Vaping vs Rokok Tembakau Mana yang Lebih Aman?

Oleh : imron hamzah | health.detik.com | Senin, 19 Desember 2016 | 17:36 WIB



Wartakesehatan - Teknologi semakin berkembang semua serba elektrik tak terkecuali rokok. Saat ini roko elektrik sudah menjadi hal yang umum. Banyak orang yang beralih menggunakan rokok elektrik dengan alasan resiko kesehatan lebih rendah. Namun Benarkah demikian, dan apakah rokok elektrik lebih aman dari resiko kanker paru-paru dibandingkan rokok konvensiaonal?

"Rokok apapun itu risiko kanker paru-parunya sama ya," tutur dr Elisna Syahruddin PhD SpP(K) dari Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) ketika ditemui di sela-sela Kampanye Kepedulian Kanker Paru di Avenue of the Stars, Lippo Mall Kemang Village, Jakarta Selatan, Minggu (18/12/2016).

dr Elisna mengatakan saat ini masih banyak masyarakat yang berpikir rokok elektrik lebih baik dibandingkan rokok konvensional. Padahal, pada prinsipnya semua rokok menghasilkan asap yang bukan hanya dihirup oleh perokoknya namun juga orang-orang di sekitarnya.

Ia pun menjelaskan masalah rokok bukan hanya berkaitan dengan asapnya saja. Karena rokok tidak hanya menyebabkan kanker paru-paru namun bisa menyebabkan jenis kanker yang lain.

"Rokok itu bisa menyebabkan kanker yang lain bukan hanya paru-paru. Misalnya saja kanker nasofaring," sambung dokter yang praktik di RS Persahabatan ini.

Mengutip hasil penelitian di RS Persahabatan, dr Elisna mengatakan perokok kretek berisiko tiga kali lebih besar terkena kanker paru-paru dibandingkan rokok biasa. Diduga kuat, hal ini disebabkan asap yang dihasilkan rokok kretek lebih kental sehingga perokok akan menghirup asapnya lebih dalam.




Fokus : Rokok


#Rokok
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
12 jam yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Stres Berat Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa

Wartakesehatan.com-Pada dasarnya, stress merupakan cara tubuh melindungi diri dari bahaya sehingga membuat kita tetap fokus,..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Tips Mengatasi Bornout Saat Bekerja

Wartakesehatan.com-Bornout synndrome adalah sebuah kondisi stres kronis yang berhubungan dengan pekerjaan...
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mudah

Wartakesehatan.com - Penyakit jantung disebut penyakit yang banyak merenggut nyawa. Oleh karena itu ada beberapa cara menjaga..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Gula Aren Lebih Sehat Daripada Gula Putih

Wartakesehatan.com - Gula sering ditambahkan dalam berbagai makanan dan minuman. Namun hati-hati, jika berlebihan bisa..
Warta Sehat - 23 jam yang lalu

Bersepeda Menurunkan Resiko Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Rutin bersepeda juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis, seperti diabetes..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Kacang-Kacangan Bagi Anda

Wartakesehatan.com - Nutritionist dari Metropolitan State University of Denver, Malena Perdomo, MS, RDN, CDE menuturkan..

+Indeks