Find us on:

Puluhan dokter Minta Dirut RSUD Kota Langsa Dicopot

Oleh : tbn | Minggu, 04 Desember 2016 | 17:01 WIB



BACA JUGA :

    Wartakesehatan.com -  Puluhan tenaga medis terdiri dari dokter, perawat serta tenaga administrasi di RSUD Langsa mendesak Pemko Langsa mencopot dr Syarbaini dari jabatan sebagai Direktur Utama (Dirut) RSUD tersebut. Tuntutan itu disampaikan dalam aksi unjuk rasa di gedung DPRK setempat.

    Petugas medis RSUD Langsa ini awalnya berkumpul di Lapangan Merdeka Langsa, dan berjalan kaki dikawal puluhan aparat Polres Langsa, munuju gedung wakil rakyat yang hanya berjarak 100 meter dari lapangan tersebut.

    Kedatangan petugas medis itu disambut langsung Ketua DPRK, Burhansyah SH, Wakil Ketua Ir HT Hidayat, serta sejumlah anggotanya seperti Maimul Mahdi, Amir, Pagian Widodo Siregar, Syamsuri, dan anggota dewan lainnya.

    Koordinator aksi, dr Netty Herawaty MKed (For) SpF, mengatakan dr Syarbaini tidak layak menjabat Dirut RSUD Langsa, karena sikapnya dinilai otoriter, dan tak memikirkan dampak bagi keberlangsungan pelayanan di rumah sakit.

    Selain itu petugas medis juga menilai pimpinannya ini sering mengintimidasi karyawan. Sehingga mereka tertekan dan selalu diliputi perasaan takut saat bekerja. “Bahkan hubungan antarpersonal tidak terjalin sebagaimana mestinya hubungan pimpinan dengan bawahan,” ujarnya.

    Dokter Syarbaini juga dilaporkan sering memberikan Surat Peringatan (SP) kepada petugas medis atau karyawan di RSUD itu tanpa didahului teguran lisan. Mekanisme penerimaan tenaga kontrak juga dituding tidak transparan.

    Pengelolaan bisnis di RSUD ini juga dinilai sudah tidak sehat. Terkait penyewaan mesin foto copy, rangkap jabatan petugas medis, serta kebutuhan tenaga kerja tidak sesuai dengan jumlah pasien. Ia juga dilaporkan sering melakukan diagnosa sembarangan tanpa menggunakan alat ukur yang standar. Sehingga mempengaruhi kualitas pelayanan RSUD ini.

    Para pengunjuk rasa juga mengeluhkan tidak adanya transparansi dalam pembagian remunerasi petugas. Tenaga kontrak pun dibayar melalui jasa medis bukan berdasarkan remunerasi.

    “Kualitas pelayanan RSUD ini sudah sangat baik. Namun jika masih dipimpin oleh dr Syarbaini, kami khawatirkan kualitas pelayanan RSUD ini akan mundur 10 tahun ke belakang. Kami berharap DPRK mempertimbangkan semua ini,” ujar seorang dokter senior di RSUD tersebut, Dahniar.

    KETUA DPRK Langsa, Burhanysah SH, di depan para petugas medis tersebut mengatakan akan menampung semua keluhan dan laporan yang disampaikan dan akan menindaklanjutinya dengan melaporkan hal ini kepada Plt Wali Kota Langsa, Kamaruddin Andalah.

    “Kami di dewan tidak memiliki wewenang mencopot Dirut RSUD, karena itu wewenang Wali Kota. Namun kami akan menyampaikan semua keluhan ini kepada Plt Wali Kota agar segera ditindaklanjuti,” sebutnya.

    Burhansyah menambahkan, terkait laporan petugas medis tersebut pihak dewan pun akan segera membentuk panitia khusus (Pansus) dari Komisi III yang akan akan turun langsung ke RSUD Langsa.

    Persoalan ini menurut Ketua dewan tidak bisa dibiarkan, dan harus segera disikapi, karena terkait dengan pelayanan masyarakat yang seharusnya terus ditingkatkan kualitasnya




    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

      Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
      Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

      Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

      Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
      Liputan Khusus - 2 minggu yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
      3 minggu yang lalu

      Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

      Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
      Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

      UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

      Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
      Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
      Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

      Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

      Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
      Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

      Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

      Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

      +Indeks