53 Th RSUP Persahabatan, Efisien Tangani Respirasi di Indonesia

Oleh : ibrahim romending | Senin, 07 Nopember 2016 | 18:45 WIB


Menkes Nila F Moeloek saat menyaksikan live streming pada peresmian gedung baru di RSUP Persahabatan Jakarta, Senin (7/11/2016).

Wartakesehatan.com - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan sudah genap 53 tahun memberikan pengabdian kepada bangsa dan masyarakat Indonesia di bidang pelayanan kesehatan. Dengan pengalaman yang dimiliki sebagai rumah sakit rujukan respirasi nasional mengembangkan kepedulian terhadap masyarakat melalui kinerja maksimal diimbangi tenaga kesehatan profesional, kecanggihan teknologi namun tak menyampingkan budaya indonesia. Selama ini rumah sakit persahabatan banyak memberi manfaat dalam penataksanaan kasus kasus respirasi yang sulit ditangani di rumah sakit lain. Keinginan untuk mengembangkan kemajuan dan pelayanan sudah menjadi komitmen bersama RSUP Persahabatan agar menjadi pusat respirasi terkemuka di kawasan asia fasifik.

Untuk mewujudkan keinginan dan rencana besar RSUP Persahabatan pada tahun ini mengusung tema Menuju RSUP Persahabatan yang berbudaya, Unggul dan Berstandar Internasional. Dengan mengedepankan budaya menjadi hal yang sangat penting mengingat budaya positif akan mendorong mempercepat tercapainya visi RS Persahabatan. Disamping itu RS Persahabatan sejak lama dan berpengalaman menangani penyakit paru. Penderita penyakit paru cukup memprihatikan dan bertambah jumlahnya sehingga diperlukan penanganan yang lebih efisien dan faktor penunjang lainnya menjadi prioritas juga.

“Rumah sakit ini menjadi pusat rujukan respirasi, tentunya paru paru salah satu organ vital. Masalah paru dan jantung perlu menjadi perhatian. Penyakit paru cukup tinggi penderitanya di Indonesia. Hubungan penyakit diabetes/kencing manis dengan penyakit paru cukup tinggi pula. Sehingga RS ini membuat satu kesatuan dengan perlunya penanganan terpadu. Disamping itu penanganan penyakit paru perlu tindakan cepat dan segera. Penanganan ini selain sebagai kebutuhan masyarakat. Kedepannya perlu ada peningkatan mutu, melalui ilmu dan teknologi. RS ini merupakan pusat rujukan tertinggi dari rumah sakit yang ada di Indonesia, dimana RS yang lain pun menangani masalah penyakit paru,” tutur  Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F Moeloek, Sp.M(K) Menteri Kesehatan RI kepada awak media setelah meresmikan Gedung Pelayanan Gawat Darurat Respirasi Terpadu Prof. Dr. Rasmin Rasjid di RSUP Persahabatan Jakarta, Senin (07/11/2016).

Dalam kesempatan ini pula, Menkes meresmikan Pusat Simulasi Respirasi RSUP Persahabatan, yang akan mengembangkan pelatihan-pelatihan penanganan kasus respirasi bagi dokter, dokter spesialis, perawat, tenaga kesehatan dan teknisi kesehatan.

Menkes juga meresmikan Pelayanan Diabetes Terpadu. Berdasarkan penelitian bahwa kasus penyakit respirasi banyak ditemukan pada penderita diabetes, setiap penderita diabetes yang berobat akan mendapatkan pelayanan multi disiplin satu pintu dan mendapat perhatian khusus terhadap kemungkinan ada problem penyakit respirasi yang serius.

Bagi penderita diabetes dengan komplikasi penyakit respirasi dibutuhkan penanganan khusus dan RSUP Persahabatan memiliki kemampuan baik dan berpengalaman untuk menangani masalah tersebut karena didukung sumber daya manusia yang unggul dan fasilitas penunjang lainnya.

 




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Buah dan Sayuran Mentah Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

Wartakesehatan.com - Bukan hanya menunjang kesehatan tubuh, buah dan sayurpun dapat memberi manfaat kesehatan untuk mental..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ubi Ungu Cocok untuk Diet dan Penderita Diabetes

Wartakesehatan.com - Ubi jalar adalah sesuatu yang sudah familiar ditelinga masyarakat khususnya Indonesia. Hal ini karena ada..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Nutrisi Dalam Terong Membuatnya Banyak Manfaat

Wartakesehatan.com - Secara teknis terong sebenarnya adalah buah-buahan karena tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Makanan Kaya Serat untuk Menjaga Berat Badan

Wartakesehatan.com - Dengan bertambahnya umur, maka tak mustahil kalau lemak mulai memenuhi perut dan membuat tubuh terlihat..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Hindari Hal Kecil Ini Agar Jantung Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Secara garis besar, faktor resiko penyakit jantung dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu faktor..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Kopi dan Teh Mana yang Baik?

Wartakesehatan.com - Kopi dan Teh adalah minuman yang di gemari masyarakat.  Nutrisionis dari Pritikin Longevity..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Tips yang Mampu Mencerahkan Puting Payudara

Wartakesehatan.com - Banyak cara yang perempuan lakukan agar penampilan mereka menjadi “sempurna”. Sekalipun bukan..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Hidup Lebih Sehat dan Berat Badan Bisa Turun

Wartakesehatan.com - Konsisten adalah hal tersulit, baik untuk memperbaiki pola makan, atau berolahraga teratur. Akan lebih..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Ini Tanda Saat Tubuh Anda Alami Penurunan Zat Besi

Wartakesehatan.com - Wanita ternyata lebih rentan terhadap kekurangan zat besi. Apalagi disaat wanita mengalami menstruasi dan..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Minuman Ini Memiliki Manfaat yang Sama Dengan Kopi

Wartakesehatan.com - Tak sekadar minuman biasa, menurut penelitian, kopi dapat membantu mencegah kemunculan penyakit saraf..

+Indeks