malam saat menjelang tidur. Usahakanlah untuk makan lebih dari dua jam sebelum tidur. Memperbaiki gaya hidup dan pola makan menjadi cara yang efektif untuk menghindari penyakit ini.




Fokus : Maag


#Kesehatan #Maag #Penyakit #Penyakit maag
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






2 jam yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
5 jam yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..
7 jam yang lalu

Ini Dia Beberapa Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan jika tidur siang memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat tersebut salah satunya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Mood

Wartakesehatan.com - Studi membuktikan, tidur siang bermanfaat bagi kesehatan. Nyatanya, studi yang memberitakan dalam..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Langkah Hindari Terjadinya Pikun

Wartakesehatan.com - Pikun terjadi akibat adanya kerusakan pada sel-sel otak yang membuat kemampuan komunikasi antar..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Bermanfaat Penting bagi Kesehatan Paru-paru

Wartakesehatan.com - Saat sedang menjalankan puasa  ternyata memiliki banya manfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buka Puasa dengan Kurma bisa Cegah Diare

Wartakesehatan.com - Selain rasanya yang manis alami, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan selama berpuasa lho. Salah..

+Indeks