Kenali Gejala Awal Kerusakan Hati

Oleh : imron hamzah | health.liputan6.com | Selasa, 22 Nopember 2016 | 17:01 WIB


(IST)

Wartakesehatan - Hati memiliki fungsi yang banyak dan vital untuk kelangsungan hidup yang berkualitas. Hati mempunyai kemampuan untuk membarui dirinya sendiri ketika sudah mulai rusak dengan cara mengganti jaringan yang rusak dengan sel-sel baru.

Walaupun hati berada di dalam tubuh, bagian terluar tubuh ternyata akan menunjukkan tanda-tanda ketika ada sesuatu yang salah pada lever Anda, seperti dilansir dari laman Medical Daily berikut ini:

Kulit dan bagian putih pada mata Anda bisa berubah menjadi berwarna kekuningan ketika lever tidak berfungsi dengan baik. Hal ini terjadi karena ada penumpukan zat berwarna kuning yang disebut bilirubin di dalam darah dan jaringan tubuh.

Penyebab umum dari kerusakan lever semacam itu bisa terjadi karena hepatitis, kanker, terlalu banyak konsumsi alkohol, penyalahgunaan ekstasi, terpapar oleh zat beracun serta akibat berbagai macam infeksi.

Air seni dan feses

Bilirubin juga akan mengubah warna air seni dan feses Anda menjadi lebih gelap pada air seni, serta feses akan berwarna lebih pucat, seperti dijelaskan oleh National Health Service.

Gatal

The Mayo Clinic memasukkan penyakit lever ke dalam daftar penyebab tersembunyi terjadinya gatal pada kulit, begitu juga dengan gagal ginjal, masalah tiroid dan kanker. "Gatal-gatal yang terjadi biasanya mempengaruhi tubuh secara keseluruhan. Kulit mungkin akan tampak normal saja terkecuali pada area yang sudah digaruk berulang kali.”

Memar

Orang yang menderita kerusakan lever akan dengan mudah mengalami memar atau pendarahan karena lever mereka mulai melemah atau bahkan berhenti memproduksi protein yang dibutuhkan untuk proses pembekuan darah, menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney.

Lever sebenarnya memproduksi beberapa faktor untuk pembekuan darah, yang akan mulai menghilang pada orang yang mengalami kerusakan organ tersebut.

Pembengkakan

Ketika lever tidak mampu melakukan fungsinya dengan baik, penderita akan mulai merasakan adanya pembengkakan pada area perut dan kaki, menurut Mayo Clinic.

Tidak adanya tanda-tanda

Pada beberapa kasus, gangguan hati ini tidak menunjukkan tanda-tanda khusus. University of Iowa Hospitals and Clinics memperingatkan bahwa setengah dari penderita penyakit lever tidak mengalami gejala yang disebutkan sebelumnya.

Dan ada kasus dimana yang pernah terjadi seperti kelelahan, kurang fokus, dan terjadinya gatal secara tiba-tiba.

Ketika ada gangguan hati, pasien akan menjadi linglung dan mengalami disorientasi, serta akan sangat mengantuk. Juga akan ada risiko terjadinya koma dan kematian.

Pada titik tersebut, transplantasi lever menjadi satu-satunya pilihan pengobatan. Jadi sangat penting untuk mengidentifikasi tanda-tanda kerusakan lever sejak awal




Fokus : Liver


#Liver #Hati
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Seks - 9 jam yang lalu

Ini Dia 7 Tanda Mr P Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Tak sedikit wanita yang mengeluh kejantanan pria berkurang karena Mister P milik pria kesayangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kesehatan bisa Memburuk jika Kurang Tidur

Wartakesehatan.com - Dengan tidur di malam hari bisa membuat tubuh kembali bugar dan segar ketika bangun dipagi hari..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Wow, 5 Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri menangis tentu saja pernah dialami setiap orang bahkan sejak keluar dari rahim ibu..
Obat & Penyakit - 12 jam yang lalu

Waspada, Merokok picu Penyakit Demensia

Wartakesehatan - Selama ini banyak ahli yang mengaitkan bahaya merokok dapat berujung pada beberapa penyakit seperti..
Herbal - 13 jam yang lalu

Redakan Batuk Berat dengan Lemon

Wartakesehatan.com - Sebagaimana dikutip Solopos.com dari Sportonlinegroup, batuk berat bisa diredakan..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Waspada, Dampak Buruk Kerokan bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pernahkah Anda kerokan ketika sakit ? Tentunya pernah kan. Kerokan adalah pengobatan alternatif yang..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

8 Manfaat Minum Teh Kunyit

Wartakesehatan.com - Kunyit diklaim sebagai salah satu obat alami atau obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Hal..
Mamin - 16 jam yang lalu

5 Bahaya Keseringan Konsumsi Mie Instan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang gemar makan mie instan ,mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua. Mie instan..
Obat & Penyakit - 18 jam yang lalu

Menjadi Pilot Lebih Berisiko Alami Depresi

Wartakesehatan - Mungkin banyak anak kecil yang bercita-cita menjadi pilot karena kerennya membawa pesawat dan..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

4 Bahaya Tato bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tato bisa mengungkapkan memori yang ada di balik ukiran tubuh tersebut. Tato memang bisa menjadi..

+Indeks