Endapan Kalsium Saat Hamil Jadi Penyebab Utama Kelahiran Prematur

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Kamis, 22 Desember 2016 | 18:01 WIB


IST

Wartakesehatan - Memperbanyak konsumsi asupan vitamin D saat hamil memang sangat dianjur untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin yang dikandung. Namun, Anda yang sedang hamil sebaiknya hati-hati mengonsumsi vitamin D.

Sebuah penelitian menemukan, endapan atau penumpukan kalsium selama hamil dalam cairan ketuban yang mengelilingi janin adalah penyebab utama di balik pecahnya selaput janin atau yang sering dikenal dengan pecahnya air ketuban.

Kondisi ini dapat menyebabkan kelahiran prematur. Secara global, satu dari 10 bayi lahir prematur atau di usia 37 minggu kehamilan. Berdasarkan laporan WHO, hampir satu juta anak meninggal setiap tahun akibat komplikasi dari kelahiran prematur.

Anak-anak yang lahir prematur tersebut kemungkinan akan mengalami peningkatan risiko cacat seumur hidup yang lebih besar dibanding kelahiran normal, termasuk ketidakmampuan belajar dan masalah visual atau pendengaran.

Studi ini menunjukkan bahwa endapan kalsium dalam membran atau kantung ketuban dapat terbentuk cepat dan menyebabkan seorang wanita hamil mengalami pecah air ketuban yang sangat cepat pula.

Tumpukan kalsium yang merupakan penanda awal dari pembentukan tulang, membuat membran kurang elastis dan lebih rentan untuk pecah.

Irina Buhimschi, profesor di The Ohio State University, AS, mengakui timnya juga pernah melihat endapan kalsium di kehamilan yang normal, yang mungkin terjadi dari pemecahan normal membran pada waktu yang tepat sehingga tidak menyebabkan kelahiran prematur.

Membran ini seharusnya pecah saat persalinan berlangsung. Namun, endapan kalsium yang terlalu banyak dapat memicu air ketuban pecah lebih dini. Penumpukan atau endapan kalsium tersebut terjadi sebagai akibat dari partikel calciprotein yang menghasilkan banyak cairan tubuh manusia termasuk air liur dan darah serta cairan ketuban.




Fokus : Bayi


#Bayi #Prematur #Kelahiran
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 7 jam yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 8 jam yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks