Waspada, Junk Food Dapat Memicu Terjadinya Gangguan Mental!

Oleh : Venza | Jumat, 28 Oktober 2016 | 14:06 WIB


IST

Wartakesehatan - Junk food saat ini memang sangat populer terutama di kalangan remaja. Cara mendapatkannya yang praktis dan dengan rasa yang enak menyebabkan sebagian besar remaja kecanduan dengan makanan cepat saji ini. Menurut sebuah penelitian, Junk food memiliki kaitan yang erat dengan kesehatan psikologis dan mental seseorang. Makanan ini tidak hanya membuat Anda gemuk, tetapi juga dapat memberikan efek buruk pada kesehatan mental Anda.

Mengonsumsi junk food berlebih dapat memungkinkan Anda mengalami gangguan mental pada masa yang akan datang. Junk food juga mempengaruhi hormon terutama neurotransmitter di otak. Inilah yang menyebabkan gangguan mental pada Anda. Berikut adalah gangguan mental yang disebabkan oleh Junk food, seperti yang dilansir dari Boldsky.com.

1. Gangguan mental

Junk food mengandung banyak lemak trans yang mempengaruhi neurotransmitter otak. Orang yang mengonsumsi lemak ini dalam jumlah tinggi dapat menderita gangguan mental seperti depresi dan Alzheimer. Hal ini dikarenakan mereka tidak makan cukup vitamin dan mineral yang hanya terdapat pada makanan segar. Junk food juga mempengaruhi hormon dan juga pasokan darah ke otak. Inilah yang menyebabkan kerusakan pada otak.

2. Masalah psikologis

Junk food adalah penyebab banyak masalah fisik dan perubahan disfungsional otak. Kecanduan makanan ini menyebabkan banyak masalah psikologis seperti emosi labil atau perasaan mati rasa terhadap dunia nyata. Makanan ini bisa menimbulkan perubahan biokimia sehingga kita akhirnya menghidupkan kembali masalah saat masa kanak-kanak yang dibayangkan pada masa dewasa. Cara terbaik untuk mengatasi masalah psikologis adalah dengan menerapkan pola makan sehat, sedikit gula, dan olahraga yang tepat. Hal ini akan meningkatkan kebugaran Anda.

3. Kecemasan

Junk food menyebabkan gangguan mental dan masalah seperti kecemasan, gemetar, dan kelelahan. Hal ini dikarenakan makanan cepat saji itu kekurangan asam lemak omega 3 dan mereka mengandung banyak karbohidrat olahan yang menyebabkan fluktuasi gula darah. Hal ini merupakan penyebab munculnya penyakit mental dan masalah seperti depresi dan kecemasan. Gorengan juga mengandung lemak trans dan menyebabkan masalah tersebut. Jadi cobalah menghindari makanan yang digoreng.

4. Hiperaktif

Junk food tidak hanya menyebabkan masalah mental seperti kecemasan dan depresi, tetapi juga menyebabkan gangguan lain. Junk food mengandung banyak pewarna buatan dan bahan pengawet seperti natrium benzoat yang menyebabkan masalah hiperaktif. Makanan dengan kadar gula yang tinggi memang menimbulkan hiperaktivitas. Makanan yang memiliki kandungan gula yang tinggi dapat menyebabkan penyakit mental tersebut.

5. Ketidakseimbangan dalam otak

Junk food mengandung campuran lemak yang beracun dan tidak sehat, pewarna buatan, karbohidrat olahan, dan pengawet yang mengarahkan Anda pada ketidakseimbangan mental. Makanan ini dapat mempengaruhi hormon yang menyebabkan gangguan mental. Makanan ini juga membuat gangguan mental sulit disembuhkan. Jadi, cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menanamkan kebiasaan makan makanan yang sehat.

Banyak cara untuk menjadi sehat dan hidup lebih panjang. Anda hanya perlu menerapkan gaya hidup sehat termasuk tidak makan Junk food. Inilah studi yang meneliti tentang Junk food sebagai penyebab gangguan mental. 




Fokus : Junk Food


#Kesehatan #Junk Food #Gangguan mental
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 2 jam yang lalu

6 Tanda Paru-paru Anda Bermasalah

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri paru-paru adalah salah satu organ vital yang sangat dibutuhkan tubuh..
Seks - 3 jam yang lalu

3 Tanda Keputihan Tidak Normal

Wartakesehatan.com - Keputihan tentu sangat mengganggu wanita, keputihan juga bisa menjadi sinyal mengenai kondisi..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Tingkatkan Stamina dengan 5 Tips ini!

Wartakesehatan -  Menjaga stamina tubuh sangat penting. Stamina mempunyai peranan yang sangat penting pada tubuh..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Bahaya, Jika Menelan Permen Karet

Wartakesehatan - Mengunyah permen karet adalah hal yang pernah dilakukan setiap orang, selain itu bagi beberapa orang..
Mamin - 6 jam yang lalu

Ini Bahaya Konsumsi Makanan yang Dibakar

Wartakesehatan.com - Siapa yang tak suka makanan yang dibakar atau dipanggang? Berbagai makanan barbecuesangatlah..
Obat & Penyakit - 7 jam yang lalu

Awas, Sering Jabat Tangan picu Penyakit

Wartakesehatan.com - Berjabat tangan memang lazim untuk dilakukan saat bersosialisasi. Sebab jabat tangan merupakan..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Cermati 5 Gejala Awal Stroke

Wartakesehatan.com - Stroke kini tak hanya menghinggapi orang yang berusia lanjut. Bahkan, menurut American Heart..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Kebiasaan Nonton TV Berisiko Gangguan Paru-paru

Wartakesehatan.com - Tak bisa dipungkiri hampir sebagian besar orang tentu menyukai melihat atau menonton televisi dalam..
Tekhnologi - 10 jam yang lalu

4 Manfaat Bermain bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Menurut Anda, bermain bagi orang dewasa adalah kegiatan yang tabu, kegiatan yang sudah tidak lagi..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Studi: Taoge bisa Turunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Penelitian yang dilakukan oleh Astawan dkk. (1998) juga menunjukkan kecambah kedelai mempunyai..

+Indeks