Studi: Konsumsi Cokelat bisa menjaga Kadar Kolesterol

Oleh : Dirk/kompas | Jumat, 23 Agustus 2019 | 10:10 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri cokelat adalah salah satu cemilan yang paling digemari sebagian besar orang terlebih khusus kaum anak-anak. Cokelat juga sering disajikan ke dalam bentuk makanan maupun minuman. Selain lezat dan memiliki rasa yang khas di balik nikmatnya cokelat, ternyata ada banyak manfaatnya bagi kesehatan. 

Peneliti dari Brown University telah memperkuat temuan yang menyatakan senyawa dalam kakao baik untuk kesehatan sistem kardiovaskular.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition telah menganalisis 1.100 orang yang diminta konsumsi cokelat.

Mereka ingin mengetahui apakah cokelat yang mengandung senyawa flavanols dapat menjaga kadar kolesterol, meningkatkan sensitivitas terhadap insulin dan hormon yang mengontrol kadar gula darah.

"Kami menemukan bahwa asupan coklat flavanol dapat mengurangi dislipidemia (peningkatan trigliserida), resistensi insulin, dan peradangan sistemik. Semua itu adalah faktor risiko penyakit kardiometabolik," ujar Direktur Center for Global Cardiometabolic Health di Brown University, Dr. Simin Liu.

Manfaat tersebut bisa didapatkan jika sehari-hari konsumsi sebatang cokelat maupun minuman yang terbuat dari bubuk kakao hitam.

Namun, penulis utama, Xiaochen Lin mengingatkan untuk tidak terlalu banyak konsumsi produk cokelat berupa permen atau cokelat putih, karena mengandung gula lebih tinggi dibanding cokelat hitam.

Meski rasanya lebih pahit, cokelat hitam atau dark cokelat adalah pilihan yang tepat untuk para pencinta cokelat agar mendapatkan manfaat sehat.

Manfaat kakao, khususnya dalam cokelat hitam sudah banyak ditemukan para peneliti. Selain untuk kesehatan jantung, makan cokelat hitam juga dipercaya membantu penurunan tekanan darah, bahkan penurunan berat badan.




Fokus : Cokelat


#Kolesterol
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Bersepeda Menurunkan Resiko Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Rutin bersepeda juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis, seperti diabetes..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Manfaat Kesehatan Kacang-Kacangan Bagi Anda

Wartakesehatan.com - Nutritionist dari Metropolitan State University of Denver, Malena Perdomo, MS, RDN, CDE menuturkan..
Herbal - 3 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Timun Suri

Wartakesehatan.com -Inilah 5 Manfaat Buah Timun Suri Yang Tidak Kita Ketahui   1. Memperlembut Kulit Kandungan..
Herbal - 4 jam yang lalu

Manfaat Kopi Tanpa Gula

Wartakesehatan.com-Minum kopi sudah menjadi candu bagi para penikmatnya. Setiap harinya, para penikmat tak melewatkan secangkir..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Penyebab Bintik Merah Pada Ibu Hamil Muda

Wartakesehatan.com-Adanya timbul bintik-bintik merah pada kulit ibu hamil  merupakan gejala yang disebut dengan ruam. Ruam..
Herbal - 5 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
Obat & Penyakit - 6 jam yang lalu

Cacing Tanah Barmanfaat Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Manfaat cacing tanah untuk kesehatan sudah banyak yang tahu. Salah satunya ekstrak cacing dalam bentuk..
Seks - 6 jam yang lalu

Wanita Berdada Besar Rentan Terkena Penyakit Pernapasan

Wartakesehatan.com-Wanita yang memiliki payudara besar ternyata tak hanya berisiko menderita sakit punggung, namun juga..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Faktor yang Menyebabkan Perbedaan Pertumbuhan Anak

Wartakesehatan.com - Anaknya tumbuh sehat Tentu merupakan keinginan setiap orangtua untuk melihatnya. Pada beberapa..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Penyebab Nyeri Perut Bagian Kanan Bawah

Wartakesehatan - Sakit perut memang suatu keluhan yang umum terjadi pada seseorang. Lokasi bagian perut yang terasa sakit..

+Indeks