Penyebab, Mengapa Kentut berbau Tak Sedap

Oleh : Dirk/kompas | Selasa, 11 Oktober 2016 | 22:19 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Kentut adalah hal alamiah yang terjadi pada setiap manusia, kentut sering jadi bahan becanda namun juga sebagai suatu pelecehan. Dalam sehari, seseorang bisa kentut sebanyak 10-20 kali. Tetapi, aroma kentut setiap orang bisa berbeda-beda.

Ada suara kentut yang sangat keras, tetapi tidak berbau. Ada pula yang nyaris tak terdengar suara kentutnya, tetapi aromanya sangat tidak enak, sehingga membuat orang-orang di sekitar langsung menutup hidung.

Ada penjelasan llmiah mengapa kentut berbau tidak sedap. Dr Myron Brand mengungkapkan, hal ini berkaitan dengan sistem pencernaan.

Menurut Myron, biasanya kentut lebih berbau karena karbohidrat yang dimakan tidak diproses dengan benar dalam sistem pencernaan. Ketika karbohidrat tidak cukup terserap di dalam usus, terjadi fermentasi oleh bakteri.

Beberapa orang juga mengeluarkan gas metana dan hidrogen sulfida (H2S) yang menyebabkan perut kembung dan kentut berbau seperti telur busuk. Kandungan tersebut, seperti H2S bisa dihasilkan dari minum wine, minuman berakohol yang terbuat dari fermentasi anggur.

"Minuman itu menciptakan aroma seperti telur busuk jika tidak dicerna dengan baik oleh tubuh," kata Myron.

Tak hanya itu, beberapa makanan yang menyehatkan juga bisa mengeluarkan aroma kentut sangat tidak sedap. Menurut Myron, kentut berbau tidak sedap umumnya bukanlah masalah serius.

Tak perlu menganggap kentut berbau sebagai sesuatu hal yang buruk karena itu adalah proses dari apa yang dilakukan bakteri dan makanan dalam saluran pencernaan.

Jika khawatir kentut terlalu sering dan sangat berbau, sebaiknya periksa ke dokter. Bisa jadi terdapat masalah pencernaan, seperti intoleransi laktosa, penyakit celiac, dan ada infeksi saluran pencernaan atau iritasi usus besar.




Fokus : Kentut


#Kentut
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Membantu Menurunkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Praktik puasa telah dijalankan umat Islam sejak zaman dulu hingga saat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Jangan Abaikan ! Ini Awal Tanda Munculnya Gejala Stroke

Wartakesehatan.com - Stroke sendiri merupakan kondisi akibat aliran darah yang tidak lancar ke otak, akibatnya pembuluh di otak..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ini Dia Tips Jaga Kesehatan Bulu Mata Anda

Wartakesehatan.com - Apakah kamu sendiri sudah menyempatkan diri untuk berfokus pada kesehatan bulu mata? Berbagai cara untuk..
1 hari yang lalu

Benarkah Suhu Dingin Sebabkan Flu ?

Wartakesehatan.com - Hasil studi dari pertengahan abad ke-20 yang ditemukan oleh metode ilmiah modern, menunjukkan beberapa hal..
3 hari yang lalu

Kebiasaan Mandi yang dapat Merugikan Anda

Wartakesehatan.com - Ada kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang saat mandi ternyata merugikan untuk..
3 hari yang lalu

Kulit Semangka Beri Manfaat Kesehatan untuk Anda

Wartakesehatan.com - Manfaat buah semangka terletak pada kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh, seperti..
3 hari yang lalu

Jangan Jadikan Puasa untuk Bermalas-Malasan

Wartakesehatan.com - Saat puasa tubuh memang jadi lebih lemas, namun kamu tak boleh malas Ladies. Kamu wajib menjaga gaya hidup..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tidur Siang Bikin Otak Jenius

Wartakesehatan.com - Mungkin sebagian orang belum mengetahui manfaat tidur siang, bahkan mereka lebih memilih melakukan..
3 hari yang lalu

7 Menu Buka Puasa Terbaik Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Puasa sendiri merupakan kegiatan menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari terbit..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Penyebab Tubuh Lemas Saat Puasa

Wartakesehatan - Guna menghindari lemah dan lesu ketika menjalankan puasa, dr Mohammad Ali Toha selaku Direktur Utama..

+Indeks