Jaga Kesehatan Organ Tubuh dengan Cara ini!

Oleh : Dirk/viva | Minggu, 21 April 2019 | 19:10 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Manusia pasti memiliki organ tubuh. Organ tubuh manusia makhluk hidup tidak bekerja sendiri-sendiri. Akan tetapi, saling bergantung dan saling melakukan dengan organ lainnya.

Untuk itu kita perlu u ntuk merawat dan menjaganya . Jika kita tidak menjaga dan merawatnya dengan baik, bisa saja organ tersebut akan megalami kerusakan. 

Nah, ada beberapa organ tubuh yang sangat perlu diperhatikan kesehatannya dengan baik, seperti ; pangkreas, hati, ginjal, jantung, paru-paru, dan otak. Simak rangkumannya berikut ini.

Pankreas

Fungsi dari pankreas adalah melepaskan enzim yang dapat memecahkan molekular dalam makanan dan memisahkannya berdasarkan kebutuhan tubuh itu sendiri. Terlalu banyak mengkosumsi makanan yang tingi kadar gula dan juga tinggi lemak, tentunya akan membuat pankreas kewalahan. Ini juga yang akan membuat organ yang satu ini mengalami kelelahan atau overload. Untuk mengatasinya sebaiknya imbangi mengkonsumsi makanan yang berlemak dan juga tinggi kadar gula. Olahraga yang baik, akan membantu membuat kelebihan gula dan juga lemak terbakar menjadi energi.

Hati (Liver)

Salah satu organ yang juga dapat menghancurkan atau dapat menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh adalah organ hati atau liver, ada banyak sekali penyakit yang dapat merusak organ ini jika tidak dijaga dengan baik. Untuk mencegah terjadi sesuatu terhadap organ ini sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan berbahaya seperti MSG, aspartam, dll. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan juga dapat merusak organ hari ini. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, zat seng, antioksidan dapat membuat organ tubuh ini menjadi kuat

Ginjal

Menjaga kesehatan organ tubuh ginjal juga penting, secara tidak kita sadari makanan atau minuman yang dikonsumsi setiap hari mengandung zat-zat berbahaya yang dapat tidak dapat dicerna atau dinetralisir oleh ginjal. Hal itu kemudian menumpuk diginjal hingga kemudian menyebabkan penyakit tertentu. Untuk menghindari terjadinya penyakit seperti ini sebaiknya kita melakukan olahraga secara teratur dan juga mengkonsumsi air dalam jumlah banyak seperti 2 liter setiap hari. Banyak mengkonsumsi air akan sangat membantu ginjal mengeluarkan berbagai macam zat tidak berguna tersebut.

Jantung

Jantung termasuk ke dalam salah satu organ vital yang perlu dijaga dengan baik. Ada banyak sekali penyakit yang dapat menyerang bagian tubuh yang satu ini. Untuk dapat menjaga kesehatan jantung maka Anda perlu melakukan olahraga yang dapat memacu kerja jantung secara stimultan, seperti olahraga lari dan juga berenang. Otot-otot jantung akan distimulasi dengan baik dengan adanya gerakan olahraga tersebut, itu jugayang dapat membuat jantung dapat memompakan darah ke seluruh tubuh dengan baik.

Paru paru

Salah satu hal yang dapat merusak paru-paru adalah asap tembakau atau asap rokok. Oleh karena itu untuk dapat menjaga kesehatan paru-paru sebaiknya hindari kebiasaan merokok atau bahkan hindari asap rokok. Untuk menjaga kesehatan paru-paru sebaiknya biasakan isi paru-paru dengan oksigen yang baik. Olahraga secara teratur akan menjaga kesehatan dan juga kinerja paru-paru tersebut, hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat, karena itu akan sedikit mengganggu kinerja paru-paru. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk dapat menjaga paru-paru adalah makanan yang mengandung vitamin D, E, minyak ikan, dll

Otak

Seiring dengan berjalannya waktu biasanya daya kerja otak akan mengalami kemunduran. Untuk itu otak membutuhkan stimulasi atau olahraga otak agar otak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Sering melakukan berbagai macam aktifitas, sering membaca dan melakukan hal-hal baru, itu akan apat melatih otak agar dapat berjalan dengan baik. Otak juga perlu diberikan nutrisi dengan baik, seperti vitamin, mineral bahkan antioksidan, dll. Semua hal tersebut akan Anda dapatkan dari mengkonsumsi kacang-kacangan, ikan, dll.




Fokus : Organ tubuh


#Organ Tubuh
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 50 menit yang lalu

Jangan Terlalu Sering Mengkonsumsi Suplemen

Wartakesehatan.com - Terutama saat menjalani ibadah puasa seperti sekarang, kita perlu mengkonsumsi suplemen. Jika..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Tips Sehat Jaga dan Turunkan Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Tingginya kadar kolesterol dalam aliran darah dapat memblokir pembuluh darah dan meningkatkan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Cara Sehat Agar Tidur Nyenyak

Wartakesehatan.com - Bagi sebagian orang tidur tak semudah yang dibayangkan. Ada kalanya, sudah 10 menit, 20 menit, bahkan..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Menangis Memiliki 5 Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Sering menangis tidaklah selalu identik dengan cengeng, memiliki mental lemah dan..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Air Dingin dan Air Hangat

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa ahli gizi, air hangat bermanfaat dalam memudahkan proses pencernaan, sementara air dingin..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Makan Kulit Ayam Goreng untuk Buka Puasa? Sehat atau Ngga

Wartakesehatan.com - Meski rasanya sangat enak, sebetulnya sehat atau tidak makan kulit ayam goreng untuk buka puasa? Dikutip..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Konsumsi Yoghurt Dapat Meredakan nyeri PMS

Wartakesehatan.com - Kandungan probiotiknya memberi keuntungan bagi kesehatan pencernaan, begitu juga dengan kalsium dan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Inilah Manfaat Angkat Beban Bagi Otak

Wartakesehatan.com - Studi terbaru menunjukkan bahwa salah satu latihan yang paling bermanfaat yang dapat dilakukan untuk..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Cara Mudik Sehat Bagi Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mudik membutuhkan waktu yang tidak sebentar, maka itu membutuhkan kondisi fisik dan mental ibu hamil yang..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Buah Sehat yang Bisa Dikonsumsi Di Bulan Ramadhan

Wartakesehatan.com - Sering kali, karena kesalahan pola makan, perut kita justru membuncit dan ekstra lemak muncul menjelang..

+Indeks