Ketahui, 4 Gejala Penyakit Sinusitis

Oleh : Dirk/kompas | Senin, 31 Oktober 2016 | 11:45 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Sinusitis merupakana penyakit umum yang sering menjangkiti setiap manusia. Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. 

Penyakit sinusitis biasanya diawali oleh virus, seperti flu. Virus tersebut akan membuat lendir menjadi kental sehingga tidak dapat dikeluarkan dengan lancar. Penumpukan lendir itu menjadi sarana yang disukai bakteri untuk berkembang biak. Inilah mengapa infeksi virus berkembang menjadi infeksi bakteri. 

Sinusitis ditandai dengan keluhan adanya riak terus menerus di tenggorokan, hidung tersumbat sangat sering, dan sakit kepala. 

Kenali beberapa gejala sinusitis lainnya:

1. Gejala flu lebih dari seminggu
Biasanya sinusitis berawal dari gejala klasik flu, misalnya saja hidung gatal, meriang, tenggorokan gatal, dan perasaan lemah. Setelah tiga atau empat hari, gejala tersebut makin memburuk, dan di hari kelima atau ketujuh akan membaik. Jika sudah seminggu gejalanya tidak juga hilang, kemungkinan sudah terjadi infeksi bakteri.

2. Warna lendir berubah
Berbeda dengan pilek biasa, gejala sinusitis akan lebih berfokus pada sinus. Cairan dari hidung akan bertambah banyak dan warnanya menjadi kuning hingga hijau. 

3. Batuk berdahak
Karena banyaknya lendir, terkadang cairan tidak bisa keluar melalui hidung dan dialirkan ke tenggorokan. Akibat dari masuknya lendir ke tenggorokan, maka lendir akan menumpuk dan bisa menyebabkan batuk berdahak.

4. Tekanan pada sinus
Infeksi sinus bisa membuat wajah dan area sinus (rongga udara di balik tulang wajah) terasa lebih tertekan, hingga terkadang menyebabkan sakit kepala. Ada juga orang yang merasa bagian sinusnya membengkak. 

Pengobatan sinus dilakukan untuk mengatasi peradangan pada sinus, serta pemberian antibiotik. Bagi sinusitis yang disebabkan dampak dari alergi, pemicu alergi harus ditemukan dan diselesaikan.




Fokus : Penyakit Sinusitis


#Penyakit Sinusitis
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 2 menit yang lalu

Waspada, Stres Pengaruhi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata stres berkaitan dengan mengalami serangan jantung, hal ini ditemukan oleh..
Mamin - 11 jam yang lalu

Makanan Terbaik untuk Program Diet Anda

Wartakesehatan.com - Saat memilih jenis makanan, anda harus memilih makanan yang terutama mengandung serat lebih banyak,..
Obat & Penyakit - 12 jam yang lalu

Obati Batuk dan Flu dengan Kunyit

Wartakesehatan - Musim hujan yang datang tak menentu sering membawa bakteri dan virus yang bisa membuat kita mengalami..
Mamin - 13 jam yang lalu

Makanan Cepat Saji bisa Merusak Hormon

Wartakesehatan - Bila Anda ingin sehat, sebaiknya lupakan kesukaan mengonsumsi makanan cepat saji atau fast..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Konsumsi Buah Naga

Wartakesehatan.com - Buah naga termasuk dalam tanaman kaktus-kaktusan. Buah naga ada yang berwarna merah dan ada yang..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Menangis Membuang Racun Pada Tubuh

Wartakesehatan.com - Air mata yang menetes berasal dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Tak hanya untuk meluapkan..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

4 Asupan Sehat Ini Ternyata picu Ngantuk Siang Hari

Wartakesehatan - Untuk membangkitkan semangat tubuh, mungkin kita bisa memanfaatkan khasiat dengan mengkonsumsi beberapa..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Mulai Memasuki Masa Menopause, Ini Ciri-cirinya

Wartakesehatan.com - Menurut penelitian, wanita yang akan memasuki masa menopause akan dimulai dengan tanda terjadinya:-..
Ibu & Anak - 20 jam yang lalu

Alasan Ilmiah Ibu Hamil Dilarang Merokok

Wartakesehatan.com - Wanita hamil dilarang konsumsi jamu, tidak boleh olahraga terlalu berat, tidak boleh terlalu capek dan..

+Indeks