Rumah Sakit Ini Butuh Alat Cuci Darah Segera

Oleh : memo | Minggu, 04 Desember 2016 | 20:07 WIB



Wartakesehatan.com - Sejak dibuka pelayanan hemodialisa di RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan setahun yang lalu pasien yang berobat sangat banyak. Dokter spesial yang menangani adalah dr.Budi Santoso.Sp.D.

Namun dari 4 mesin cuci darah yang ada selalu penuh hingga banyak pasien yang harus menunggu antrian dan banyak juga yang terpaksa harus dirujuk ke Rumah Sakit lain dikarenakan kondisi sakitnya pasien tersebut tidak memungkinkan untuk menunggu antrian. Jika cuci darahnya ditunda penyakitnya akan semakin parah.

Menyikapi kondisi tersebut direktur RSUD Bangil dr. Agung Basuki menyatakan untuk tahun 2017 berencana akan menambah jumlah mesin cuci darah sebanyak 4 mesin lagi.

“Untuk merealisir rencana tersebut tidak sulit, ruangan yang ada masih memadai karena sejak awal dibangun memang dirancang untuk menampung 8 mesin cuci darah, hanya yang menjadi masalah soal penambahan tenaga perawat ahlinya yang tidak bisa cepat karena butuh pendidikan khusus yang perlu waktu,” katanya.

Menurut dr. Gozali selaku Ka.Humas RSUD bangil mengatakan bahwa Jumlah pasien Hemodialisa (cuci darah) memang dari tahun ke tahun cenderung bertambah. Hal ini merata di seluruh Indonesia bukan hanya terjadi di Kabupaten Pasuruan saja.

“Penyebab utamanya adalah bertambahnya pasien gagal ginjal yang ada Dan pasien gagal ginjal ini bertambah karena bertambahnya penderita kencing manis dan darah tinggi yang ada. Penambahan ke 2 penyakit ini dipengaruhi oleh pola hidup yang kurang sehat di masyarakat,” jelasnya.

Pelayanan cuci darah di RSUD Bangil terus ditingkatkan bukan hanya dari segi daya tampung pelayanannya saja tetapi kwalitasnya juga ditingkatkan dengan cara kerjasama dengan Rumah Sakit yang lebih besar yaitu RS Saiful Anwar Malang dan RS dr. Soetomo Surabaya untuk mendapatkan bimbingan secara berkala dari Tim Ahli cuci darah Rumah Sakit tersebut. Disamping itu juga dengan cara mengirim tenaga yang ada untuk mengikuti seminar- seminar ilmiah secara barkala.

Untuk pembiayaan pelayanan cuci darah masyarakat kabupaten Pasuruan tidak perlu khawatir karena BPJS Kesehatan menanggung penuh semua biaya.

Jika tidak menjadi anggota BPJS Kesehatan pasien gagal ginjal yang perlu cuci darah akan sangat terbebani dari segi keuangan karena biaya cuci darah itu cukup mahal dan disisi lain panderita gagal ginjal yang cuci darah biasanya butuh cuci darah terus menerus seumur hidup,”pungkas Humas RSUD Bangil.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Ibu & Anak - 8 jam yang lalu

3 Posisi Tidur yang tepat bagi Ibu Hamil

Wartakesehatan.com – Seperti yang kita tahu bahwa tidur sangat baik bagi kesehatan namun posisi tidur menentukan..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Inilah Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Air mata yang menetes berasal dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Tak hanya untuk meluapkan..
Mamin - 10 jam yang lalu

Konsumsi Ikan miliki Manfaat ini!

Wartakesehatan.com - Tubuh memang perlu dirawat dan dijaga , salah satunya dengan asupan makanan yang Anda konsumsi...
Konsultasi - 11 jam yang lalu

Tips Dan Cara Menghilangkan Luka Gores Dengan Cepat

Wartakesehatan.com-Dari anak kecil hingga orang dewasa, luka akibat goresan sudah umum terjadi. Perawatan bekas luka gores..
Herbal - 12 jam yang lalu

Mengonsumsi Tomat Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com-Ada banyak cara menurunkan tekanan darah, yang alami jika Anda didiagnosis memiliki..
Mamin - 13 jam yang lalu

5 Manfaat Sehat Pisang Merah

Wartakesehatan - Berbicara tentang pisang pasti semua orang mengetahui bentuk fisik serta warna kuning yang selalu..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Turunkan Berat Badan dengan Jus Alami

Wartakesehatan - Memiliki berat badan yang ideal adalah impian setiap orang khususnya wanita. Biasanya cara yang sering..
Obat & Penyakit - 16 jam yang lalu

Awas, Empat Kebiasaan yang Merusak Gigi

Warttakesehatan.com - Pernahkah Anda merasakan sakit gigi ? Tentunya pernah, di saat sakit  Anda bisa kehilangan..
Obat & Penyakit - 17 jam yang lalu

4 Cara Sederhana Cegah Perut Mulas

Wartakesehatan.com - Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan timbulnya perut mulas, salah satunya dari pengaruh makanan...
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

6 Cara sederhana atasi Sariawan

Wartakesehatan - Sariawan tentu saja pernah dialami setiap orang, selain rasa perih di dalam mulut sariawan sangat..

+Indeks