Ketahui, 4 Gejala Penyakit Sinusitis

Oleh : Dirk/kompas | Senin, 31 Oktober 2016 | 11:45 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Sinusitis merupakana penyakit umum yang sering menjangkiti setiap manusia. Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. 

Penyakit sinusitis biasanya diawali oleh virus, seperti flu. Virus tersebut akan membuat lendir menjadi kental sehingga tidak dapat dikeluarkan dengan lancar. Penumpukan lendir itu menjadi sarana yang disukai bakteri untuk berkembang biak. Inilah mengapa infeksi virus berkembang menjadi infeksi bakteri. 

Sinusitis ditandai dengan keluhan adanya riak terus menerus di tenggorokan, hidung tersumbat sangat sering, dan sakit kepala. 

Kenali beberapa gejala sinusitis lainnya:

1. Gejala flu lebih dari seminggu
Biasanya sinusitis berawal dari gejala klasik flu, misalnya saja hidung gatal, meriang, tenggorokan gatal, dan perasaan lemah. Setelah tiga atau empat hari, gejala tersebut makin memburuk, dan di hari kelima atau ketujuh akan membaik. Jika sudah seminggu gejalanya tidak juga hilang, kemungkinan sudah terjadi infeksi bakteri.

2. Warna lendir berubah
Berbeda dengan pilek biasa, gejala sinusitis akan lebih berfokus pada sinus. Cairan dari hidung akan bertambah banyak dan warnanya menjadi kuning hingga hijau. 

3. Batuk berdahak
Karena banyaknya lendir, terkadang cairan tidak bisa keluar melalui hidung dan dialirkan ke tenggorokan. Akibat dari masuknya lendir ke tenggorokan, maka lendir akan menumpuk dan bisa menyebabkan batuk berdahak.

4. Tekanan pada sinus
Infeksi sinus bisa membuat wajah dan area sinus (rongga udara di balik tulang wajah) terasa lebih tertekan, hingga terkadang menyebabkan sakit kepala. Ada juga orang yang merasa bagian sinusnya membengkak. 

Pengobatan sinus dilakukan untuk mengatasi peradangan pada sinus, serta pemberian antibiotik. Bagi sinusitis yang disebabkan dampak dari alergi, pemicu alergi harus ditemukan dan diselesaikan.




Fokus : Penyakit Sinusitis


#Penyakit Sinusitis
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






2 jam yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
4 jam yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..
7 jam yang lalu

Ini Dia Beberapa Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan jika tidur siang memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat tersebut salah satunya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Mood

Wartakesehatan.com - Studi membuktikan, tidur siang bermanfaat bagi kesehatan. Nyatanya, studi yang memberitakan dalam..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Langkah Hindari Terjadinya Pikun

Wartakesehatan.com - Pikun terjadi akibat adanya kerusakan pada sel-sel otak yang membuat kemampuan komunikasi antar..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Bermanfaat Penting bagi Kesehatan Paru-paru

Wartakesehatan.com - Saat sedang menjalankan puasa  ternyata memiliki banya manfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buka Puasa dengan Kurma bisa Cegah Diare

Wartakesehatan.com - Selain rasanya yang manis alami, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan selama berpuasa lho. Salah..

+Indeks