Waspada, Kanker Usus jika Sering Konsumsi Steak

Oleh : Dirk/analisadaily | Kamis, 15 Desember 2016 | 18:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang hoby mengkonsumsi steak , bahkan sebagian orang ada yang mengkonsumsi 1 sampai 2 porsi dalam seminggu. Sebenarnya hal ini tidak baik.

Para peneliti dari Oxford University mengklaim, mengkonsumsi hanya satu porsi steak dalam satu minggu dapat meningkatkan risiko terkena kanker usus.

Menurut para peneliti, mengkonsumsi satu-dua porsi steak dalam seminggu meningkatkan risiko kanker usus lebih dari dua-perlima persen. Sementara mengkonsumsi empat porsi daging merah berisiko 42 persen mengembangkan berbagai penyakit.

Hal ini senada dengan peringatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) minggu lalu yang mengatakan bacon, ham dan sosis serta rokok menjadi penyebab utama munculnya penyakit kanker.

Sebuah laporan menyatakan, 50g daging olahan setiap harinya, setara dengan sosis atau kurang dari dua iris daging asap, meningkatkan kemungkinan pengembangan kanker usus sebesar 18 persen.

Dalam studinya, Prof Tim Key dan Dr Kathryn Bradbury dari Oxford University mempelajari data dari 500.008 pria dan wanita di Inggris yang telah berusia 40 hingga 69 tahun. Analisis tersebut mencakup konsumsi daging mereka selama jangka waktu empat tahun.

Hasilnya, sebanyak 1.503 dari peserta mengembangkan kanker usus. Para peneliti menemukan, mereka yang mengkonsumsi daging merah dan daging olahan empat kali dalam seminggu, 42 persen lebih berisiko daripada mereka yang hanya makan satu kali atau tidak sama sekali.

Sementara mereka yang makan daging merah atau olahan setidaknya dua kali seminggu, 18 persen lebih berisiko dibandingkan vegetarian.

"Orang-orang perlu menyadari risiko dan membuat perubahan sederhana jika diperlukan," kata Professor Key, yang akan mempresentasikan temuannya di konferensi National Cancer Research Institute di Liverpool.

"Makan makanan lain selain daging tampaknya menjadi pendekatan yang masuk akal. Jadi, makanlah makanan yang mengandung protein nabati seperti kacang, ayam, atau ikan," katanya, sebagaimana dikutip dari Telegraph.




Fokus : Kanker usus


#Steak
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Membantu Menurunkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Praktik puasa telah dijalankan umat Islam sejak zaman dulu hingga saat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Jangan Abaikan ! Ini Awal Tanda Munculnya Gejala Stroke

Wartakesehatan.com - Stroke sendiri merupakan kondisi akibat aliran darah yang tidak lancar ke otak, akibatnya pembuluh di otak..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ini Dia Tips Jaga Kesehatan Bulu Mata Anda

Wartakesehatan.com - Apakah kamu sendiri sudah menyempatkan diri untuk berfokus pada kesehatan bulu mata? Berbagai cara untuk..
1 hari yang lalu

Benarkah Suhu Dingin Sebabkan Flu ?

Wartakesehatan.com - Hasil studi dari pertengahan abad ke-20 yang ditemukan oleh metode ilmiah modern, menunjukkan beberapa hal..
3 hari yang lalu

Kebiasaan Mandi yang dapat Merugikan Anda

Wartakesehatan.com - Ada kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang saat mandi ternyata merugikan untuk..
3 hari yang lalu

Kulit Semangka Beri Manfaat Kesehatan untuk Anda

Wartakesehatan.com - Manfaat buah semangka terletak pada kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh, seperti..
3 hari yang lalu

Jangan Jadikan Puasa untuk Bermalas-Malasan

Wartakesehatan.com - Saat puasa tubuh memang jadi lebih lemas, namun kamu tak boleh malas Ladies. Kamu wajib menjaga gaya hidup..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tidur Siang Bikin Otak Jenius

Wartakesehatan.com - Mungkin sebagian orang belum mengetahui manfaat tidur siang, bahkan mereka lebih memilih melakukan..
3 hari yang lalu

7 Menu Buka Puasa Terbaik Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Puasa sendiri merupakan kegiatan menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari terbit..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Penyebab Tubuh Lemas Saat Puasa

Wartakesehatan - Guna menghindari lemah dan lesu ketika menjalankan puasa, dr Mohammad Ali Toha selaku Direktur Utama..

+Indeks