Find us on:

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Marsidi Judono akan Terakreditasi

Oleh : red | belitongexpress | Senin, 07 Nopember 2016 | 08:01 WIB



BACA JUGA :

    Wartakesehatan.com - Akredtasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) menjadi penting karena peningkatan pelayanan baik SDM maupun peralatan hingga bisa melayani masyarakat dengan baik.

    Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Belitung Suhandri menyatakan optimis, dalam waktu dekat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Marsidi Judono akan terakreditasi. Walaupun sebagian kecil masih terdapat kekurangan, tetapi melihat fasilitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki, sudah memenuhi standar yang ditetapkan.

    “Tim yang ditunjuk dari Kementerian Kesehatan yaitu pihak ketiga, sudah melakukan penilaian beberapa hari lalu. Mudah-mudahan dalam waktu dekat hasil yang didapat positif. Sehingga RSUD Marsidi Judono bisa bersaing dengan daerah lain dalam membantu dan melayani kesehatan masyarakat,” katanya dikutip belitongexpress.

    Kepala Diskes itu menjelaskan, secara garis besar memang masih ada beberapa kekurangan, salah satunya administrasi. Namun demikian, dikhawatirkan berpindahnya RSUD Marsidi Judono, sedikit atau banyaknya bisa mempengaruhi penilaian.

    “Pindahnya dari tempat yang lama itukan belum terlalu lama, sehingga proses yang harus dilalui cukup banyak dan memerlukan waktu relatif lama. Tetapi, saya sangat optimis RSUD kita, bisa terakreditasi, sebab sudah sesuai dengan standar-standar yang ditentukan,” jelasnya.

    Menurut Suhandri, walaupun akreditasi membutuhkan biaya yang cukup tinggi, penggunaan anggaran lebih efektif dan efesien di saat menjalankan aktifitas. Sebab, akreditasi merupakan salah satu tuntutan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sayangnya, Suhandri tak menyebut detil berapa besar anggaran yang harus dikeluarkan untuk mengurus status ini.

    “Secara keseluruhan, intinya untuk kompetensi, seperti yang kita ketahui bersama bukan hanya tuntutan di bidang kesehatan tetapi hampir menyeluruh, termasuk pula pendidikan. Jadi untuk pelayanan pelayanan publik harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan,” tambahnya.

    Kata Suhandri, untuk jumlah SDM yang dimiliki di tingkat Kabupaten sudah memadai, bahkan melebihi dari angka yang ditetapkan. Dengan begitu, akreditasi tersebut ingin mencapai tipe B atau regional. Sebab, tenaga medis yang dimiliki yang dimiliki sudah cukup menadai.

    “Mungkin untuk akreditasi ini, hanya mental yang harus diubah. Sebab, kalau sudah terakreditasi pelayanan yang berikan harus betul-betul ekstra. Sehingga masyarakat mendapatkan kepuasan tersendiri akan pelayanan RSUD,” pungkasnya




    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

      Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
      Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

      Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

      Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
      Liputan Khusus - 2 minggu yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
      3 minggu yang lalu

      Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

      Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
      Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

      UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

      Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
      Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
      Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

      Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

      Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
      Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

      Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

      Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

      +Indeks