35% Gangguan Kesuburan Ternyata dari Pria

Oleh : imron hamzah | health.detik.com | Sabtu, 17 Desember 2016 | 14:30 WIB


(IST)

Wartakesehatan - Setiap pasangan suami istri pastinya ingin memiliki momongan. Namun ada sebagian pasangan yang sudah menikah bertahun tahun tapi belum juga di anugrahi momongan. Bisa jadi infertilitas adalah penyebabnya.

Pasutri dikatakan memiliki masalah infertilitas adalah bila sudah menikah selama 12 bulan berturut-turut, melakukan hubungan seksual teratur tanpa kontrasepsi, akan tetapi tak kunjung hamil. Dr dr Budi Wiweko, SpOG(K) dari Klinik SMART IVF mengatakan kejadian infertilitas di tengah masyarakat diperkirakan kurang lebih 15 persen dialami pasangan-pasangan usia subur.

"Jadi kalau dari 100 pasangan, 15 orang itu memiliki risiko untuk sulit mendapatkan keturunan atau gangguan kesuburan," terang dr Iko, sapaan akrab dr Budi Wiweko dalam acara 'Smart Course on IVF' yang di gelar di Rumah Sakit Permata Depok, Jl Raya Muchtar No 22 Sawangan, Depok, Jumat (16/12/2016).

Ketika momongan tak kunjung didapat, umumnya pihak istri yang lantas disorot. Padahal penyumbang angka cukup tinggi terhadap masalah infertilitas adalah dari kaum laki-laki, yakni 35 persen.

"Saat ini paradigmanya berubah, nomor satu yang diperiksa harus laki-lakinya, sperma harus diperiksa, karena memiliki kontribusi 35 persen terhadap setiap gangguan kesuburan. Yang kedua baru perempuan," tambah dr Iko

Sedangkan faktor penyebab masalah infertilitas pada wanita yang sering terjadi ialah gangguan ovulasi atau gangguan kematangan sel telur yang mencapai sekitar 30-40 persen.

"Bisa karena faktor sumbatan saluran telur, yakni 30 persen, atau kista cokelat (endrometriosis). Sisanya ada 5-10 persen unexplained. Tidak jelas penyebabnya, meski perempuan normal, laki-laki normal, tapi tetap tidak punya anak," ujar dr Iko




Fokus : Kesuburan Pria


#Kesuburan #Momongan # infertilitas
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 2 hari yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 2 hari yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks