Posisi Tidur yang baik untuk Kesehatan

Oleh : Dirk/1health | Sabtu, 03 Desember 2016 | 23:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Tidur miring atau menyamping, merupakan posisi tidur yang paling baik daripada posisi telentang atau telungkup. Pada posisi tersebut, otak bekerja dengan lebih maksimal. Para peneliti menggunakan MRI untuk memantau glymphatic, yaitu sistem yang melakukan detoksifikasi atau pembuangan zat berbahaya dari dalam otak ke luar tubuh. Sistem ini bekerja lebih efisien saat Anda tidur dengan posisi menyamping. Limbah otak yang dibuang mencakup protein beta-amyloid, yaitu protein yang dapat membentuk plak yang menjadi salah satu penyebab penyakit Alzheimer.

Selain Alzheimer dan Parkinson, posisi dan kualitas tidur juga dikaitkan dengan Demensia. Gangguan tidur yang berkepanjangan dapat menyebabkan penderita Demensia lebih cepat mengalami hilang ingatan. Maka posisi dan kualitas tidur bekerja untuk mendukung satu sama lain.

Selain itu, bila Anda ingin mengubah posisi tidur, pastikan Anda telah menempatkan bantal pada posisi yang tepat pula. Bantal memiliki dampak yaang besar, baik terhadap kualitas tidur maupun bagi kesehatan secara keseluruhan. Manfaat utama bantal adalah untuk menyelaraskan tulang belakang leher, sehingga leher tidak menekuk dan menyebabkan ketegangan pada leher Anda selama tidur.

Bantal yang terlalu besar atau terlalu tipis tidak dapat melindungi leher Anda saat tidur. Jadi pastikan Anda memilih bantal dengan ukuran tepat. Jangan sampai kepala Anda miring ke atas atau ke bawah saat tidur. Mintalah pasangan atau keluarga Anda untuk memerhatikan posisi leher dan kepala saat Anda tidur. Anda dapat memilih bantal dengan ketebalan yang cukup, sekitar 12 hingga 15 cm untuk mengisi ruangan antara telinga dan pundak Anda. Kualitas tidur yang baik tentunya dapat semakin memaksimalkan kinerja otak Anda.




Fokus : Posisi Tidur


#Posisi Tidur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 2 hari yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 2 hari yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks