Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Marsidi Judono akan Terakreditasi

Oleh : red | belitongexpress | Senin, 07 Nopember 2016 | 08:01 WIB



Wartakesehatan.com - Akredtasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) menjadi penting karena peningkatan pelayanan baik SDM maupun peralatan hingga bisa melayani masyarakat dengan baik.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Belitung Suhandri menyatakan optimis, dalam waktu dekat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Marsidi Judono akan terakreditasi. Walaupun sebagian kecil masih terdapat kekurangan, tetapi melihat fasilitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki, sudah memenuhi standar yang ditetapkan.

“Tim yang ditunjuk dari Kementerian Kesehatan yaitu pihak ketiga, sudah melakukan penilaian beberapa hari lalu. Mudah-mudahan dalam waktu dekat hasil yang didapat positif. Sehingga RSUD Marsidi Judono bisa bersaing dengan daerah lain dalam membantu dan melayani kesehatan masyarakat,” katanya dikutip belitongexpress.

Kepala Diskes itu menjelaskan, secara garis besar memang masih ada beberapa kekurangan, salah satunya administrasi. Namun demikian, dikhawatirkan berpindahnya RSUD Marsidi Judono, sedikit atau banyaknya bisa mempengaruhi penilaian.

“Pindahnya dari tempat yang lama itukan belum terlalu lama, sehingga proses yang harus dilalui cukup banyak dan memerlukan waktu relatif lama. Tetapi, saya sangat optimis RSUD kita, bisa terakreditasi, sebab sudah sesuai dengan standar-standar yang ditentukan,” jelasnya.

Menurut Suhandri, walaupun akreditasi membutuhkan biaya yang cukup tinggi, penggunaan anggaran lebih efektif dan efesien di saat menjalankan aktifitas. Sebab, akreditasi merupakan salah satu tuntutan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sayangnya, Suhandri tak menyebut detil berapa besar anggaran yang harus dikeluarkan untuk mengurus status ini.

“Secara keseluruhan, intinya untuk kompetensi, seperti yang kita ketahui bersama bukan hanya tuntutan di bidang kesehatan tetapi hampir menyeluruh, termasuk pula pendidikan. Jadi untuk pelayanan pelayanan publik harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan,” tambahnya.

Kata Suhandri, untuk jumlah SDM yang dimiliki di tingkat Kabupaten sudah memadai, bahkan melebihi dari angka yang ditetapkan. Dengan begitu, akreditasi tersebut ingin mencapai tipe B atau regional. Sebab, tenaga medis yang dimiliki yang dimiliki sudah cukup menadai.

“Mungkin untuk akreditasi ini, hanya mental yang harus diubah. Sebab, kalau sudah terakreditasi pelayanan yang berikan harus betul-betul ekstra. Sehingga masyarakat mendapatkan kepuasan tersendiri akan pelayanan RSUD,” pungkasnya




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Buah dan Sayuran Mentah Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

Wartakesehatan.com - Bukan hanya menunjang kesehatan tubuh, buah dan sayurpun dapat memberi manfaat kesehatan untuk mental..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Ubi Ungu Cocok untuk Diet dan Penderita Diabetes

Wartakesehatan.com - Ubi jalar adalah sesuatu yang sudah familiar ditelinga masyarakat khususnya Indonesia. Hal ini karena ada..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Nutrisi Dalam Terong Membuatnya Banyak Manfaat

Wartakesehatan.com - Secara teknis terong sebenarnya adalah buah-buahan karena tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Makanan Kaya Serat untuk Menjaga Berat Badan

Wartakesehatan.com - Dengan bertambahnya umur, maka tak mustahil kalau lemak mulai memenuhi perut dan membuat tubuh terlihat..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Hindari Hal Kecil Ini Agar Jantung Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Secara garis besar, faktor resiko penyakit jantung dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu faktor..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Kopi dan Teh Mana yang Baik?

Wartakesehatan.com - Kopi dan Teh adalah minuman yang di gemari masyarakat.  Nutrisionis dari Pritikin Longevity..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Tips yang Mampu Mencerahkan Puting Payudara

Wartakesehatan.com - Banyak cara yang perempuan lakukan agar penampilan mereka menjadi “sempurna”. Sekalipun bukan..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Hidup Lebih Sehat dan Berat Badan Bisa Turun

Wartakesehatan.com - Konsisten adalah hal tersulit, baik untuk memperbaiki pola makan, atau berolahraga teratur. Akan lebih..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Ini Tanda Saat Tubuh Anda Alami Penurunan Zat Besi

Wartakesehatan.com - Wanita ternyata lebih rentan terhadap kekurangan zat besi. Apalagi disaat wanita mengalami menstruasi dan..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Minuman Ini Memiliki Manfaat yang Sama Dengan Kopi

Wartakesehatan.com - Tak sekadar minuman biasa, menurut penelitian, kopi dapat membantu mencegah kemunculan penyakit saraf..

+Indeks