Waspada, Kanker Usus jika Sering Konsumsi Steak

Oleh : Dirk/analisadaily | Minggu, 19 Mei 2019 | 06:00 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang hoby mengkonsumsi steak , bahkan sebagian orang ada yang mengkonsumsi 1 sampai 2 porsi dalam seminggu. Sebenarnya hal ini tidak baik.

Para peneliti dari Oxford University mengklaim, mengkonsumsi hanya satu porsi steak dalam satu minggu dapat meningkatkan risiko terkena kanker usus.

Menurut para peneliti, mengkonsumsi satu-dua porsi steak dalam seminggu meningkatkan risiko kanker usus lebih dari dua-perlima persen. Sementara mengkonsumsi empat porsi daging merah berisiko 42 persen mengembangkan berbagai penyakit.

Hal ini senada dengan peringatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) minggu lalu yang mengatakan bacon, ham dan sosis serta rokok menjadi penyebab utama munculnya penyakit kanker.

Sebuah laporan menyatakan, 50g daging olahan setiap harinya, setara dengan sosis atau kurang dari dua iris daging asap, meningkatkan kemungkinan pengembangan kanker usus sebesar 18 persen.

Dalam studinya, Prof Tim Key dan Dr Kathryn Bradbury dari Oxford University mempelajari data dari 500.008 pria dan wanita di Inggris yang telah berusia 40 hingga 69 tahun. Analisis tersebut mencakup konsumsi daging mereka selama jangka waktu empat tahun.

Hasilnya, sebanyak 1.503 dari peserta mengembangkan kanker usus. Para peneliti menemukan, mereka yang mengkonsumsi daging merah dan daging olahan empat kali dalam seminggu, 42 persen lebih berisiko daripada mereka yang hanya makan satu kali atau tidak sama sekali.

Sementara mereka yang makan daging merah atau olahan setidaknya dua kali seminggu, 18 persen lebih berisiko dibandingkan vegetarian.

"Orang-orang perlu menyadari risiko dan membuat perubahan sederhana jika diperlukan," kata Professor Key, yang akan mempresentasikan temuannya di konferensi National Cancer Research Institute di Liverpool.

"Makan makanan lain selain daging tampaknya menjadi pendekatan yang masuk akal. Jadi, makanlah makanan yang mengandung protein nabati seperti kacang, ayam, atau ikan," katanya, sebagaimana dikutip dari Telegraph.




Fokus : Kanker usus


#Steak
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 12 jam yang lalu

Makanan yang bisa Atasi Insomnia

Wartakesehatan.com - Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari menurunnya kondisi mental dan juga..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Bahanya 'Sleep Apnea' berujung Kematian

Wartakesehatan - Sleep Apnea Merupakan ganguan tidur yang menyebabkan nafas berhenti selama beberapa detik. Penyakit ini..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Pentingnya Mandi pada Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri masih banyak orang yang mengabaikan kebersihan tubuh atau bisa disebut dengan jarang..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Dampak Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Minimnya asupan air mineral, bisa berdampak pada kesehatan tubuh Anda lho. Tak hanya sembelit saja,..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Cara Mengetahui Kesehatan Rambut

Wartakesehatan.com - Penting sekali untuk mengetahui bagaimana perawatan rambut yang tepat sesuai jenis dan juga..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

7 Tips untuk Berhenti Merokok

Wartakesehatan - Beberapa perokok mungkin memiliki keinginan untuk berhenti merokok. Alasannya sederhana karena merokok..
Mamin - 18 jam yang lalu

Jaga Kesehatan Usus dengan 5 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Usus merupakan organ tubuh yang harus dijaga agar selalu sehat dan bekerja secara optimal. Usus..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Tips Tetap Sehat di Tempat Kerja

Wartakesehatan.com - Selain waktu yang banyak dihabiskan di kantor, gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga dan sering..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Cara Alami Ini Bisa Putihkan Gigi

Wartakesehatan.com - Hal yang satu ini mungkin aneh bagi masyarakat indonesia.Mencampurkan teh dengan sedikit susu..
Obat & Penyakit - 21 jam yang lalu

Sabun Anti Bakteri bisa atasi Bisul

Wartakesehatan - Bisul merupakan salah satu gangguan kulit yang umur terjadi. Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang..

+Indeks