Find us on:

Kenali 3 Jenis Jerawat Sebelum Mengobatinya

Oleh : imron hamzah | liputan6.com | Senin, 24 Oktober 2016 | 10:05 WIB


(IST)

Wartakesehatan - Jerawat merupakan momok menakutkan bagi sebagian wanita, yang harus segera dibinasakan. ketika wanita melihat ada jerawat di wajah biasanya akan membuat anda gatal ingin memencetnya atau mengobatinya untuk memusnahkan jerawat.

Namun sebelum diobati, sebaiknya kenali dulu jerawat yang ada pada wajah Anda sehingga tak salah dalam penanganannya. Berikut ini beberapa jenis jerawat, dilansir laman Aad, Senin (24/10/2016).

1. Komedo dan whiteheads

Minyak, sel kulit mati, dan bakteri memblokir pori-pori menyebabkan benjolan kecil yang disebut komedo atau whiteheads. Jika pori-pori tersumbat tapi tetap terbuka akan terlihat bintik hitam yang disebut komedo.

Jika pori tersumbat dan menutup, bagian atas akan terlihat benjolan tampak lebih putih, itu disebut whitehead, yaitu benjolan kecil berwarna putih yang terjadi ketika folikel terpasang dengan sebum dan sel-sel kulit mati.

Komedo dan whitehead cukup mudah diobati. Anda mungkin dapat menggunakan produk yang dijual di toko. Karena jenis jerawat ini tidak begitu buruk.

2. Papula dan pustula

Kadang pori-pori mengalami iritasi yang menyebabkan jerawat lebih besar disebut papula dan pustula. Jenis papula begitu keras saat disentuh. Mereka saling berdekatan sehingga membuat kulit seperti amplas.

Pustula seperti papula namun warnanya kekuningan, serta ada nanah cair. Memiliki pustula wajah seperti melepuh.

Kedua jenis ini sedikit lebih sulit untuk diobati. Obat yang dibeli mungkin bekerja, tapi Anda harus mengunjungi dokter kulit (dermatolog) yang dapat memberikan perawatan.

3. Nodul dan kista

Ketika pori-pori diblokir akan terjadi iritasi berlebih sehingga jerawat akan semakin besar. Mereka masuk lebih dalam ke kulit, dan benar-benar menyakitkan.

Kista memiliki nanah dan lebih lembut, tapi bikin malu. Untuk itu sebaiknya segera berobat ke dokter agar bisa menjalani perawatan sehingga Anda tidak terjebak dengan jerawat tersebut.

Setelah jerawat pergi, mereka mungkin meninggalkan tanda merah atau gelap pada kulit. Tanda-tanda itu akan memudar tapi butuh waktu beberapa hari, minggu atau bulan.

Kadang-kadang Anda dapat luka permanen dari jerawat. Bekas luka tersebut bisa berupa benjolan atau bolong di kulit wajah. Konsultasikan dengan dokter kulit yang dapat membantu memudarkan bekas luka.




Fokus : Jerawat


#Jerawat #Penyakit kulit #Tipe
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
Liputan Khusus - 2 minggu yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
3 minggu yang lalu

Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

+Indeks