Puluhan dokter Minta Dirut RSUD Kota Langsa Dicopot

Oleh : tbn | Minggu, 04 Desember 2016 | 17:01 WIB



Wartakesehatan.com -  Puluhan tenaga medis terdiri dari dokter, perawat serta tenaga administrasi di RSUD Langsa mendesak Pemko Langsa mencopot dr Syarbaini dari jabatan sebagai Direktur Utama (Dirut) RSUD tersebut. Tuntutan itu disampaikan dalam aksi unjuk rasa di gedung DPRK setempat.

Petugas medis RSUD Langsa ini awalnya berkumpul di Lapangan Merdeka Langsa, dan berjalan kaki dikawal puluhan aparat Polres Langsa, munuju gedung wakil rakyat yang hanya berjarak 100 meter dari lapangan tersebut.

Kedatangan petugas medis itu disambut langsung Ketua DPRK, Burhansyah SH, Wakil Ketua Ir HT Hidayat, serta sejumlah anggotanya seperti Maimul Mahdi, Amir, Pagian Widodo Siregar, Syamsuri, dan anggota dewan lainnya.

Koordinator aksi, dr Netty Herawaty MKed (For) SpF, mengatakan dr Syarbaini tidak layak menjabat Dirut RSUD Langsa, karena sikapnya dinilai otoriter, dan tak memikirkan dampak bagi keberlangsungan pelayanan di rumah sakit.

Selain itu petugas medis juga menilai pimpinannya ini sering mengintimidasi karyawan. Sehingga mereka tertekan dan selalu diliputi perasaan takut saat bekerja. “Bahkan hubungan antarpersonal tidak terjalin sebagaimana mestinya hubungan pimpinan dengan bawahan,” ujarnya.

Dokter Syarbaini juga dilaporkan sering memberikan Surat Peringatan (SP) kepada petugas medis atau karyawan di RSUD itu tanpa didahului teguran lisan. Mekanisme penerimaan tenaga kontrak juga dituding tidak transparan.

Pengelolaan bisnis di RSUD ini juga dinilai sudah tidak sehat. Terkait penyewaan mesin foto copy, rangkap jabatan petugas medis, serta kebutuhan tenaga kerja tidak sesuai dengan jumlah pasien. Ia juga dilaporkan sering melakukan diagnosa sembarangan tanpa menggunakan alat ukur yang standar. Sehingga mempengaruhi kualitas pelayanan RSUD ini.

Para pengunjuk rasa juga mengeluhkan tidak adanya transparansi dalam pembagian remunerasi petugas. Tenaga kontrak pun dibayar melalui jasa medis bukan berdasarkan remunerasi.

“Kualitas pelayanan RSUD ini sudah sangat baik. Namun jika masih dipimpin oleh dr Syarbaini, kami khawatirkan kualitas pelayanan RSUD ini akan mundur 10 tahun ke belakang. Kami berharap DPRK mempertimbangkan semua ini,” ujar seorang dokter senior di RSUD tersebut, Dahniar.

KETUA DPRK Langsa, Burhanysah SH, di depan para petugas medis tersebut mengatakan akan menampung semua keluhan dan laporan yang disampaikan dan akan menindaklanjutinya dengan melaporkan hal ini kepada Plt Wali Kota Langsa, Kamaruddin Andalah.

“Kami di dewan tidak memiliki wewenang mencopot Dirut RSUD, karena itu wewenang Wali Kota. Namun kami akan menyampaikan semua keluhan ini kepada Plt Wali Kota agar segera ditindaklanjuti,” sebutnya.

Burhansyah menambahkan, terkait laporan petugas medis tersebut pihak dewan pun akan segera membentuk panitia khusus (Pansus) dari Komisi III yang akan akan turun langsung ke RSUD Langsa.

Persoalan ini menurut Ketua dewan tidak bisa dibiarkan, dan harus segera disikapi, karena terkait dengan pelayanan masyarakat yang seharusnya terus ditingkatkan kualitasnya




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






1 hari yang lalu

Kebiasaan Mandi yang dapat Merugikan Anda

Wartakesehatan.com - Ada kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang saat mandi ternyata merugikan untuk..
1 hari yang lalu

Kulit Semangka Beri Manfaat Kesehatan untuk Anda

Wartakesehatan.com - Manfaat buah semangka terletak pada kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh, seperti..
2 hari yang lalu

Jangan Jadikan Puasa untuk Bermalas-Malasan

Wartakesehatan.com - Saat puasa tubuh memang jadi lebih lemas, namun kamu tak boleh malas Ladies. Kamu wajib menjaga gaya hidup..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Tidur Siang Bikin Otak Jenius

Wartakesehatan.com - Mungkin sebagian orang belum mengetahui manfaat tidur siang, bahkan mereka lebih memilih melakukan..
2 hari yang lalu

7 Menu Buka Puasa Terbaik Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Puasa sendiri merupakan kegiatan menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari terbit..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Penyebab Tubuh Lemas Saat Puasa

Wartakesehatan - Guna menghindari lemah dan lesu ketika menjalankan puasa, dr Mohammad Ali Toha selaku Direktur Utama..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Efek Samping Menggunakan Tabir Surya Jangka Panjang

Wartakesehatan.com - Apakah tabir suryamu aman? Meski memiliki manfaat positif untuk kulit, nyatanya tabir..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Siwak Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Wartakesehatan.com - Ahli gigi drg. Nada Ismah, Sp.Ort mengungkapkan bahwa tanaman siwak memang memiliki kandungan yang..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

3 Pemicu Diare saat Bulan Puasa

Wartakesehatan - Diare memanag tidak menyenangkan, terlebih terjadi saat bulan puasa. Selain dilanda sakit perut yang..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Selama Ramadhan, umat muslim berpuasa dari dini hari hingga senja.Segera setelah matahari terbenam,..

+Indeks