Penderita Alzheimer Bisa Alami Demensia

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Jumat, 16 Desember 2016 | 16:04 WIB


IST

Wartakesehatan - Demensia memang bukan disebut sebagai suatu penyakit, namun kondisi ini merupakan suatu gejala yang disebabkan oleh penyakit atau kelainan pada otak. Gejala yang ditimbulkan biasanya dikarenakan beragam penyakit sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan progresif pada sistem saraf. Kemunduran kemampuan otak ini juga diikuti dengan terjadinya penurunan daya ingat, penalaran, hingga gangguan kemampuan bahasa.

Bila selama ini Anda hanya mengenal pikun pada orang tua yang kerap kali lupa, maka demensia bisa dikatakan lebih dari sekedar pikun. Sebab, pikun hanyalah terminologi awam yang berkonotasi lupa, sedangkan pada demensia, otak penderita mengalami kerusakan akibat penyakit, alzheimer salah satunya.

Alzheimer bisa menyebabkan penderitanya mengalami gangguan fungsi memori dan kognitif otak. Itulah sebabnya, penderita alzheimer bisa mengalami demensia. Sayangnya, hingga saat ini alzheimer belum diketahui penyebabnya yang pasti, begitu juga obat untuk menyembuhkannya.

Dari penelitian yang berkembang, penyakit alzheimer dimulai dari terjadinya penumpukan protein beta-amyloid di dalam sel otak yang menyebabkan nutrisi tidak sampai ke otak. Proses penyakit ini sangat lambat dan kemungkinan bisa terjadi dalam jangka waktu bertahun-tahun hingga akhirnya menjadi salah satu penyebab demensia.

Alzheimer bisa dimulai dari awal kehidupan manusia, sebagai contoh bayi yang dilahirkan dari ibu yang memiliki kebiasaan merokok, maka anak tersebut akan memiliki fungsi kognitif yang kurang baik hingga ia tua nanti. Hal inilah yang kemudian memicu demensia.

Beberapa gejala alzheimer yang sering terjadi adalah kehilangan memori jangka pendek dan tidak mampu melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal. Pencegahan demensia dan alzheimer bisa dimulai sejak dini. Beberapa di antaranya adalah dengan mulai menjalani aktivitas fisik seperti berolahraga secara rutin, menjalani aktivitas sosial dan gaya hidup sehat seperti menghindari stres dan tidak merokok serta menghindari penggunaan obat-obatan terlarang.

Demensia bisa terjadi pada siapa saja, sehingga penting bagi kita untuk mulai melakukan pencegahan. Bila pencegahan tidak dilakukan, dampak yang fatal telah menanti, tidak hanya pada penderita, namun keluarga dan kerabat dekat Anda. Sebab, biasanya penderita demensia akan mengalami penurunan kualitas hidup yang akan memerlukan bantuan untuk melakukan setiap aktivitas.




Fokus : Demensia


#Demensia #Alzheimer
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ganti Kopimu dengan Minuman Sehat Ini

Wartakesehatan.com - Kopi selalu menjadi pilihan setiap orang untuk di nikmati sebelum melakukansktifitas. Hal ini memang..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tomat Toner Kulit Alami untuk Membunuh Sel Mati

Wartakesehatan - Memiliki wajah yang segar, sehat, bersih dan bersinar adalah impian setiap orang, khususnya wanita...
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Gula Dapat Meningkatan Energi Secara Instan

Wartakesehatan.com - Manfaat utama dari gula adalah memberikan rasa manis pada manakan atau minuman. Namun disamping itu..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Makanan yang Enak Belum Tentu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang masih belum menerapkan pola makan yang sehat. Mengkonsumsi makanan cepat saji..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tidur Siang Dapat Melindungi Terhadap Efek Kesehatan

Wartakesehatan.com - Sebuah studi baru yang diterbitkan baru-baru ini menunjukkan bahwa tidur siang singkat dapat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Korset Tidak Akan Menghilangkan Lemak pada Pinggang

Wartakesehatan.com – Korset merupakan salah satu cara mudah agar tubuh terlihat ramping namun terlihat ramping bukan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Menonton TV Dapat Meningkatan Risiko Diabetes Tipe 2

Wartakesehatan.com - Hampir sebagian besar orang tentu menyukai menonton TV dalam kehidupannya. TV memang menawarkan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Benarkah Makanan Sisa Kemarin Baik untuk Kesehatan ?

Wartakesehatan.com - Sayang rasanya jika kita harus membuang makanan yang belum habis saat makan malam. Apalagi makanan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Biji Selasih Dapat Membantu Program Diet Anda

Wartakesehatan.com - Biji selasih biasa dimanfaatkan sebagai campuran es atau puding. Meskipun terlihat kecil, ternyata di..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Jus Cranberry Membantu Ibu Hamil Untuk Menjaga Janin

Wartakesehatan.com - Buah cranberry adalah buah yang berwarna merah yang biasanya digunakan sebagai makanan dan..

+Indeks