Kenali Gejala Awal Kerusakan Hati

Oleh : imron hamzah | health.liputan6.com | Selasa, 22 Nopember 2016 | 17:01 WIB


(IST)

Wartakesehatan - Hati memiliki fungsi yang banyak dan vital untuk kelangsungan hidup yang berkualitas. Hati mempunyai kemampuan untuk membarui dirinya sendiri ketika sudah mulai rusak dengan cara mengganti jaringan yang rusak dengan sel-sel baru.

Walaupun hati berada di dalam tubuh, bagian terluar tubuh ternyata akan menunjukkan tanda-tanda ketika ada sesuatu yang salah pada lever Anda, seperti dilansir dari laman Medical Daily berikut ini:

Kulit dan bagian putih pada mata Anda bisa berubah menjadi berwarna kekuningan ketika lever tidak berfungsi dengan baik. Hal ini terjadi karena ada penumpukan zat berwarna kuning yang disebut bilirubin di dalam darah dan jaringan tubuh.

Penyebab umum dari kerusakan lever semacam itu bisa terjadi karena hepatitis, kanker, terlalu banyak konsumsi alkohol, penyalahgunaan ekstasi, terpapar oleh zat beracun serta akibat berbagai macam infeksi.

Air seni dan feses

Bilirubin juga akan mengubah warna air seni dan feses Anda menjadi lebih gelap pada air seni, serta feses akan berwarna lebih pucat, seperti dijelaskan oleh National Health Service.

Gatal

The Mayo Clinic memasukkan penyakit lever ke dalam daftar penyebab tersembunyi terjadinya gatal pada kulit, begitu juga dengan gagal ginjal, masalah tiroid dan kanker. "Gatal-gatal yang terjadi biasanya mempengaruhi tubuh secara keseluruhan. Kulit mungkin akan tampak normal saja terkecuali pada area yang sudah digaruk berulang kali.”

Memar

Orang yang menderita kerusakan lever akan dengan mudah mengalami memar atau pendarahan karena lever mereka mulai melemah atau bahkan berhenti memproduksi protein yang dibutuhkan untuk proses pembekuan darah, menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney.

Lever sebenarnya memproduksi beberapa faktor untuk pembekuan darah, yang akan mulai menghilang pada orang yang mengalami kerusakan organ tersebut.

Pembengkakan

Ketika lever tidak mampu melakukan fungsinya dengan baik, penderita akan mulai merasakan adanya pembengkakan pada area perut dan kaki, menurut Mayo Clinic.

Tidak adanya tanda-tanda

Pada beberapa kasus, gangguan hati ini tidak menunjukkan tanda-tanda khusus. University of Iowa Hospitals and Clinics memperingatkan bahwa setengah dari penderita penyakit lever tidak mengalami gejala yang disebutkan sebelumnya.

Dan ada kasus dimana yang pernah terjadi seperti kelelahan, kurang fokus, dan terjadinya gatal secara tiba-tiba.

Ketika ada gangguan hati, pasien akan menjadi linglung dan mengalami disorientasi, serta akan sangat mengantuk. Juga akan ada risiko terjadinya koma dan kematian.

Pada titik tersebut, transplantasi lever menjadi satu-satunya pilihan pengobatan. Jadi sangat penting untuk mengidentifikasi tanda-tanda kerusakan lever sejak awal




Fokus : Liver


#Liver #Hati
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 47 menit yang lalu

Menari Dapat Meningkatkan Kinerja Kognitif

Wartakesehatan.com - Menari adalah kegiatan simpel yang juga ternyata memberikan banyak manfaat positif, salah satunya..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Khasiat Kubis bisa Menyembuhkan Kanker

Wartakesehatan.com - Kubis atau kol adalah nama yang diberikan untuk tumbuhan sayuran daun yang populer. Tumbuhan dengan..
Mamin - 2 jam yang lalu

Waspada, Botol Minum Menyimpan Bakteri

Wartakesehatan - Demi menghindari berbagai minuman dalam kemasan yang berbahaya maupun juga minuman palsu beberapa orang..
Mamin - 3 jam yang lalu

Jarang Minum Air ? Ini Akibatnya

Wartakesehatan.com - Makan dan minum merupakan dua hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

4 Cara Sehat Atasi Bau Kaki

Wartakesehatan.com -  Apa pun alas kaki Anda, entah itu sepatu sport atau sneakers, kondisi lembab memang bisa..
Obat & Penyakit - 15 jam yang lalu

Cokelat dan Kopi bisa Picu Sariawan

Wartakesehatan - Selama ini banyak orang mengetahui bahwa penyebab sariawan adalah bakteri didalam mulut maupun luka yang..
Obat & Penyakit - 16 jam yang lalu

Cara Sehat Menghilangkan Rasa Sakit Telinga

Wartakesehatan - Ada cara yang unik untuk menghilangkan rasa sakit telinga saat naik pesawat, yaitu mengunyah permen..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

8 Manfaat dari Daun Mangga

Wartakesehatan - Biasanya jika berbicara tentang mangga biasanya orang berpikir tentang buahnya yang manis asam dan miliki..
Obat & Penyakit - 18 jam yang lalu

Cacing Tanah Barmanfaat Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Manfaat cacing tanah untuk kesehatan sudah banyak yang tahu. Salah satunya ekstrak cacing dalam bentuk..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Konsumsi Buah Nanas Mengobati Arthritis

Wartakesehatan.com - Nanas, mangga, markisa, buah naga, pepaya, dan jambu yang sama-sama masuk ke dalam daftar buah tropis,..

+Indeks