Kenali Gejala Awal Kerusakan Hati

Oleh : imron hamzah | health.liputan6.com | Selasa, 22 Nopember 2016 | 17:01 WIB


(IST)

Wartakesehatan - Hati memiliki fungsi yang banyak dan vital untuk kelangsungan hidup yang berkualitas. Hati mempunyai kemampuan untuk membarui dirinya sendiri ketika sudah mulai rusak dengan cara mengganti jaringan yang rusak dengan sel-sel baru.

Walaupun hati berada di dalam tubuh, bagian terluar tubuh ternyata akan menunjukkan tanda-tanda ketika ada sesuatu yang salah pada lever Anda, seperti dilansir dari laman Medical Daily berikut ini:

Kulit dan bagian putih pada mata Anda bisa berubah menjadi berwarna kekuningan ketika lever tidak berfungsi dengan baik. Hal ini terjadi karena ada penumpukan zat berwarna kuning yang disebut bilirubin di dalam darah dan jaringan tubuh.

Penyebab umum dari kerusakan lever semacam itu bisa terjadi karena hepatitis, kanker, terlalu banyak konsumsi alkohol, penyalahgunaan ekstasi, terpapar oleh zat beracun serta akibat berbagai macam infeksi.

Air seni dan feses

Bilirubin juga akan mengubah warna air seni dan feses Anda menjadi lebih gelap pada air seni, serta feses akan berwarna lebih pucat, seperti dijelaskan oleh National Health Service.

Gatal

The Mayo Clinic memasukkan penyakit lever ke dalam daftar penyebab tersembunyi terjadinya gatal pada kulit, begitu juga dengan gagal ginjal, masalah tiroid dan kanker. "Gatal-gatal yang terjadi biasanya mempengaruhi tubuh secara keseluruhan. Kulit mungkin akan tampak normal saja terkecuali pada area yang sudah digaruk berulang kali.”

Memar

Orang yang menderita kerusakan lever akan dengan mudah mengalami memar atau pendarahan karena lever mereka mulai melemah atau bahkan berhenti memproduksi protein yang dibutuhkan untuk proses pembekuan darah, menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney.

Lever sebenarnya memproduksi beberapa faktor untuk pembekuan darah, yang akan mulai menghilang pada orang yang mengalami kerusakan organ tersebut.

Pembengkakan

Ketika lever tidak mampu melakukan fungsinya dengan baik, penderita akan mulai merasakan adanya pembengkakan pada area perut dan kaki, menurut Mayo Clinic.

Tidak adanya tanda-tanda

Pada beberapa kasus, gangguan hati ini tidak menunjukkan tanda-tanda khusus. University of Iowa Hospitals and Clinics memperingatkan bahwa setengah dari penderita penyakit lever tidak mengalami gejala yang disebutkan sebelumnya.

Dan ada kasus dimana yang pernah terjadi seperti kelelahan, kurang fokus, dan terjadinya gatal secara tiba-tiba.

Ketika ada gangguan hati, pasien akan menjadi linglung dan mengalami disorientasi, serta akan sangat mengantuk. Juga akan ada risiko terjadinya koma dan kematian.

Pada titik tersebut, transplantasi lever menjadi satu-satunya pilihan pengobatan. Jadi sangat penting untuk mengidentifikasi tanda-tanda kerusakan lever sejak awal




Fokus : Liver


#Liver #Hati
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Penyebab Sering Berkeringat di Malam Hari

Wartakesehatan.com - Sering berkeringat dimalam hari selain karena suhu yang panas, itu juga bisa menjadi tanda..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

5 Manfaat Konsumsi Cabai Hijau bagi Tubuh

Wartakesehatan - Cabai hijau adalah salah satu bumbu dapur yang sangat terkenal di Indonesia. Bukan hanya sebagai bumbu..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Manfaat Sehat Yogurt bagi Wanita

Wartakesehatan - Yogurt merupakan fermentasi gula susu (laktosa) menjadi asam laktat, yang membuatnya mengental dan..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Waspadai, 4 Gejala Penyakit Kanker

Wartakesehatan - Kanker merupakan penyakit paling mematikan di dunia, selain menyerang organ bahkan sel-sel tertentu..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Manfaat Sehat Kacang Almond

Wartakesehatan.com - Almond merupakan sumber protein baik yang mengandung asam lemak esensial, vitamin E, dan magnesium,"..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Redakan Nyeri Menstruasi dengan 6 Cara ini!

Wartakesehatan - Siklus bulanan bagi wanita atau menstruasi terjadi ketika remaja pada usia 10 tahun. Bagi wanita..
Mamin - 4 hari yang lalu

7 Sayuran yang Kaya Vitamin K

Wartakesehatan.com - Vitamin memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita , agar tubuh selalu sehat. Misalkan vitamin K..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Pepaya Bermanfaat bagi Kesehatan Wanita

Wartakesehatan.com - Pepaya merupakan buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan sekarang sudah menyebar luas dan..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Waspada, Reaksi Gigitan Nyamuk

Wartakesehatan.com - Beberapa penyakit bisa didatangkan oleh nyamuk, salah satunya demam berdarah. Seringkali kita anggap..
Mamin - 4 hari yang lalu

4 Makanan ini, Bersihkan Paru-paru Perokok

Wartakesehatan - Tak bisa dipungkiri sejak anak-anak, remaja hingga dewasa kita telah diperingatkan tentang bahaya..

+Indeks