Waspada, Junk Food Dapat Memicu Terjadinya Gangguan Mental!

Oleh : Venza | Jumat, 28 Oktober 2016 | 14:06 WIB


IST

Wartakesehatan - Junk food saat ini memang sangat populer terutama di kalangan remaja. Cara mendapatkannya yang praktis dan dengan rasa yang enak menyebabkan sebagian besar remaja kecanduan dengan makanan cepat saji ini. Menurut sebuah penelitian, Junk food memiliki kaitan yang erat dengan kesehatan psikologis dan mental seseorang. Makanan ini tidak hanya membuat Anda gemuk, tetapi juga dapat memberikan efek buruk pada kesehatan mental Anda.

Mengonsumsi junk food berlebih dapat memungkinkan Anda mengalami gangguan mental pada masa yang akan datang. Junk food juga mempengaruhi hormon terutama neurotransmitter di otak. Inilah yang menyebabkan gangguan mental pada Anda. Berikut adalah gangguan mental yang disebabkan oleh Junk food, seperti yang dilansir dari Boldsky.com.

1. Gangguan mental

Junk food mengandung banyak lemak trans yang mempengaruhi neurotransmitter otak. Orang yang mengonsumsi lemak ini dalam jumlah tinggi dapat menderita gangguan mental seperti depresi dan Alzheimer. Hal ini dikarenakan mereka tidak makan cukup vitamin dan mineral yang hanya terdapat pada makanan segar. Junk food juga mempengaruhi hormon dan juga pasokan darah ke otak. Inilah yang menyebabkan kerusakan pada otak.

2. Masalah psikologis

Junk food adalah penyebab banyak masalah fisik dan perubahan disfungsional otak. Kecanduan makanan ini menyebabkan banyak masalah psikologis seperti emosi labil atau perasaan mati rasa terhadap dunia nyata. Makanan ini bisa menimbulkan perubahan biokimia sehingga kita akhirnya menghidupkan kembali masalah saat masa kanak-kanak yang dibayangkan pada masa dewasa. Cara terbaik untuk mengatasi masalah psikologis adalah dengan menerapkan pola makan sehat, sedikit gula, dan olahraga yang tepat. Hal ini akan meningkatkan kebugaran Anda.

3. Kecemasan

Junk food menyebabkan gangguan mental dan masalah seperti kecemasan, gemetar, dan kelelahan. Hal ini dikarenakan makanan cepat saji itu kekurangan asam lemak omega 3 dan mereka mengandung banyak karbohidrat olahan yang menyebabkan fluktuasi gula darah. Hal ini merupakan penyebab munculnya penyakit mental dan masalah seperti depresi dan kecemasan. Gorengan juga mengandung lemak trans dan menyebabkan masalah tersebut. Jadi cobalah menghindari makanan yang digoreng.

4. Hiperaktif

Junk food tidak hanya menyebabkan masalah mental seperti kecemasan dan depresi, tetapi juga menyebabkan gangguan lain. Junk food mengandung banyak pewarna buatan dan bahan pengawet seperti natrium benzoat yang menyebabkan masalah hiperaktif. Makanan dengan kadar gula yang tinggi memang menimbulkan hiperaktivitas. Makanan yang memiliki kandungan gula yang tinggi dapat menyebabkan penyakit mental tersebut.

5. Ketidakseimbangan dalam otak

Junk food mengandung campuran lemak yang beracun dan tidak sehat, pewarna buatan, karbohidrat olahan, dan pengawet yang mengarahkan Anda pada ketidakseimbangan mental. Makanan ini dapat mempengaruhi hormon yang menyebabkan gangguan mental. Makanan ini juga membuat gangguan mental sulit disembuhkan. Jadi, cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menanamkan kebiasaan makan makanan yang sehat.

Banyak cara untuk menjadi sehat dan hidup lebih panjang. Anda hanya perlu menerapkan gaya hidup sehat termasuk tidak makan Junk food. Inilah studi yang meneliti tentang Junk food sebagai penyebab gangguan mental. 




Fokus : Junk Food


#Kesehatan #Junk Food #Gangguan mental
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Seks - 5 jam yang lalu

Ereksi 3-5 kali Semalam Menandakan Kesehatan Pria

Wartakesehatan.com - Seorang Profesor dan Direktur dari Divisi Urologi di Southern Illinois University School of Medicine,..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Pare Menyembuhkan Gangguan Pernafasan

Wartakesehatan.com - Ternyata pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Dampak Buruk Minum Teh Setelah Makan

Wartakesehatan.com - Tahukah kalian kalau ternyata minum teh setelah makan punya dampak buruk bagi tubuh? Dikutip..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Dampak Tak Terduga Dari Diabetes

Wartakesehatan.com - Menurut Osama Hamdy Direktur Inpatient Diabetes Program at the Joslin Diabetes Center, Boston,..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Buah Srikaya Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Buah srikaya cukup mudah ditemui dimanapun. Di toko buah atau pun di pasar. Buah srikaya memiliki daging..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Konsumsi Cokelat Meningkatkan Sirkulasi Darah

Wartakesehatan.com - Bagi mereka yang takut gemuk sering kali menghindari coklat. Karena kandungan lemak yang..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

6 Manfaat Terong yang Perlu Anda Tahu

Wartakesehatan.com - Terong mempunyai banyak jenis mulai dari terong ungu, belanda dan juga terong bulat dan masih..
Mamin - 12 jam yang lalu

Bahaya !! Makanan Sehat Ternyata Mengandung Racun

Wartakesehatan.com - Ini dia lima makanan yang dianggap sehat, namun ternyata mengandung racun berbahaya, seperti dilansir..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

6 Manfaat Sehat Buah Pir

Wartakesehatan.com - Buah Pir merupakan buah yang memiliki rasa buah yang manis keasaman yang menjadikannya sangat segar..
14 jam yang lalu

Bayam Efektif Mengurangi Kembung

Waartakesehatan.com - Makanan sehat merupakan kunci untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mendapatkan berat badan ideal,..

+Indeks