6 Buah ini Baik bagi Penderita Diabetes

Oleh : Dirk/jpnn | Kamis, 08 Desember 2016 | 20:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Semua orang dewasa tentu mengerti bahwa diabetes adalah salah satu penyakit yang tak bisa diobati namun bisa dicegah maupun dihindari. Oleh sebab itu penderita diabetes selalu dilarang untuk mengonsumsi makanan yang berbau manis.

Jika buah mangga, pisang, kurma, kelengkeng, dan juga durian harus dihindari oleh penderita diabetes ternyata sebaliknya, ada beberapa buah mengandung vitamin penting, mineral, serat dan fitokimia yang penting bagi penderita diabetes. 

Sebuah indeks peringkat glikemik di bawah 50 adalah optimal bagi penderita diabetes.Berikut adalah buah yang terbaik untuk penderita diabetes, seperti dilansir laman Care2:

1. Blueberry

Blueberry ternyata rendah gula, hanya 10 gram per 100 gram buah.

Selain itu, blueberry menyediakan banyak nutrisi bermanfaat lainnya dan antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakan.

Menariknya, sebuah studi lebih dari dua dekade yang meneliti 187.000 orang menemukan bahwa mereka yang sering makan blueberry memiliki risiko 25 persen lebih rendah terkena diabetes.

2. Stroberi

Stroberi mengandung gula hanya 5 gram per 100 gram buah. Mereka juga kaya akan serat, mangan, folat dan banyak vitamin C. Bahkan, 100 gram stroberi (5-6 stroberi besar) menyediakan 98 persen dari kebutuhan vitamin C sehari-hari.

3. Blackberry

Per 100 gram buah, mereka mengandung 5 gram gula. Diet tinggi serat membantu metabolisme glukosa (gula) dan bisa meningkatkan sensitivitas insulin.

4. Anggur

Anggur mengandung 16 gram gula per 100 gram buah.

Namun, penelitian telah menemukan bahwa mereka yang sering makan anggur adalah 12 persen lebih kecil kemungkinannya terkena diabetes tipe 2.

Ini mungkin ada hubungannya dengan polifenol dalam buah anggur yang telah terbukti memiliki efek positif pada kadar gula darah.

5. Apel

Sebuah apel mengandung sekitar 10 gram gula per 100 gram. Apel juga mengandung sekitar 2 gram serat. Seperti blueberry dan anggur, apel dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes.

Tapi mereka juga dikaitkan dengan rendahnya risiko stroke, yang merupakan faktor risiko yang sangat besar bagi mereka dengan diabetes tipe 2.

Satu studi yang melacak hampir 75.000 orang selama lebih dari 10 tahun menemukan mereka yang mengonsumsi apel dan pir memiliki 11 persen penurunan risiko stroke

6. Semangka

Semangka memang tampaknya tinggi gula, tetapi sebenarnya buah ini hanya mengandungi 6 gram gula. Ini karena kadar air yang tinggi pada semangka dan mereka juga rendah kalori.

Semangka juga merupakan sumber likopen. Fitokimia ini mampu meningkatkan sensitivitas terhadap insulin, gula darah rendah dan risiko rendah terkena diabetes tipe 2




Fokus : Buah


#Diabetes
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 17 jam yang lalu

Kentang Ampuh Cegah Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Kentang sudah menjadi makanan yang populer di berbagai negara bahkan mereka menggunakannya untuk..
Obat & Penyakit - 18 jam yang lalu

Waspada, Flu Rentan Menyerang karena Kurang Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur adalah hal yang selalu dilakukan manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran.  Salah..
Mamin - 19 jam yang lalu

Tingkatkan Sistem Pencernaan Rutin Konsumsi Buah Sirsak

Wartaksehatan - Buah sirsak mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat hal ini karena buah sirsak sangat mudah..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Hilangkan Stres dengan Bermain Trampolin

Wartakesehatan - Trampolin adalah salah satu olahraga yang sangat menyenangkan, bagaimana tidak olahraga ini diibaratkan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Menambah Tidur di Akhir Pekan Memberi Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Kurang tidur, sudah bukan rahasia lagi, bisa memicu ragam efek negatif pada kesehatan tubuh, terutama..
1 hari yang lalu

Gangguan Makan Berpotensi Memberikan Efek Samping

Wartakesehatan.com - Gangguan makan didefinisikan sebagai upaya mengurangi asupan makan demi mengurangi berat badan. Beberapa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ini Dia Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Mata

Wartakesehatan.com - Banyak manfaat yang didapatkan tubuh dari menjalankan ibadah Puasa Ramadan. Salah satunya adalah..
2 hari yang lalu

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatab.com -Tidur dengan terlentang memang membuat nyaman karena perut berada di atas, jadi mom tidak perlu merasa..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Kebiasaan Ini Dapat Mengakibatkan Depresi

Wartakeswhatan.com - Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan depresi, antara lain gangguan fisik dan gangguan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Gangguan Kesehatan yang Sering Ditemui Saat Bulan Puasa

Wartakesehatan.com - Berdasarkan studi yang dilaporkan oleh Gulf News, puasa dapat membantu pembakaran lemak jahat di dalam..

+Indeks