Begini Caranya Bersihkan Kelamin Bayi

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Jumat, 30 Desember 2016 | 21:04 WIB


IST

Wartakesehatan - Tubuh setiap bayi tentu sangat diharuskan untuk tetap terjaga kebersihannya, khususnya bayi yang baru lahir. Memang memerlukan cara khusus dan perlu ekstra hati-hati ketika menyentuh beberapa bagian tubuhnya yang rentan. Seringkali, akibat rasa takut berlebihan, beberapa bagian tubuh, khususnya alat kelamin bayi malah tidak tersentuh. Padahal, bayi menggunakan popok setiap saat untuk menampung urin dan fesesnya. Bila area ini tidak terjaga kebersihannya, maka bayi akan mudah mengalami infeksi dan ruam kulit.

Untuk mencegah terjadinya penyakit akibat infeksi pada kulit kelamin, maka Anda perlu mengetahui cara yang tepat untuk membersihkan alat kelamin bayi, terutama setiap kali akan mengganti popok atau saat mandi.

Siapkan:

  • Kapas bulat
  • Air hangat
  • Tisu basah
  • Handuk lembut

Bayi Perempuan

  1. Setelah selesai buang air kecil, bersihkan alat kelaminnya dengan cara melebarkan sedikit kaki ke arah samping secara bergantian, sambil mengusap area alat kelamin bayi menggunakan kapas yang dicelup ke dalam air hangat atau tisu basah.
  2. Bila bayi baru saja buang air besar, bersihkan sisa tinja dengan mengangkat kedua pergelangan kaki bayi menggunakan satu tangan, dan gunakan satu tangan lain untuk mengusap anus bayi dari arah vagina menggunakan kapas dan air hangat. Hindari mengusap dari anus ke vagina untuk menghindari bayi kemasukan kotoran dan kuman dari anus.
  3. Jangan lupa bersihkan lipatan-lipatan di area selangkangan dan bokong bayi.
  4. Cek daerah lipatan-lipatan di bibir kecil kemaluan bayi, bersihkan bila masih ada kotoran yang menempel.
  5. Keringkan menggunakan handuk yang lembut secara perlahan-lahan.

Bayi Laki-laki

  1. Setelah selesai buang air kecil, bersihkan alat kelamin bayi (penis, buah zakar dan selangkangan) dengan menggunakan kapas yang dicelup ke dalam air hangat atau tisu basah.
  2. Saat selesai buang air besar, bersihkan bagian alat kelamin seperti habis pipis dengan menggunakan kapas yang dicelup air hangat atau tisu basah.
  3. Lalu, bersihkan daerah lipatan di bawah buah zakar bayi ke arah anus, hindari menggosoknya bolak balik karena dapat memicu iritasi maupun infeksi.
  4. Bersihkan pula bagian bokong bayi, pastikan seluruh bagian sudah bersih dan tidak ada kotoran yang masih menempel.
  5. Keringkan menggunakan handuk lembut dengan cara menepuk-nepuk bagian kelamin dan mengusap bagian anus dan bokong bayi.

Sesekali Anda juga bisa membersihkan kulup kelamin atau kelopak kulit yang menutup ujung penis secara lembut. Perlahan-lahan, tarik kulup arah pangkal lalu bersihkan dengan menggunakan kapas basah. Hal ini perlu karena beberapa bayi masih menghasilkan smegma atau lemak yang dikeluarkan kulup yang perlu dibersihkan secara teratur.




Fokus : Bayi


#Kesehatan #Kebersihan #Bayi #Kelamin
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 7 jam yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 8 jam yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks