Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Marsidi Judono akan Terakreditasi

Oleh : red | belitongexpress | Senin, 07 Nopember 2016 | 08:01 WIB



Wartakesehatan.com - Akredtasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) menjadi penting karena peningkatan pelayanan baik SDM maupun peralatan hingga bisa melayani masyarakat dengan baik.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Belitung Suhandri menyatakan optimis, dalam waktu dekat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Marsidi Judono akan terakreditasi. Walaupun sebagian kecil masih terdapat kekurangan, tetapi melihat fasilitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki, sudah memenuhi standar yang ditetapkan.

“Tim yang ditunjuk dari Kementerian Kesehatan yaitu pihak ketiga, sudah melakukan penilaian beberapa hari lalu. Mudah-mudahan dalam waktu dekat hasil yang didapat positif. Sehingga RSUD Marsidi Judono bisa bersaing dengan daerah lain dalam membantu dan melayani kesehatan masyarakat,” katanya dikutip belitongexpress.

Kepala Diskes itu menjelaskan, secara garis besar memang masih ada beberapa kekurangan, salah satunya administrasi. Namun demikian, dikhawatirkan berpindahnya RSUD Marsidi Judono, sedikit atau banyaknya bisa mempengaruhi penilaian.

“Pindahnya dari tempat yang lama itukan belum terlalu lama, sehingga proses yang harus dilalui cukup banyak dan memerlukan waktu relatif lama. Tetapi, saya sangat optimis RSUD kita, bisa terakreditasi, sebab sudah sesuai dengan standar-standar yang ditentukan,” jelasnya.

Menurut Suhandri, walaupun akreditasi membutuhkan biaya yang cukup tinggi, penggunaan anggaran lebih efektif dan efesien di saat menjalankan aktifitas. Sebab, akreditasi merupakan salah satu tuntutan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sayangnya, Suhandri tak menyebut detil berapa besar anggaran yang harus dikeluarkan untuk mengurus status ini.

“Secara keseluruhan, intinya untuk kompetensi, seperti yang kita ketahui bersama bukan hanya tuntutan di bidang kesehatan tetapi hampir menyeluruh, termasuk pula pendidikan. Jadi untuk pelayanan pelayanan publik harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan,” tambahnya.

Kata Suhandri, untuk jumlah SDM yang dimiliki di tingkat Kabupaten sudah memadai, bahkan melebihi dari angka yang ditetapkan. Dengan begitu, akreditasi tersebut ingin mencapai tipe B atau regional. Sebab, tenaga medis yang dimiliki yang dimiliki sudah cukup menadai.

“Mungkin untuk akreditasi ini, hanya mental yang harus diubah. Sebab, kalau sudah terakreditasi pelayanan yang berikan harus betul-betul ekstra. Sehingga masyarakat mendapatkan kepuasan tersendiri akan pelayanan RSUD,” pungkasnya




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Ibu & Anak - 7 jam yang lalu

3 Posisi Tidur yang tepat bagi Ibu Hamil

Wartakesehatan.com – Seperti yang kita tahu bahwa tidur sangat baik bagi kesehatan namun posisi tidur menentukan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Inilah Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Air mata yang menetes berasal dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Tak hanya untuk meluapkan..
Mamin - 10 jam yang lalu

Konsumsi Ikan miliki Manfaat ini!

Wartakesehatan.com - Tubuh memang perlu dirawat dan dijaga , salah satunya dengan asupan makanan yang Anda konsumsi...
Konsultasi - 10 jam yang lalu

Tips Dan Cara Menghilangkan Luka Gores Dengan Cepat

Wartakesehatan.com-Dari anak kecil hingga orang dewasa, luka akibat goresan sudah umum terjadi. Perawatan bekas luka gores..
Herbal - 12 jam yang lalu

Mengonsumsi Tomat Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com-Ada banyak cara menurunkan tekanan darah, yang alami jika Anda didiagnosis memiliki..
Mamin - 13 jam yang lalu

5 Manfaat Sehat Pisang Merah

Wartakesehatan - Berbicara tentang pisang pasti semua orang mengetahui bentuk fisik serta warna kuning yang selalu..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Turunkan Berat Badan dengan Jus Alami

Wartakesehatan - Memiliki berat badan yang ideal adalah impian setiap orang khususnya wanita. Biasanya cara yang sering..
Obat & Penyakit - 16 jam yang lalu

Awas, Empat Kebiasaan yang Merusak Gigi

Warttakesehatan.com - Pernahkah Anda merasakan sakit gigi ? Tentunya pernah, di saat sakit  Anda bisa kehilangan..
Obat & Penyakit - 17 jam yang lalu

4 Cara Sederhana Cegah Perut Mulas

Wartakesehatan.com - Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan timbulnya perut mulas, salah satunya dari pengaruh makanan...
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

6 Cara sederhana atasi Sariawan

Wartakesehatan - Sariawan tentu saja pernah dialami setiap orang, selain rasa perih di dalam mulut sariawan sangat..

+Indeks