Ini yang Terjadi Jika Sebulan Konsumsi Teh Hijau

Oleh : Ilham Moestavi | health.kompas.com | Jumat, 28 Oktober 2016 | 19:03 WIB


IST

Wartakesehatan - Teh hijau merupakan salah satu minuman yang telah banyak dikonsumsi di seluruh Asia selama berabad-abad. Selama beberapa dekade terakhir ini, ada banyak penelitian yang menghubungkan teh hijau untuk segudang manfaat kesehatan, seperti menurunkan tekanan dan gula darah, serta mengurangi lemak perut.

Teh hijau mengandung katekin, sejenis antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas dan mendorong perbaikan sel yang rusak. Katekin juga memainkan peran penting dalam manajemen berat badan.

Satu studi menemukan bahwa orang yang rutin minum teh hijau dapat menurunkan indeks massa tubuh dan persentase lemaknya hanya dalam 12 minggu.

Kelly Burch, seorang wanita muda di AS, yang selama ini berjuang menurunkan berat badan, mencoba meminum teh hijau setiap hari selama satu bulan. Dan inilah yang terjadi dengan tubuhnya.

Lebih sedikit mengonsumsi aspartam
Kelly biasanya hanya minum air putih. Namun, kadang dia ingin minuman yang rasanya manis. Untuk itu, dia akan memilih aspartam atau gula diet untuk dicampurkan ke dalam tehnya.

Setelah dia tahu bagaimana rasanya teh hijau, dia merasa tidak lagi perlu menambah gula jenis apa pun ke dalam minumannya. Teh hijau enak jika dinikmati begitu saja sesuai rasa aslinya, baik panas maupun dingin.

Jarang masuk angin
Kelly mulai minum teh hijau pada pertengahan September, saat itu sedang terjadi perubahan musim di AS sehingga banyak orang terserang flu dan virus lainnya.

Suami dan anak Kelly termasuk yang tertular, bahkan anaknya sempat dirawat di rumah sakit. Akan tetapi, Kelly adalah satu-satunya orang yang bertahan tanpa sakit.

"Apakah itu kekuatan antioksidan dari teh hijau? Saya ingin berpikir begitu. Saya minum beberapa cangkir ekstra pada minggu itu, saat suami dan anak saya tertular flu," kata Kelly.

Lebih memperhatikan kesehatan secara keseluruhan
Meskipun Kelly berkomitmen hanya minum satu gelas teh hijau sehari, resolusi kecil ini membuat dia berpikir tentang kesehatannya secara umum.

"Setelahnya, saya jadi lebih mudah untuk membuat pilihan sehat lainnya (termasuk tidak makan berlebihan) sepanjang hari," ujarnya.

Mampu bersantai tanpa alkohol

Pada malam akhir pekan, ketika putri Kelly sudah tidur, Kelly dan suaminya akan mengobrol sambil minum wine. Setelah mulai rutin minum teh hijau, Kelly mencoba menukar wine dengan secangkir teh.

"Ketika menikmatinya, saya menyadari betapa santainya saya duduk dengan minuman beruap di akhir hari. Setelah itu, saya tidak bisa lagi membenarkan adanya kalori ekstra dari wine masuk ke tubuh saya," kata Kelly.

"Saya kehilangan sedikit berat, lalu berhenti"

Selama bulan pertama rutin minum teh hijau, Kelly kehilangan beberapa kilogram berat badan, tetapi setelah itu tidak ada lagi berat yang hilang meski dia masih rutin minum teh hijau, makan sehat, dan berolahraga.

"Sayangnya, saya tidak akan mengandalkan teh hijau untuk meningkatkan pembakaran lemak. Tetapi, saya sangat yakin teh hijau memberi banyak manfaat kesehatan sehingga saya akan tetap rutin meminumnya," tekad Kelly.




Fokus : Teh Hijau


#Kesehatan #Teh Hijau
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 7 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
8 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Hebat, Cokelat Hitam bisa Cegah Kanker

Wartakesehatan - Banyak sumber mengatakan bahwa cokelat baik bagi kesehatan dan mempunyai khasiat tersendiri melawan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kekurangan Vitamin B12 Mempengaruhi Mata

Wartakesehatan.com- Seseoran yang kekurangan asupan vitamin B12 akan menunjukkan sejumlah gejala dan salah satunya terlihat..
Mamin - 10 jam yang lalu

Berlebihan Minum Kopi, Bahaya!

Wartakesehatan,com - Kopi merupakan salah satu minuman terfavorit hampir di seluruh dunia. Minuman ini memiliki daya tarik..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Asap Rokok Timbulkan Penyakit Meningitis

Wartakesehatan.com - Rokok atau sigaret adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Daun Pepaya Dapat Memperlancar ASI

Wartakesehatan.com - Daun pepaya memang terkenal dengan rasa yang pahit. Rasa pahit pada berbagai jenis makanan memang membuat..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Turunkan Kolesterol Dengan Biji Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat kaya akan serat, potasium, antioksidan dan lemak sehat. Hampir semua sahabat Merahputih.com pasti..

+Indeks