Rumah Sakit Ini Butuh Alat Cuci Darah Segera

Oleh : memo | Minggu, 04 Desember 2016 | 20:07 WIB



Wartakesehatan.com - Sejak dibuka pelayanan hemodialisa di RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan setahun yang lalu pasien yang berobat sangat banyak. Dokter spesial yang menangani adalah dr.Budi Santoso.Sp.D.

Namun dari 4 mesin cuci darah yang ada selalu penuh hingga banyak pasien yang harus menunggu antrian dan banyak juga yang terpaksa harus dirujuk ke Rumah Sakit lain dikarenakan kondisi sakitnya pasien tersebut tidak memungkinkan untuk menunggu antrian. Jika cuci darahnya ditunda penyakitnya akan semakin parah.

Menyikapi kondisi tersebut direktur RSUD Bangil dr. Agung Basuki menyatakan untuk tahun 2017 berencana akan menambah jumlah mesin cuci darah sebanyak 4 mesin lagi.

“Untuk merealisir rencana tersebut tidak sulit, ruangan yang ada masih memadai karena sejak awal dibangun memang dirancang untuk menampung 8 mesin cuci darah, hanya yang menjadi masalah soal penambahan tenaga perawat ahlinya yang tidak bisa cepat karena butuh pendidikan khusus yang perlu waktu,” katanya.

Menurut dr. Gozali selaku Ka.Humas RSUD bangil mengatakan bahwa Jumlah pasien Hemodialisa (cuci darah) memang dari tahun ke tahun cenderung bertambah. Hal ini merata di seluruh Indonesia bukan hanya terjadi di Kabupaten Pasuruan saja.

“Penyebab utamanya adalah bertambahnya pasien gagal ginjal yang ada Dan pasien gagal ginjal ini bertambah karena bertambahnya penderita kencing manis dan darah tinggi yang ada. Penambahan ke 2 penyakit ini dipengaruhi oleh pola hidup yang kurang sehat di masyarakat,” jelasnya.

Pelayanan cuci darah di RSUD Bangil terus ditingkatkan bukan hanya dari segi daya tampung pelayanannya saja tetapi kwalitasnya juga ditingkatkan dengan cara kerjasama dengan Rumah Sakit yang lebih besar yaitu RS Saiful Anwar Malang dan RS dr. Soetomo Surabaya untuk mendapatkan bimbingan secara berkala dari Tim Ahli cuci darah Rumah Sakit tersebut. Disamping itu juga dengan cara mengirim tenaga yang ada untuk mengikuti seminar- seminar ilmiah secara barkala.

Untuk pembiayaan pelayanan cuci darah masyarakat kabupaten Pasuruan tidak perlu khawatir karena BPJS Kesehatan menanggung penuh semua biaya.

Jika tidak menjadi anggota BPJS Kesehatan pasien gagal ginjal yang perlu cuci darah akan sangat terbebani dari segi keuangan karena biaya cuci darah itu cukup mahal dan disisi lain panderita gagal ginjal yang cuci darah biasanya butuh cuci darah terus menerus seumur hidup,”pungkas Humas RSUD Bangil.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






1 hari yang lalu

Kebiasaan Mandi yang dapat Merugikan Anda

Wartakesehatan.com - Ada kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang saat mandi ternyata merugikan untuk..
1 hari yang lalu

Kulit Semangka Beri Manfaat Kesehatan untuk Anda

Wartakesehatan.com - Manfaat buah semangka terletak pada kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh, seperti..
2 hari yang lalu

Jangan Jadikan Puasa untuk Bermalas-Malasan

Wartakesehatan.com - Saat puasa tubuh memang jadi lebih lemas, namun kamu tak boleh malas Ladies. Kamu wajib menjaga gaya hidup..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Tidur Siang Bikin Otak Jenius

Wartakesehatan.com - Mungkin sebagian orang belum mengetahui manfaat tidur siang, bahkan mereka lebih memilih melakukan..
2 hari yang lalu

7 Menu Buka Puasa Terbaik Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Puasa sendiri merupakan kegiatan menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari terbit..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Penyebab Tubuh Lemas Saat Puasa

Wartakesehatan - Guna menghindari lemah dan lesu ketika menjalankan puasa, dr Mohammad Ali Toha selaku Direktur Utama..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Efek Samping Menggunakan Tabir Surya Jangka Panjang

Wartakesehatan.com - Apakah tabir suryamu aman? Meski memiliki manfaat positif untuk kulit, nyatanya tabir..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Siwak Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Wartakesehatan.com - Ahli gigi drg. Nada Ismah, Sp.Ort mengungkapkan bahwa tanaman siwak memang memiliki kandungan yang..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

3 Pemicu Diare saat Bulan Puasa

Wartakesehatan - Diare memanag tidak menyenangkan, terlebih terjadi saat bulan puasa. Selain dilanda sakit perut yang..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Selama Ramadhan, umat muslim berpuasa dari dini hari hingga senja.Segera setelah matahari terbenam,..

+Indeks