Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Kekurangan Vitamin D

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Minggu, 30 Oktober 2016 | 22:04 WIB


IST

Wartakesehatan - Risiko tekanan darah tinggi dan diabetes bisa meningkat hingga 2,5 kali lipat apabila tubuh kurang mendapat asupan vitamin D. Anda yang merasa sudah menjalankan pola hidup sehat, tidak menutup kemungkinan masih kekurangan vitamin D.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh profesor kedokteran di Boston University School of Public Health, Michael Holic dan tim, terdapat satu miliar orang di seluruh dunia kekurangan vitamin D. Kondisi ini juga menimpa para pelaku hidup sehat yang sehari-hari mengonsumsi menu makanan 4 sehat dan 5 sempurna, serta tidak lupa berolahraga.

Anda dapat mengetahui apakah kekurangan vitamin D atau tidak, berdasarkan tanda-tanda di bawah ini, seperti dikutip dari Prevention pada Minggu (30/10/2016)

1. Tulang patah

Massa tulang berhenti tumbuh di usia sekitar 30 tahun. Kekurangan vitamin D dapat mempercepat atau memperburuk gejala osteoporosis. Pada orang-orang yang cukup asupan vitamin D, risiko yang satu ini tentu dapat mereka hindari. Cukupi asupan vitamin D Anda dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu, ditambah dengan suplemen, dan jangan lupa untuk sering berjemur di bawah sinar matahari pagi.

2. Sakit kronis

Beberapa orang merasakan sakit dan nyeri di tulang yang dikenal sebagai osteomalacia. Mereka yang didiagnosis radang sendi atau fibromyalgia tidak memenuhi asupan vitamin D sehingga mengalami rasa sakit di bagian sendi dan otot. Vitamin D dapat mengatasi nyeri setelah olahraga dan meningkatkan pemulihan otot.

3. Keringat berlebih

Keringat berlebih sulit untuk diketahui pada bayi yang baru lahir. Tapi, dahi yang berkeringat adalah salah satu gejala pertama yang mencolok, begitupun pada orang dewasa. Bila aktivitas yang dilakukan tidak menguras energi namun Anda mengeluarkan banyak keringat, coba cek kesehatan dengan mengunjungi dokter Anda.

4. Suasana hati yang buruk

Depresi terkadang sering dihubungkan dengan kekurangan vitamin D. Meski belum diketahui pasti alasannya, namun kandungan mineral dalam vitamin D bisa bekerja di bagian otak yang sama dengan mood Anda. Sehingga, ini bisa berdampak pada hormon yang sama seperti serotonin yang bisa mempengaruhi suasana hati Anda.

5. Merasa letih dan lelah

Kekurangan vitamin D dapat membuat Anda merasa kelelahan. Asupan vitamin D yang tepat membantu Anda mempertahankan imunitas tubuh. Peneliti dari Harvard telah mengaitkan suplemen vitamin D dengan peningkatan kontrol otot tubuh.




Fokus : Vitamin D


#Kesehatan #Vitamn D
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Konsultasi - 17 menit yang lalu

Cegah Coronavirus,Berhenti Mengonsumsi Hewan Liar

Wartakesehatan.com-Hasil investigasi pada Journal Of Medical Virology mengungkapkan bahwa wabah novel..
Herbal - 45 menit yang lalu

5 Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Bagi para pecinta jeruk mungkin sudah tidak asing lagi dengan khasiat yang ditawarkan oleh buah berwarna..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Naik Turun Tangga Kantor ,Apakah Termasuk Olahraga?

Wartakesehatan.com-Sulit untuk mencari waktu berolahraga ketika Anda berada di kantor. Naik turun tangga di kantor bahkan..
Herbal - 1 jam yang lalu

Manfaat Dari Daun Siri Merah

Wartakesehatan.com-Inilah beberapa khasiat dari daun jarak merah yang jarang kita ketahui berikut ini kami uraikan beberapa..
Ibu & Anak - 2 jam yang lalu

Bahan Makanan Yang Bisa Menambah nafsu Makan Anak

Wartakesehatan.com-Anak yang kehilangan nafsu makan bisa menjadi masalah besar, Bun. Kurangnya nutrisi bisa memengaruhi gizi..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Jangan Anggap Remeh Nyeri Sendi

Wartakeseehatan.com-Waspadailah dan cek ke dokter bila teras nyeri sendi atau perut kembung.Bisa jadi ini tanda-tanda penyakit..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Minum Air Putih Selepas Bangun Tidur

Wartakesehatan.com - Ada kebiasan yang biasa maupun tidak biasa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Minuman yang..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Cara Cepat Atasi Masalah Sakit Tenggorokan

Wartakesehatan.com - Sakit pada tenggorokan jenis ini sebetulnya bukanlah kondisi kesehatan yang serius dan akan sembuh..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Madu Mentah Bantu Menyembuhkan Sakit Flu

Wartakesehatan - Mengalami masalah kesehatan seperti flu tentu saja pernah dialami oleh setiap orang. Flu sendiri muncul..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Menu Sarapan Bikin Kenyang Tapi Tetap Langsing

Wartakesehatan.com - Tidak sarapan justru bisa membuatmu makin gemuk karena kamu akan merasa dua kali lipat lebih lapar..

+Indeks